Pemkab Solok dan Pemkab Sijunjung Gelar MoU Tentang Kerjasama Daerah


SOLOK, JN

Bupati Solok, Capt. H. Epyadi Asda, M.Mar beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Rabu (25/) untuk melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU)
Tentang Kerjasama Daerah, bertempat di Kantor Bupati Muaro Sijunjung.

Tampak hadir dari Pemkab. Sijunjung yakni Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, S.STP,. M.Si, Wabub Sijunjung Iraddatillah, S.TP, Sekda Kab.Sijunjung Dr. Zefnihan, A.P.,M.Si, Ka TP-PKK Kab. Sijunjung Ny. Riri Benny Dwifa,  Perwakilan Kepala OPD.

Sementara tampak hadir mendampingi Bupati Solok yakni Sekda Kab. Solok Medison, S.Sos., M.Si, Asisten I Drs. Syahrial, M.M, Ka-TP PKK Kab. Solok Ny. Emiko Epyardi Asda, S.P dan Perwakilan Kepala OPD.

Dalam laporannya, Kabag Pemerintahan Kabupaten Sijunjung Roni, S.STP menyampaikan bahwa penandatanganan kerjasama ini merupakan Rangkaian pelaksanaan kesepakatan bersama antara Pemkab Solok dengan Pemkab Sijunjung.
 Dasar pelaksanaan kegiatan tersebut adalah  UU No. 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, peraturan pemerintah No. 28 Tahun 2018 tentang kerjasama daerah, peraturan Mendagri No. 22 tahun 2020 tentang tata cara kerjasama daerah dengan daerah lain.

Adapun maksud kegiatan tersebut sebagai acuan para pihak baik untuk Pemerintah Kab. Solok, ataupun Kab. Sijunjung untuk urusan kerjasama antar pemerintahan yang telah menjadi kewenangan daerah otonom berupa pelayanan publik yang sesuai peraturan perundangan-undangan.

“Tujuan dari kerjasama tersebut adalah untuk mengintegrasikan dan pengoptimalan sumber daya yang efektif dan efisien untuk pelayanan publik dan mutu pembangunan daerah, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat,” terang Roni.
Kerjasama daerah tersebut adalah kerjasama wajib antar daerah perbatasan sesuai anjuran dari Mendagri.

Baca Juga :
Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho Resmikan Kampung Tageh Covid-19 di Jorong Aie Songsang

Jangka waktu berlakunya kerjasama tersebut adalah 5 tahun sejak di tandatanganinya surat perjanjian kerjasama ini.

Bupati Solok Epyardi Asda, pada kesempatan itu menyampaikan bahwa penandatanganan kerjasama ini merupakan dalam rangka bakti kepada masyarakat daerah Kabupaten Solok dan Kabupaten Sijunjung, dan hal tersebut bertujuan, agar bagaimana meningkatkan ekonomi, Infrastruktur dan kesejahteraan di masing-masing Kabupaten.
.Tujuan dari MoU ini sejalan dengan arahan Kemendagri agar menjalin kerjasama antar daerah, terutama daerah yang saling bertetangga.Kami siap berkolaborasi bersama, bagaimana Solok dan Sijunjung bisa bekerjasama dan membentuk sinergi dengan baik,” sebut H. Epyardi Asda.

Bupati juga berharap hasil kerjasama tersebut harus dapat dirasakan oleh masyarakat dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Menyambung hal tersebut, Bupati Sijunjung Benny mengatakan, mudah-mudahan kesepakatan bersama antar dua Kabupaten bisa berjalan dengan baik.
“Sumber wilayah selatan kita dihubungkan oleh Kiliran jao tembus sampai Alahan Panjang, akan tetapi itu merupakan jalan provinsi dan juga ada sebagian jalan yg nantinya akan mejadi akses, tetapi itu juga merupakan hutan lindung,” terang Benny Dwifa.

 Diharapkan nantinya dengan kerjasama dua Kabupaten, bisa lebih mudah dalam hal perizinan untuk pembangunan infrastruktur jalan.
Pihaknya juga mengatakan ini merupakan salah satu tempat jalur ekonomi di wilayah selatan yang sangat luar biasa,
Dampak yang di untungkan untuk Kab. Solok dan Kab. Sijunjung yaitu jika jalur tol Dharmasraya tersebut bisa di selesaikan, satu pintunya itu akan berada di Kiliran jao, yang tembus langsung ke alahan panjang. Ini bsa memperpendek jarak antara Kab. Solok dan Kab. Sijunjung. 

Baca Juga :
Bupati Solok Epyardi Asda Hadiri Rapat Paripurna Dalam Rangka Penyampaian Laporan Hasil Pembahasan RPJMD Tahun 2021-2026

“Salah satu manfaat dari jalan tersebut ialah hasil bumi dari para petani akan lebih mudah dan cepat di distribusikan antar Kabupaten,” sebut Benny Dwifa.
Pihaknya berharap, dengan perjanjian kerjasama tersebut, ini akan membuahkan bentuk pola kerjasama yang baik.
“Kami Kab. Sijunjung akan terus belajar kepada daerah-daerah lain, salah satunya akan berkolaborasi dengan Kab. Solok, ” sambung Benny Dwifa.


Bupati Sijunjung itu juga mengatakan bahwa membangun daerah tidak bisa sendiri, mesti bersama-sama dengan segala kekurangan dan kelebihan daerah masing-masing.
Semoga banyak sektor yang bisa di angkat, menghasilkan inovasi-inovasi yang baru, mudah-mudahan berdampak baik kepada masyarakat terutama di bidang infrastruktur.  Banyak point yang bisa di hadirkan untuk masyarakat.


“Kami optimis, Kab. Solok dan Kab. Sijunjung akan jauh lebih maju dari daerah lainnya,” papar Benny Dwifa (.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.