Pemerintahan Nagari di Kabupaten Solok Diberi Pembekalan

0
634

Seluruh Walinagari dan Sekretaris Nagari di Kabupaten Solok, diberi Bimtek untuk melaksanakan rodanya pemerintahan di Kabupaten Solok dengan mendatangkan nara sumber dari Provinsi Sumbar dan dibuka Bupati Solok, H. Gusmal bertempat di Hotel Axana kota Padang

 

Pemerintahan  Nagari di Kabupaten Solok Diberi Pembekalan

SOLOK, JN–Sebanyak 74 Walinagari dan 74 Sekretaris Nagari asal Kabupaten Solok, sejak Selasa tanggal 14 hingga Jum’at 17 Februari kemaren, mengikuti pembekalan atau bimtek untuk melaksanakan rodanya pemerintahan di nagari masing-masing, bertempat di hotel Axana kota Padang.

Menurut Ketua panitia pelaksana acara bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk tata kelola pemerintahan nagari yang baik, bersih, partisipatif serta mewujudkan masyarakat pemerintahan nagari yang mandiri produktif. Selain itu, pemahaman regulasi tentang perencanaan manajemen yang mandiri produktif dalam menjalakan program. “Saya berharap para peserta bisa mengikuti pembekalan ini dengan baik,” harap Medison.

Para Walinagari dan Sekretaris Nagari ini, diberi pembekalan oleh Pemkab Solok dengan mendatangkan narasumber dari BPKP Provinsi Sumbar, Asisten 1 Bagian Kepemerintahan dan Asisten II Bagian Administrasi Setda Kabupaten Solok, Kapolres Arosuka, Kepala Barenlitbang, Badan Keuangan Daerah Kabupaten Solok dan Kepala DPMN. Acara tersebut dibuka oleh Bupati Solok, H. Gusmal pada Selasa lalu. Dalam kesempatan itu, Bupati Gusmal mengharapkan bahwa dengan adanya pembekalan untuk para aparatur nagari ini, diharapkan kualitas SDM aparatur nagari semakin meningkat sehingga pelayanan publik kepada masyarakat kedepannya di masing-masing nagari makin lebih baik. “Saya berharap agar dengan adanya arahan dari nara sumber nantinya, bisa menambah wawasan para walinagari dan Sekretaris Nagari dalam melayani masyarakat di nagari masing-masing sehingga SDM kita bertambah,” jelas H, Gusmal. Dijelaskan Bupati, selama ini para aparatur nagari mengalami kebuntuan inovasi dan masih memaknai hanya menerima program secara instruktif dan menjadi mobilisasi dari program daerah dan pusat. “Saya melihat, semangat membangun nagari di Kabupaten Solok sudah beransur-ansur dirasakan masyarakat. Hal ini tentu harus ditopang oleh pemerintahan nagari yang supel dengan melibatkan semua unsur, sehingga seluruh masyarakat merasa memiliki nagari, sehingga pembangunan di nagari baik pembangunan infrastruktur ataupun pembangunan ekonominya bisa lebih maju lagi,” terang H. Gusmal.

Sementara itu, Ketua Forum Walinagari Kabupaten Solok, Syamsul Azwar menyebutkan bahwa dengan adanya pembekalan dari narasumber yang berpengalaman, maka diharapkan bisa menjadi masukan poditif bagi rekan-rekannya sesama walinagari. “Kalau bisa acara seperti ini bisa dilakukan setiap tahun, sehingga wawasan kami di nagari tidak buntu dan hal pembekalan ini sangat banyak manfaatnya untuk kami,” pungkas Syamsul Azwar, yang juga Walinagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang ini  (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here