MTQ Nasional Tingkat Sumbar ke 38 di Solok Resmi Ditutup

0
50

SOLOK, JN- Perjuangan Kota Solok akhirnya tercapai, peringkat 5 berhasil direbut oleh Kota Solok di ajang MTQ Nasional ke-38 tingkat Provinsi Sumatera Barat. Hal tersebut diumumkan oleh Dewan Hakim pada penutupan MTQ Nasional ke-38 di Lapangan Merdeka Kota Solok, Jum’at (21/6).

Perhelatan akbar yang sudah berlangsung dari tanggal 14 juni lalu ditutup langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Penyelenggaran tersebut dibuka dengan penampilan Tari Masal dengan judul “Salam Siobaik”. Turut hadir dalam event tersebut Walikota dan Wakil Walikota Solok, Wakil Ketua DPRD Kota Solok, unsur Forkopimda Kota Solok, Bupati/ Wali Kota se- Sumatera Barat, khafilah – khafilah se-Sumatera Barat, serta masyarakat yang sangat ramai memeriahkan penutupan tersebut.

Kepala Kanwil Kemenag Prov. Sumatera Barat Hendri dalam sambutannya mengungkapkan sangat bangga dan merasa senang kepada Pemerintah Kota Solok atas suksesnya MTQ Nasional ke-38 ini. “Kita patur berbangga dan senang hati terhadap susksesnya event sebesar ini yang diselenggarakan oleh Kota Solok, dengan meriahnya event ini melihatkan bagaimana cintanya masyarakat terhadap Alqur’an, yang kita tahu dengan kemajuan teknologi pada saat sekarang ini, masyarakat cendrung sudah mulai melupakan Alqur’an, tapi pada event kali ini dapat kita lihat anak muda serta orang tua pun masih sangat mencintai alqur’an,” tutur Hendri.

Hendri menambahkan kegiatan seperti ini merupakan program pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam pelaksanaan 5 Gerakan yaitu Gerakan Membaca Alqur’an, Tahfidz Qur’an, Memahami Alqur’an, Mengamalkan Alqur’an serta mendakwahkan Alqur’an.

Tak hanya Pemrov. Sumatera Barat saja yang senang atas terselenggaranya kegiatan ini dengan sukses, Walikota Solok Zul Elfian, sangat berterima kasih kepada panitia dan seluruh pihak yang terkait yang sudah mati-matian mensukseskan event yang entah kapan lagi akan dapat dihelatkan di Kota Solok. “Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang terkait yang telah bekerja keras mulai dari persiapan sampai suksesnya penyelenggaraan MTQ Nasional XXXVIII ini, kami siap untuk menjadi tuan rumah lagi untuk MTQ ke-39 nanti jika diperlukan,” ucap Wako Solok.

Wako Solok menjelaskan penyelenggaraan event seperti ini merupakan wujud dari pengamalan jargon Kota Solok “Kota Beras Serambi Madinah”, ia berharap dengan adanya event seperti ini dilaksanakan di Kota Solok dapat menjadikan masyarakat Kota Solok untuk mencintai dan mengamalkan Alqur’an sehingga nantinya dapat mewujudkan masyarakat yang beriman dan bertaqwa.

Begitu juga dengan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, ikut mengapresiasi kegiatan ini, “Terimakasih kepada Pemerintah Kota Solok atas kerja kerasnya selama ini dalam mensuskseskan perhelatan akbar yang dilakukan selama dua tahun sekali ini, semoga penyelenggaraan ini memotivasi Kota/Kab yang akan menjadi tuan rumah untuk MTQ selanjutnya lebih bagus lagi dari penyelenggaraan tahun ini,” tutur Irwan.

Irwan berpesan kepada seluruh khafilah yang belum juara untuk tidak berkecil hati, tapi jadikanlah motivasi untuk lebih baik lagi, belajar lagi sehingga nantinya berhasil untuk juara. Pada kesempatan tersebut irwan mengumumkan yang akan menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke-39 nantinya adalah Kota Padang Panjang, “ siapkanlah dengan baik dan jadikanlah penyelenggaraan yang lalu untuk menjadi pedoman mensukseskan MTQ ke-39 nanti,” ucap gubernur.

Kota Solok dengan adanya e-MTQ membuat saya sangat apresiasi tambah irwan, “dengan adanya e-MTQ ini membuat hasil dari lomba-lomba tersebut lebih transparan dan tidak dapat diganggu gugat,” tutur Irwan.

Juara umum pada MTQ Nasional ke-38 ini berhasil direbut oleh kontingen Kabupaten Tanah Datar, tentunya mereka sangat berbangga hati karena dapat sukses dalam 2 event sekaligus, disamping menjadi juara umum MTQ ke-38, Kabupaten Tanah datar juga sukses menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Jambore Terpadu Kader PKK Berprestasi dan Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Sedangkan untuk Kota Solok sendiri juga berhasil masuk 5 besar dalam perhelatan Akbar ini, hal tersebut merupakan hasil kerja keras Pemerintah Kota Solok dalam mendidik serta melatih seluruh khafilah Kota Solok. Ini mencerminkan Kota Solok tak main-main dalam penyelenggaraan event besar tersebut. Dengan Peringkat ke-5, Kota Solok menyambet 7 emas, 3 perunggu dan 5 perak.(van)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda