Masyarakat Pianggu Gelar Demo Minta Kepala Puskesmas Sungai Lasi Mundur

0
3381
SOLOK, JNMasyarakat Sungai Lasi Nagari Pianggu, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok, melakukan demo dan meminta Kepala Puskesmas Sungai Lasi, Gusnial Merida, SKM, segera diganti dan mundur dari jabatannya, Selasa (24/10)
          
              Hal itu terkait dengan pelayanan yang diberikan selama ini kepada masyarakat, dinilai asal jadi dan tidak ramah kepada pasien. “Kami meminta Dinas Kesehatan dan Bapak Bupati Solok, untuk mengganti Pimpinan Puskesmas Sungai Lasi beserta beberapa orang bidan yang dinilai tidak serius dan manusiawi dalam melayani masyarakat,” jelas Alfa Seperta Rosra, Ketua Pemuda, Pianggu, Sungai Lasi yang diamini puluhan rekan-rekannya, saat berorasi di depan Puskesmas Sungai Lasi, kemaren. Menurut Alfa, inti demo tersebut adalah masyarakat sudah gerah dengan pelayanan Puskesmas dan meminta manajemen Puskesmas untuk segera diganti.  “Jangankan masyarakat, karyawan di Puskesmas saja meminta pimpinannya untuk mundur karena arogannya,” tambah Alfa.
               Hal yang sama juga disampaikan Salmi Hayati (45), warga setempat, dimana selama ini pelayanan yang diberikan kepada masyarakat setempat oleh manajemen Puskesmas Sungai Lasi jauh dari keramahan. “Yang namanya orang kampung, mereka tentu tidak mengerti ilmu medis dan tata pelayanan, jadi kami melihat masyarakat kami lebih banyak dibodohi oleh pihak Puskesmas dan pelayanan tidak manusiawi,” Salmi. Puncak dari kemarahan masyarakat, terjadi pada Senin kemaren, dimana ada salah seorang warga yang berobat ke Puskesams yang bernama Yusril atau sering dipanggil Oyon Becak (50), saat dibawa ke Puskesmas lama mendapat pertolongan. Dan setelah ditolong, katanya Oyon Becak sakit darah tinggi dan setelah itu dibolehkan pulang. “Belum sampai di rumah, pasien ini pingsan dan tidak sadarkan diri, ketika masyarakat meminjam kendaraan Puskesmas untuk dirujuk ke RSUD kota Solok, tidak diberi. Jadi masyarakat geram, karena hal itu bukan untuk pertama kali terjadi,”tutur Salmi. Karena pelayanan kurang baik, masyarakat lebih sering memilih berobat ke Silungkang, Kota Sawahlunto yang berbatas langsung dengan nagari mereka.
           
              Demo masyarakat itu, mendapat kawalan dari Polsek Sungai Lasi namun berjalan damai. Setelah dilakukan perundingan di Puskesmas yang dihadiri Walinagari, Kepala Puskesmas, Kapolsek dan Camat Sungai Lasi dan dengan masyarakat, akhirnya pihak Kepala Puskesmas membuat perjanjian akan melayani masyarakat dengan baik yang ditandatangani oleh Walinagari Pianggu, Rafli, Kepala Puskesmas, Gusnial Merida dan Ketua Pemuda Pianggu, Alfa Seperta Rosra dan disaksikan oleh unsur Muspika setempat.
 
              Setelah tengah hari, Bupati Solok yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, Aliber Mulyadi dan Kepala Dinas Kesehatan Kab Solok, Sri Efianti, datang ke lokasi. Dari hasil pertemuan itu, Kadis Kesehatan ini meminta agar Kepala Puskesmas elayani masyarakat dengan spenuh hati dan hal itu akan dilihat perkembangannya beberapa waktu kedepan (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here