M. Fatria Ingatkan Masyarakat Agar Arif Menyikapi Berita Hoak

0
22

TANAH DATAR, JN- Pasca Pemilu yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, kita melihat dengan perkembangan IT teknologi zaman sekarang begitu pesat berbagai informasi begitu mudah sampai kepada masyarakat yang terkadang berita itu diragukan kebenaran dan keasliannya alias Hoax. Karena itu, masyarakat diharapkan arif dan bijaksana dalam menyikapi informasi yang diterimanya.

Hal ini disampaikan M. Fatria Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Batusangkar yang memimpin tim VI Safari Ramadhan Tanah Datar saat berkunjung ke Masjid Balad Balai Gadang Nagari Batipuh Baruh Kecamatan Batipuh, Selasa malam (14/5/2019).

M. Fatria menambahkan dalam menerima informasi agar diklarifikasi atau dicari kebenarannya dari sumber yang jelas dan terpercaya. “Informasi melalui media sosial dan sumber lainnya carilah pembandingnya sampai dirasakan kebenarannya, hal ini terjadi karena kondisi ditingkat atas. Jangan karena perbedaan pilihan menjadikan jalinan silaturahmi antara kita menjadi rusak,” katanya.

Sementara itu sekaitan tugasnya sebagai jaksa di Kejaksaan Negeri Batusangkar, M. Fatria menyampaikan rasa prihatin terhadap kasus-kasus yang melibatkan generasi muda Tanah Datar. “Sampai Mei 2019 ini, dari 70 kasus yang ditangani ada 24 kasus narkoba yang melibatkan generasi muda kita, dan ini tentu harus menjadi perhatian kita semua,” harapnya.

Dalam membentengi generasi muda kita, tambah Kajari yang melahirkan program jaksa masuk pasar itu, harus dimulai dari unsur terendah, yakni keluarga terutama orang tua. “Saya sudah coba berikan tuntunan vonis ringan maupun berat kepada pelaku narkoba dengan harapan ketika bebas akan memberikan efek jera, namun hal itu tidak terjadi dan malahan mereka ada yang semakin lihai, makanya Saya himbau bimbingan orang tua dan pelajaran agama bisa menjadi benteng anak kita sehingga tidak terjerumus dalam perilaku negatif, tidak hanya narkoba, namun juga LGBT dan lain sebagainya,” pesan Fatria.

Diakhir penyampaiannya M. Fatria menyampaikan harapan Bupati Tanah Datar agar masyarakat memanfaatkan kunjungan tim ramadhan kabupaten ini untuk bersilaturahmi dan menyampaikan harapannya. “Pemerintah Tanah Datar sudah meraih berbagai penghargaan tingkat propinsi maupun pusat dan beberapa hari lalu menjadi Peringkat 1 Nasional dalam Perencanaan Pembangunan Daerah, dan ini prestasi kita semua karena tidak terlepas dukungan dan bantuan kita semua dan semoga Tanah Datar semakin baik lagi ke depannya,” tukas M. Fatria.

Sementara itu sebelumnya, A.M. Dt. Nan Kodo Basa Pengurus Masjid Balad menyampaikan ungkapan terima kasih dan kebanggaan atas terpilihnya masjid mereka untuk di kunjungi tim ramadhan kabupaten. “Pertama, kami menyampaikan terima kasih atas amanah ini, karena dari sekian Masjid di Tanah Datar, masjid kami menjadi salah satu untuk dikunjungi tim ramadhan,” ujarnya.

A.M Dt. Kodo Nan Basa menambahkan, dengan kunjungan ini ia bersama para jemaah berharap mendapatkan informasi pembangunan dan lainnya. “Kami juga mohon maaf apabila dalam penjamuan berbuka ada kekurangannya, namun itulah adanya kami. Dan tentu nanti kita juga harap dengar informasi agar kami bisa lebih tahu dan mengerti,” katanya.

Selepas itu Camat Batipuh Arianto juga mengungkapkan terima kasih karena kunjungan tim ramadhan ini. “Nagari batipuh baruh ini sangat istimewa, karena dengan 11 jorong yang ada, masjidnya ada 12 buah masjid dan Alhamdulillah, atas kemurahan Pemkab tiap tahun selalu ada masjid di nagari kami yang dikunjungi dan tentunya tahun depan juga tetap di kunjungi,” pungkasnya.

Dalam kunjungan itu Ketua Tim VI M. Fatria didampingi Kepala Dinas Pangan dan Perikanan selaku Wakil Ketua Daryanto Sabir dan Jasrinaldi Kabag Hukum Setda selaku sekretaris tim, Sekretaris Dinas PU, Kabid Pemukiman dan Pertamanan Perkim LH, Kabid Anggaran BKD, Kabid Perikanan Budi Daya Dinas Pangan dan Perikanan, Kabid Penegakan Perda dan Pembinaan PNS Satpol PP, menyerahkan bantuan Rp.10 juta 1 paket Al Qur’an dan bacaan kepada pengurus masjid. Kemudian dilanjutkan tausyiah dengan penceramah Ustad Helmi Zuldi dari tim VI Safari Ramadhan Kabupaten. (David)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda