Kopi Kawa Daun Di Minum 4.000 Orang, Termasuk Bupati dan Gubernur, Ada apa?

0
87

TANAH DATAR, JN-    Kabupaten Tanah Datar dikenal juga dengan nama Luhak Nan Tuo terkenal sebagai pusat kebudayaan Minangkabau dari zaman dahulu, juga tentunya mempunyai kekayaan kuliner warisan nenek moyang yang patut dilestarikan.

Salah satu kekayaan itu berbentuk minuman yang dipercaya mampu menambah stamina si penikmatnya terkenal dengan nama Kawa Daun.

Kawa atau qahwah dalam bahasa arab berarti kopi, daun dari bahasa Indonesia, jadi kawa daun adalah minuman yang dibuat dari seduhan daun kopi.

Seperti teh yang diseduh dengan air panas, bukan dari bijinya, kopi kawa daum mampu ciptakan rasa unik di lidah yang meminumnya, apalagi kalau ditemani gorengan.

Kedai Kawa Daun yang tersebar di beberapa wilayah Tanah Datar, mampu menjaga tradisi warisan turun temurun, bahkan saat ini mampu menjadi usaha menjanjikan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Guna mendorong dan memotivasi kuliner ini tetap lestari, memanfaatkan event Festival Budaya Minangkabau 2018 yang dibuka Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Rabu (28/11) di Istano Basa Pagaruyung, 4.000 lebih masyarakat Tanah Datar beserta para tamu dari Malaysia, Brunei maupun Riau dan beberapa daerah lain di Indonesia, lakukan minum kopi kawa serentak.

Kegiatan ini mampu masuk dalam catatan buku Museum Rekor Indonesia (MURI) di tahun 2018 ini.

Bupati Tanah Datar dalam sambutannya mengungkapkan, kekayaan kuliner sangat banyak di Sumatera Barat yang perlu dilestarikan dan salah satunya Kopi Kawa Daun. “Pemecahan rekor Muri ini bertujuan memberikan motivasi dan pengetahuan kepada generasi muda bahwa ada kuliner kita yang tidak kalah enaknya di bandingkan produk lain,” sampainya.

Bahkan, tambah Irdinansyah, pemecahan rekor Muri ini sebagai bentuk perhatian nyata Pemda Tanah Datar kepada kekayaan Seni, Budaya, tradisi dan kuliner yang ada di Tanah Datar. “Setelah pada event yang sama tahun lalu arakan jamba masuk rekor Muri, tahun ini Minum Kopi Kawa Daun dari tempurung peroleh prediket sama, semoga Kopi Kawa Daun bisa semakin mendunia,” pungkas Irdinansyah. (Damara)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda