Kepala SKPD Diminta Budayakan Kinerja dan Perbaiki Tata Kelola

0
475

Kepala SKPD Diminta Budayakan Kinerja, Perbaiki Tata Kelola

SOLOK, JN – Walikota Solok Zul Elfian, mengatakan akan terus meningkatkan kinerja instansi pemerintahanya, dia mengungkapkan berbagai langkah positif telah dilakukanya selama tahun 2016, meningkatkan kinerja penyelenggara pemerintahan daerah. Serta peningkatan strategis dalam mengefektifkan budaya kinerja, dengan indikator komitmen kepala SKPD, sehingga mendorong tugas dan fungsinya.

“Untuk peningkatakan kinerja instansi pemerintah, maka kepala SKPD harus lebih giat lagi memperbaiki tata kelola dilembaganya masing-masing, serta membudayakan kinerja sesuai dengan indikator komitmenya, sehingga dapat mendorong tugas dan fungsinya secara strategis dan efektif,” tegas Zul Elfian.

Dijelaskan Zul Elfian, pemko solok terus meningkatkan sistem asistensi berdasarkan peraturan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan – RB). Hal tersebut tentunya untuk meningkatkan akuntablitas kinerja pemerintah. Ditambah Pemko Solok mendapatkan penghargaan akuntablitasi kinerja tahun 2016 dengan predikat nilai B oleh Kemenpan-RB.

“Dengan meningkatkan sistem, serta memperbaiki tata kelola pemerintahan yang baik, sesuai dengan komitmen, melakukan perubahan, tentunya dengan penghargaan ini, menjadi motivasi untuk lebih memacu semangat kinerja pemerintah Kota Solok,” kata Zul Elfian, Rabu (25/1) di Hotel Grand Panghegar usai menerima laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LHE AKIP) dari Menteri PAN-RB Asman Abnur.

Walikota Solok Zul Elfian mengatakan akan terus meningkatkan implementasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) untuk terus memperbaiki tata kelola pemerintahannya, sesuai dengan amanah dari Menpan-RB. “Menteri berpesan untuk terus meningkatkan prestasi, SAKIP serta memperbaiki tata kelola pemerintahan,” ungkap Zul Elfian.

Dikatakan Zul Elfian, beberapa langkah positif yang telah dilakukan Pemerintah kota solok dalam upaya meningkatkan kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan Pemerintahan, sehingga Pemerintah Kota Solok memperoleh penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, terhadap evaluasi Akuntabilitas Kinerja dengan nilai/predikat B (baik).

“Pemerintah Kota Solok telah mengupayakan perbaikan manajemen kinerja pada birokrasi, hal tersebut ditunjukan dengan semakin menguatnya komitmen diantara kepala daerah beserta pejabat dan pimpinan SKPD untuk menetapkan sasaran strategis dan ukuran kinerja yang lebih berorientasi hasil (outcome) melalui perbaikan indikator kinerja utama (IKU),” jelas Zul Elfian.

Komitmen tersebut juga ditindaklanjuti dengan meningkatkan kualitas sasaran strategis Perjanjian Kinerja (PK), menjadi lebih berorintasi hasil (outcome) dengan indikator kinerja yang lebih relevan dan terukur. Kota solok telah mengupayakan penjabaran sasaran strategis dan indikator kinerja pada perjanjian kinerja kepala SKPD kepada eselon III dan IV dalam rangka mendorong terciptanya ukuran kinerja yang lebih objektif, terukur dan relevan dengan tugas dan fungsi yang ditetapkan.

“Kedepan Pemerintah Kota Solok akan terus berupaya mengefektifkan penerapan budaya kinerja di lingkungan pemerintah kota solok, dengan mendorong perbaikan rencana strategis, perjanjian kinerja dan indikator kinerja utama SKPD, diantaranya penyempurnaan perjanjian kinerja dan indikator perjanjian utama di level eselon III dan IV sehingga terciptanya keselarasan penjabaran kinerja dengan perjanjian kinerja dan indikator kinerja utama pada level kepala SKPD,” tambah Zul Elfian.

Untuk melihat keberhasilan Kepala SKPD penghargaan kali akan menjadi penilaian kedepanya,”tentunya dengan harapan hasil evaluasi kinerja instansi pemerintah kota solok untuk tahun berikutnya meningkat ke peringkat yang lebih tinggi dan tidak menurun, jika menurun maka disitulah letak penilaianya,” jelas Zul Elfian.(Van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here