Berita Ranah Minang Terkini
Indeks BeritaIndeks

Gubernur Sumbar Buka Mukernas Persatuan Keluarga Paninggahan


SOLOK, JN- Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansarullah, SP, hari Minggu (17/7), membuka secara resmi, Musyawarah Kerja (Mukernas) Persatuan Keluarga Paninggahan, Kec.Junjung Sirih, Kabupaten Solok.

Acara Murkernas Persatuan Keluarga Paninggahan, digelar di Lapangan Sepakbola Gando, dengan dihadiri Wabup Solok, Jon F. Pandu, Ketua Umum DPP persatuan Keluarga Paninggahan, Drs.Harmonis Ali,Ustad kondang, Narlis Ma atau yang dikenal dengan Ustaz Orange, Tokoh masyarakat Solok, Trio Karno Vivo, Anggota DPRD Kabupaten Solok, Nazar Bakri dan peserta Mukernas serta masyarakat setempat.

Ketua panitia pelaksana, Kasria Dedi, dalam laporannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Gubernur Sumbar dan Wabup Solok yang sudah meluangkan waktu untuk menghadiri acara Mukernas Paninggahan ini.

Wabup Solok, Jon Firman Pandu, dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Gubernur Sumbar dan rombongan serta para perantau Paninggahan di Kampung Halaman.
“Selamat bermusyawarah untuk warga Paninggahan, semoga terpilih Ketua yang amanah,” sebut Jon F Pandu.
Ketua Umum DPP persatuan Keluarga Paninggahan, Drs.Harmonis Ali, dalam sambutannya menyebutkan bahwa warga Paninggahan memiliki jiwa membangun  yang diambil dari contoh terdahulunya, dikarenakan hubungan ranah dan rantau merupakan kunci dari peran perantau dalam peran organisasi sendiri.

Baca Juga :
Bertepatan Dengan HPN 2019 : Irwan Prayitno Terima Anugerah Tokoh Perintis Pers Indonesia

“Bagi orang Minangkabau di perantauan, membangun kampung halaman merupakan suatu keharusan dan kewajiban, apa lagi kampungnya sendiri, dimana rasa keminangan rantau ini sangat melekat di diri perantau ini,”  ucap Drs.Harmonis Ali.
 Pihaknya juga menyampaikan selamat datang kepada Gubernur Sumbar dan undangan pada acara Mukernas Paninggahan tersebut.

Sementara Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansarullah, dalam arahannya mengajak masyarakat Paninggahan untuk terus bersama dan bersinergi dalam berbgai langkah strategis percepatan pembangunan dan program kerja, baik pencegahan maupun penangan dampak pandemi Covid-19.

Tujuan acara Mukernas ini adalah untuk memperkuat tali silahturahmi antar sesama perantau dan warga kampung halaman.

Gubernur mengapresiasi peran IKM khususnya warga Paninggahan  yang menjadi tempat para perantau untuk bahu membahu membudayakan adat dan tradisi ketika berada di rantau, juga sebagai bentuk dukungan terhadap program-program pemerintah daerah asal maupun pemerintah daerah rantau masing-masing.
Bagi kita masyarakat Sumbar, kekuatan perantau merupakan kekuatan luar biasa yang mampu menggerakan baik ekonomi di ranah maupun di rantau. “

Baca Juga :
LDN Sumbar Dibuka Wabup Ferizal Ridwan: Nagari Talang Tumbangkan Nagari Kubang

“Semangat para perantau sangat luar biasa. Terbukti pada saat pandemi, perantau yang mampu membantu dunsanaknya yang membutuhkan. Bahkan lebaran kemaren saja ada sekitar 2.500.000 orang warga Minang yang pulang kampung,” ucap Mahyeldi.

Buya Mahyeldi juga menyampaikan ucapan Selamat Mukernas bagi warga Paninggahan dan semoga berjalan dengan lancar (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.