Gubernur Irwan Prayitno Buka Munas Kwartab dan IPPTAB Nagari Tanjung Balik

0
86

SOLOK, JN- Gubernur Sumatera Barat,
Irwan Prayitno, hari Minggu (9/6), membuka Munas Kerukunan Warga Tanjung Balik (Kwartab) ke-10 dan Ikatan Pemuda Pelajar Tanjung Balik (IPPTAB) Ke -3, Nagari Tanjung Balik, Kecamatan X Koto Diatas, Tahun 2019.

Acara dilangsungkan di Lapangan Pasar Senen, Nagari Tanjung Balik, dengan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat, Prof.Dr.Ir.Irwan Prayitno, Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH, Ketua Umum DPP Kwartab, Prof.Dr.Ir.H.Nasfryzal Carlo, Camat X Koto Diatas, Teta Midra
Kepala SKPD dilingkungan Pemerintah daerah Kabupaten Solok, unsur Forkopimcam kecamatan X Koto Diatas, Wali Nagari Tanjung Balik, Zulhidin
Para perantau dan tokoh masyarakat serta perantau Nagari Tanjung Balik.

Ketua panitia pelaksana acara, Tarmizi, S. Ag, dalam laporannya menyampaikan ucapan terimaksih atas kedatangan Bapak Gubernur Sumbar dan Bapak Wakil Bupati solok yang sudah berkesempatan hadir dalam Munas Kerukunan WargaTanjung Balik tahun 2019.
“Kegiatan pulang basamo di nagari Tanjung Balik ini rutin kita laksanakan 1 Kali dalam 3 tahun dan pelaksanaan Munas kwartab pulang basamo ini dilaksanakan selama 5 hari yang dimulai dari tanggal 5 hingga 9 Juni 2019 ini,” sebut Tarmizi.

Sementara Ketua Umum Kwartab, Prof.Dr.Ir.H.Nasfryzal Carlo, M.sc, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas kedatangan Bapak Gubernur Sumbar dan Bapak Wakil Bupati Solok beserta rombongan di nagari Tanjung Balik ini.

Disebutkannya, Kwartab nagari Tanjung Balik berdiri tahun 1991 dimana kwartab sampai saat ini sudah berumur 29 tahun.
“Tujuan dibentuknya Kwartab ini adalah untuk mempererat silaturrahim antara perantau dengan masyarakat di kampung halaman,” sebut Nasfryzal Carlo.

Dalam kegiataan Munas Kwartab kali ini, ada beberapa agenda yang akan kami laksanakan yaitu kegiatan kesenian anak nagari, lomba-lomba Tradisional anak nagari, tabligh akbar dan musyawarah besar Kwartab serta lainnya.
Pihaknya juga berharap kepada Bapak Gubernur dan bapak Wabup Solok untuk membangun SDIT di Nagari Tanjung Balik dan penambahan guru di sekolah-sekolah.
Selain itu, pihaknya juga erharap adanya pemindahan pasar tanjung balik ke tempat yang baru karna pasar saat ini ada dipinggir jalan yang apabila hari pasar membuat arus lalulintas ke nagari tetangga jadi terganggu.

Sedangkan Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kembali dikampung halaman kepada para perantau nagari Tanjung Balik.
Dan berharap, pergunakanlah waktu untuk bersilaturrahmi dengan sanak famili dengan baik.

“Peranan para perantau sangat dibutuhkan oleh pemerintah daerah sebagai mitra pemerintah dalam membangun nagari. Bagi perantau yang sudah sukses, mari bangun kampung halaman dengan baik, ” ajak H. Yulfadri Nurdin.
Wabup Solok itu juga berharap agar perantau menjaga kekompakan untul terus membangun nagari kedepannya.
“Kita menyadari, bahwa peran perantau sangat dibutuhkan dalam membangun perekonomian kampung halaman,” ucap Yulfadri Nurdin.

Gubernur Sumatera Barat, Prof,Dr ,Ir. Irwan Prayitno, dalam arahannya saat membuka Munas Kwartab, juga memberi apresiasi terhadap para perantau nagari Tanjung Balik yang sudah pulang ke kampung halaman untuk berkumpul sanak family.

“Kekuatan ekonomi perantau sangat peran besar dalam membangun nagari, untuk itu, peran perantau sangat diharapkan untuk ikut berperan dalam membangun perekonomian masyarakat di kampung halaman,” sebut Irwan Prayitno.

Dijelaskan Gubernur, Kabupaten Solok patut berbangga mempunyai nagari-nagari yang mempunyai ikatan perantau yang solid dan kompak, termasuk di Tanjung Balik ini.
Untuk itu, dinergi antara perantau dengan orang yang ada dinagari sangat diperlukan. “Mari kuta singkirkan ego masing masing dalam membangun nagari dan yang diperlukan adalah kebersamaan, ” tutur Irwan Prayitno.

Gubernur juga berharap agar mari jadikan momen ini sebagai ajang mempererat silaturrahmi antara perantau dengan masyarakt dikampung halaman.

Sementara mengenai pembangunan sekolah SDIT dan pemindahan pasar nagari akan kita tindak lanjuti namun tentu melalui prosedur yang ada melalui Musrembang dan pembicaraan yang dimulai ditingkat bawah (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda