Didampingi Wabup Solok, Nasrul Abit Kunjungi Keluarga Yang Mendapat Musibah di Sariak Alahan Tigo

SOLOK, KP– Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, mengunjungi keluarga yang mendapat musibah bencana alam longsor di Nagari Sariak Alahan Tigo, Rabu (10/6). 
Musibah longsor yang menewaskan kakak beradik, terjadi Jum’at dini hari tanggal 5 Juni sekira pukul 01.40. 
Musibah longsor menghantam sebuah rumah warga di Andaleh, Jorong Sariak Ateh, Nagari Satiak Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok.


Musibah longsor menimpa rumah  permanen milik Tarmizi (46) warga Andaleh. Akibat longsor tersebut, dua orang warga penghuni rumah yang merupakan anak dari Tarmizi, meninggal karena dihantam longsor. Kedua korban meninggal masih tetcatat sebagai pelajar di Sariak Alahan Tigo. Sementara isteri korban dan korban sendiri juga mengalami luka parah dan saat ini kondisinya sudah mulai membaik.
Dalam kunjungan ke rumah warga di Jorong Sariak Ateh tersebut, rombongan Wakil Gubernur dan Wakil Bupati Solok disambut oleh Tarmizi dan isterinyaPadri Yeni beserta keluarga yang lain.

Kepada Wagub Sumbar dan rombongan, Tarmisi yang masih dalam suasana duka mengisahkan kejadian naas yang menimpa keluarganya hingga menewaskan dua orang anaknya yakni Melsa Gustia Putri (20)  dan Rafki Aulia Zikra (14). Keduanya berstatus pelajar dan Melisa akan masuk Perguruan Tinggi di Jakarta.
Usai kejadian, Jajaran atau anggota Polsek Hiliran Gumanti yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Hiliran Gumanti, Iptu Azirman, SH, kangsung turun mengevakuasi korban bersama warga setempat.

Saat material longsor menghantam dinding rumah korban, pemilik rumah Muhammad Tarmizi langsung terbangun karena mendengar adanya bunyi dentuman keras yang menghantam dinding kamar bagian belakang yang ditempati dua anaknya.

Baca Juga :
Ikatan Pajero Sport Family Provinsi Riau Bantu Korban Banjir Kabupaten Solok

 Begitu dilihat, dirinya mendapati dinding kamar yang didiami istri dan dua anaknya telah jebol oleh material longsor.
Dua anak korban yang berada di dalam kamar dalam keadaan tidur pulas, ikut dihantam material longsor hingga tertimbun. Kedua anak korban meninggal dunia, sedangkan istri korban mengalami luka di bagian kaki sebelah kiri.
“Kami atas nama pribadi dan Pemerintah Privinsi Sumbar, ikut berduka yang sedalam-dalamnya atas musibah ini. Semoga keluarga tabah dan yang meninggal diterima oleh Allah SWT,” sebut Nasrul Abit, yang juga diamini Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin.
Dalam kunjungan tersebut, Wagub juga menyerahkan bantuan kepada keluarga korban berupa alat-alat rumah tangga dan bantuan uang tunai yang diterima langsung oleh korban Tarmuzi dan isterinya.
Usai mengunjungi Keluarga korban, Wagub Sumbar bersama Wakil Bupati Solok dan rombongan, mengunjungi Jalan Muaro Ayie, yang menghubungkan Bayang di Kabupaten Pesisir Selatan dan Alahan Panjang di Kabupaten Solok.

Pembangunan jalan Muaro Aia-Alahan Panjang sepanjang 46 Km akan menghubungkan Pessel dengan Kabupaten Solok yang telah dirintis sejak lama.
“Kita harapkan pembangunan jalan tersebut dapat diselesaikan dalam waktu dekat,” sebut Nasrul Abit.Sebelumnya Pemkab Pessel tahun ini kabarnya juga sudah menerima kucuran dana Pusat melalui Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) sebesar Rp49 miliar melalui Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) dan sebahagian dana tersebut juga akan dugunakan untuk pembangunan jalan Pessel dan Kabupaten Solok.
Menurut Nasrul Abit, jika jalan tersebut rampung, maka akan menggenjot perekonomian kedua daerah. Yang satu penghasil kelapa dan ikan dan yang satu lagi penghasil sayur-sayuran dan tidak mmutar harus ke kota Padang.

Baca Juga :
Keluarga Besar Kemenag Padang Panjang Gelar Anjangsana ke PSKW Andam Dewi Sukarami

Menurut Nasrul Abit, Jalan Bayang -Alahan Panjang sudah lama menjadi harapan dan impian masyarakat, karena selain dapat sebagai jalan alternatif juga mampu meningkatkan perekonomian kedua daerah.


Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, menyebutkan bahwa jalan tembus Bayang – Alahan Panjang adalah jalan yang sangat efisian karena menghubungkan dua kabupaten berbeda komoditi, satu sayur sayuran yang satu lagi ikan dan hasil laut.
“Jadi hal ini akan bermanfaat sekali untuk masyarakat yang biasanya melewati jalan harus ke Padang, namun hal ini juga akan menghemat waktu 1-hingga 2 jam jika melewati jalan ini,” tutur Yulfadri Nurdin.


Dalam kunjungan tersebut, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, didampingi oleh Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, Beberapa orang perwakilan dan Dinas Provinsi Sumbar,  Seperti Dinas ESDM, Balitbang, Dinas PUPR, Biro Kerjasama Pembangunan, DLH, BPBD, Biro Humas, Balai Jalan dan lainnya (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.