Deswanti, Penderita Kanker Rahim itu Akhirnya Dikunjungi Wabub Solok

0
1065

SOLOK, JN- Usai mendapat kabar bahwa ada warganya yang terserang penyakit kanker, Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin langsung turun gunung ke rumah korban, di Kawasan Kayu Samuk,Koto Baru.  Dengan didampingi Camat Kubung, Dafrizon, Anggota DPRD Kabupaten Solok, Ir. Bestari dan Nosa Eka Nanda, Walinagari Koto Baru, Afrizal dan tokoh masyarakat setempat, Wabub tampak sangat prihatin dengan keluarga sederhana ini.

Deswanti (39), demikian nama ibu malang tersebut, tercatat sebagai warga jorong Kayu Samuk, Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok sudah menderita penyakit kanker payudara selama lebih kurang 3,5 tahun. Dengan didampingi suaminya, Romi Caniago (46), Deswati tampak tidak bisa mengisahkan banyak prihal penyakitnya kepada Wakil Bupati Solok, saat menyambangi rumah Deswanti pada Kamis (1/3). “Kami tidak punya biaya lagi, untuk makan saja susah, jadi kami terima saja keadaan ini. Sementara saya hanya kerja sebagai buruh tani,” jelas suami Deswanti, Romi Caniago, kepada Wakil Bupati Solok.

Disebutkan Romi,  beberapa bulan ini isterinya sudah  menjalani rawat jalan di RSUP M Djamil Padang (Kemoterapi), akan tetapi dalam 2 bulan terakhir, dikarenakan mengalami keterbatasan dana, sehingga tidak bisa melanjutkan perawatan secara berkala. Romi juga mengisahkan, selain menderita penyakit kanker payudara, kanker rahim, komplikasi diabetes juga tinggal di dalam rumah sangat sederhana. “Selama ini isteri saya telah menjalani rawat jalan di RSUP M Djamil sebanyak 18 kali. Namun saat ini kami mengalami keterbatasan biaya untuk menjalani rawat inap,” jelas Romi. Selama ini biaya untuk berobat dan terapi merupakan sumbangan warga yang menggalang donasi secara swadaya untuk membantu meringankan beban biaya keluarga Romi. Sementara bantuan yang diterimanya untuk berobat berasal dari Baznas Kabupaten Solok sebanyak Rp 3 juta yang diterima dalam 2 tahap

Tahap 1 sekitar bulan desember 2017 sebesar 1 juta rupiah dan saat kunjungan Wabub Solok hari Kamis ini sebesar Rp 2 juta yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Solok.

 

 

Sementara Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, selain merasa terharu dengan kesabaran keluarga ini, juga menginstruksikan dinas terkait untuk sesegera mungkin mendapatkan penanganan medis. Wakil bupati juga berharap petugas medis dari Puskesmas Selayo untuk dapat mendampingi penanganan berobat yang lebih intensif ke rumah RSUD Arosuka maupun rumah sakit umum padang. “Semoga dengan bersama kita akan mengalami keringanan dan ibuk Deswanti segera bisa sembuh kembali,” jelas Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin. Dia berharap agar semua upaya bisa dilakukan agar ibuk tersebut bisa sembuh, baik oleh pemerintah nagari maupun Dinas Kesehatan  Kabupaten Solok (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here