Bupati Buka TC Untuk MTQ Khafilah Kabupaten Solok Untuk MTQ Sumbar

0
825

Bupati Solok, H. Gusmal memberikan arahan pada khafilah peserta TC MTQ Kabupaten Solok yang akan mengikuti seleksi MTQ nasional tingkat Sumbar di Pariaman mendatang, bertempat di masjid Al Ikhwan, Air Angek Bukit Kili

 

Bupati Buka TC Untuk MTQ Khalifah Kabupaten Solok Untuk MTQ Sumbar

SOLOK, JN–Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, membuka TC Khafilah MTQ Kabupaten Solok untuk mengikuti MTQ Nasional ke-XXXVII, tingkat Sumatera Barat, bertempat di masjid Al Ikhwan, Air Angek Bukit Kili, Koto Baru, Kecamatan Kubung, Sabtu (18/2).  Tampak hadir pada kesempatan itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten  Solok, Alizar Chan, M.Ag, Kepala Dinas Kesehatan, Dr. Sri Evianti, Kepala Dinas Inforkom, Mulyadi Marcos, Kabag Kesra, Noviarman, Ketua BAZ Kabupaten Solok dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Solok serta peserta TC Khafilah MTQ Kabupaten Solok.

Menurut Ketua pelaksana, Noviarman yang juga menjabat sebagai Kabag Kesra menyebutkan bahwa untuk lomba MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat mendatang yang insyaallah akan dilaksanakan di Pariaman. “Tujuan diadakan TC ini adalah  untuk mempersiapkan khafilah MTQ Kabupaten Solok untuk tampil di ajang MTQ tingkat Provinsi nantiknya, dimana dapat disampaikan bahwa peserta TC berjumlah sebanyak 120 orang yang dengan pelatih 20 orang,” jelas Noviarman. Disebutkannya, pelatih tersebut berasal dari Kabupaten Solok sebanyak 12 orang dan 8 orang dari provinsi. Sementara lokasi TC di pusatkan di masjid Al Ikhwan, Jorong Aia Angek Bukik Kili. Sementara waktu TC tahap 1 ini dilaksanakan selama 2 hari dn TC berikutnya akan di laksanakan  di hotel Cimpago kota Bukittiggi.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, Alizar Chan, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan bahwa cabang tertua dalam MTQ adalah tilawah, seiring dengan perjalanannya munculah cabang baru  yang tetap mempunyai tujuan yang sama yaitu menggemarkan membaca dan memahami Al-Quran. “Untuk MTQ tahun ini di Kabupaten Solok memiliki makna khusus karena kita  di Kabupaten Solok sudah melaunching program Magrib Alquran hal ini tentu sangat sejalan sekali dalam rangka kita membumikan Al-Quran di tengah-tengah masyarakat,” terang Alizar Chan, M.Ag.

Dalam yang namanya lomba tentu kita ingin memperoleh hasil terbaik, untuk itu kita laksanakan TC pada hari ini

Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM dalam arahannya mengharapkan agar anak-anak yang ikut TC, supaya menampilkan kemampuan maksimal sehingga nantinya nantik bisa terpilih untuk mewakili Kabupaten Solok pada MTQ di Pariaman. “Kami melihat TC ini sangat penting, tahun lalu kita memperoleh peringkat ke-14 pada MTQ di Sawahlunto, untuk saat ini tentu kita berharap harus naik peringkat. Saya ingin para pelatih kita untuk memberikan semua ilmunya kepada para qori dan qoriah dan saya berharap pelatih harus tegas, pilih lah anak yang benar-benar siap bertanding,” jelas H. Gusmal. Bupati juga berharap agar peserta TC bisa memaksimalkan waktu 2 hari ini, dengan serius dan fokus. Menurut H. Gusmal, dengan program magrib al-Auran dan subuh berjemaah ini bisa berjalan dengan baik di tengah masyarakat mungkin kita tidak perlu melaksanakn TC lagi. “Saya berharap kita dapat turun di setiap cabang yang  dilombakan nantik. Kepada Kabag Kesra tolong di rencakan agar pelatihan ini agak maksimal, kalau perlu di tambah lagi jadwal TC nya agar kita bisa mengoptimalkan anak-anak  kita,” jelas H. Gusmal. Dijelaskan Bupati, 4 pilar Pembangunan Kabupaten Solok tidak akan berjalan kalau tidak di dukung oleh pemahaman agama yang matang (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here