Akan Dijadikan Keltan Percontohan: Yulfadri Nurdin Mesra Dengan Keltan Mungguang Indah Jawi-Jawi Guguak

0
643

 

SOLOK, JN- Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin, SH, Sabtu (6/1), mengunjungi Kelompok Tani (Keltan) Mungguang Indah, di Dusun Jaro Batu, Nagari Jawi-Jawi Guguk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. Selain Wabub Solok, tampak hadir pada pertemuan tersebut, Kepala Dinas Pertanian, H. Admaizon, Anggota DPRD Kabupaten Solok, Patris Chan, SH, Camat Gunung Talang, Misran Masdagar, Ketua Dewan Tani Kabupaten Solok, Madias Tanjung, Kabid Peyuluh Pertanian, Sri Anima, Walinagari Jawi-Jawi Guguak, Laswir Malin Putih, PPL Nagari Jawi-Jawi Guguk, Reni Rianti serta beberapa staf dari Dinas Pertanian Kabupaten Solok.

Kedatangan orang Nomor Dua di Kabupaten Solok tersebut ke Kelompok Tani Mungguang Indah yang kebetulan sedang menggelar pertemuan rutin bulanan, sagat mengejutkan sekaligus disambut gembira oleh seluruh anggota kelompok Tani Mungguang Indah. “Kami sengaja datang diam-diam ke Kelompok Tani Mungguang Indah, karena kami mendengar bahwa kelompok tani ini termasuk paling aktif dan kami sengaja membawa rombongan dari dinas terkait untuk berbagi ilmu dengan masyarakat di sini,” jelas Yulfadri Nurdin, usai meyantap  makan siang kuliner khas Nagari Jawi-Jawi Guguk yang sudah didaulat sebagai Kampung Wisata Budaya di Kabupaten Solok.

Pertemuan dilangsungkan di Mushalla Darul Aliyah, Jaro Batu itu, dalam suasana penuh kekeluargaan. Bahkan Wakil Bupati Solok, tampak mesra dan akrab menjawab beberapa pertanyaan dari anggota Keltan yang terkadang meggelitik.

Lawatan Wabub Solok ke Keltan Mungguang Indah itu, disambut oleh masyarakat setempat dengan sangat antusias dan penuh kekeluargaan. Bahkan berbagai saran dan masukan, diutarakan oleh masyarakat, tanpa sungkam-sungkam kepada Bapak Wakil Bupati Solok itu. “Kami merasa mendapat kerhormatan sekali bisa didatangi oleh Bapak Wakil Bupati beserta rombongan, karena kami bisa curhat dari hati ke hati bersama Bapak serta nanti mohon saran dari Bapak agar Keltan kami ini bisa maju,” jelas Medi (50), anggota Keltan Mungguang Indah. Rasa senang juga tampak pada seluruh anggota Keltan Mungguang Indah ini yang tidak menyangka kehadirnan Wabub secara mendadak. “Sungguh ini merupakan suatu kehormatan yang luar biasa bagi masyarakat kami bisa dikunjungi Bapak Wakil Bupati dan rombongan dan kami tidak diberi tahu sebelumnya,” ujar Mardianti, Bendahara Keltan Mungguang Indah, yang mayoritas bekerja di sektor pertanian dan perikanan.

Selain menyampaikan rasa bahagianya bisa mendatangi warga Jaro Batu,  Wakil Bupati Solok juga merasa salut dan bangga dengan kekompakan Keltan Mungguang Indah, dimana ruin menggelr pertemuan sekali sebulan dan acara mkan bersama sekali tiga bulan. “Saya merasa bangga dengan Kelompok ini, karena ternyata Keltan Mungguang Indah ini tidak kelompok tani siluman atau jailangkung, dimana kalau mau ada bantuan mereka timbul dan kalau tidak menghilang entah kemana. Teruslah jaga kekompakan, sebab saat ini pemerintah hanya akan membantu petani dengan cara melalui kelompok tani yang resmi,” jelas Yulfadri Nurdin. Bahkan Wabub menjelaskan bahwa pertemuan ini baru jilid 1 dan akan ada pertemuan jilid 2 dan seterusnya.

Wabub Solok juga berjanji akan menjadikan Keltan Mungguang Indah ini sebagai Keltan Percontohan di Kabupaten Solok dan akan mencoba membantu apa yang dibutuhkan  anggota kelompok seperti meyediakan mesin bajak sawah melalui dinas terkait. “Kebetulan di sini ada para ahlinya, baik dari pertanian, perikanan dan dewan tani, maka silahkan bertanya langsung kalau ada uneg-uneg tentang pertanian. Setelah itu, tahun depan kita harapkan Keltan ini mengalami peningkatan dar tahun ini dan anggotanya sejahtera,” jelas Yulfadri Nurdin, SH. Wabub juga memberi apresiasi kepada seluruh Kelompok Tani yang aktif dan selalu menjaga kekompakan ini. “Pertahankan ini terus dan semoga anggotanya makmur dan mari kita juga sukseskan program pemerintah Kabupaten Solok Shubuh Berjamaah dan Maghrib Al Qur’an,” jelas Yulfadri Nurdin.

Acara juga didiisi dengan seksi tanya jawab dengan Wabub Solok, Kadis Pertanian, Admaizon dan Camat Gunung Talang.

Sebelumnya Walinagari Jawi-Jawi Guguak, Laswir Malin Putiah, menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Bapak Wakil Bupati Solok yang tiba secara mendadak ke Kelompok Tani Mungguang Indah. “Alhamdulillah kami atas nama Pemerintahan Nagari, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Wakil Bupati Solok di Keltan yang berbahagia ini dan kami mohon nantinya arahan dari bapak untuk kemajuan Keltan ini,” jelas Laswir. Walinagari juga menyebutkan bahwa saat ini Nagari Jawi-Jawi Guguak sudah ditetapkan sebagai Kampung Wisata Budaya di Sumatera Barat melalui sebuah MoU oleh Kemempar RI bersama Bupati Solok yang juga disaksikan oleh Walinagari di Jakarta akhir Desember 2017 ilam. “Tujuan dari Kampung Wisata Budaya ini adalah untuk menggali dan mempertahankan tradisi asli yang ada di nagari kita ejak pada zaman nenek moyang kita. Jadi mohon didukung semua pihak,” harap Laswir. Wainagari juga berpesan, agar masyarakat diminta jangan sampai terpecah dan mudah terpengaruh oleh issu-issu saat ini yang belum tentu jelas kebenarannya. “Mari terus jaga kekompakan dan persaudaraan, jangan sampai warga terbelah dan tolong juga anak-anak kita da remaja dijaga dari pergaulan bebas dan narkoba,” pesan  Laswir

Sebelumnya, Ketua Kelompok Tani Mungguang Indah, Sofriwandy NR, kepada Wakil Bupati Solok, memaparkan profil singkat tentang Kelompok Tani Mungguang Indah. Menurutnya, Keltan Mungguang Indah berdiri Tahun 1990 yang waktu itu digagas oleh Bapak Nurusan (Almarhum) tetapi sempat vakum beberapa tahun, karena yang bersangkutan meninggal dunia. Baru pada tahun akhir tahun 2013, Keltan ini kembali aktif dan langsung membentuk Koperasi Simpan Pinjam.  Dijelaskannya, semenjak Keltan ini aktif lagi sekitar awal Januari tahun 2014, pengurus langsung membentuk koperasi dengan iyuran wajib Rp 100 per anggota dan iyuran bulanan sebanyak Rp 5000 per anggota serta rutin menggelar pertemuan setiap satu bulan sekali pada Minggu pertama setiap hari jum’at di awal bulan. Sementara anggota Keltan berjumlah sebanyak 26 orang. “Uang tersebut dipinjam oleh anggota yang membutuhkan secara bergiliran. Dan alhamdulillah, selama waktu dua tahun, uang koperasi sudah terkumpul sekitar Rp 20 juta,” tutur Sofriwandy NR, yang juga wartawan di salah satu media Harian terbitan Sumbar ini (wandy)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here