Air Terjun Picuran Tujuah Dulu Tempat Mandinya Putri Raja

0
853

SOLOK, JN- Air terjun Pincuran Tujuah, terletak di jorong Garabak nagari Garabak Data, kecamatan Tigo Lurah, Kabupaten Solok, sampai saat ini belum dikelola dengan baik dan masih tampak perawan, karena minimnya akses jalan menuju ke lokasi.

Air terjun dengan tinggi 110 Meter dan Sangat menawan dan sangat mempesona siapa yang memandangnya.
.
Lokasi air terjun Pincuran Tujuah, terletak sekitar 2 Kilometer dari kantor Walinagari Garabak Data atau sekitar 80 Kilometer dari Arosuka ibukota Kabupaten Solok. Menurut Plt. Walinagari Garabak Data, Jon Garda, jika lokasi ini ditata dengan baik oleh Pemerintah Daerah, maka dipastikan akan menjadi objek wisata unggulan di Kabupaten Solok. Sayangnya air terjun Pincuran Tujuah, sampai saat ini masih perawan. “Jangankan jalan ke lokasi wisata pincuran tujuah, ke kantor walinagari saja jalan masih belum diaspal,” jelas Jon Garda, Selasa (16/7).

Menurut Jon Garda, disebut Air terjun Pincuran Tujuah, karena tingkatan air terjun terdiri dari tujuh lapis yang memanjang dari atas bukit sebanyak tujuh tingkat dengan panjang 110 meter. “Konon kabarnya air terjun Pincuran Tujuah ini pada zaman dulu adalah tempat pemandian putri raja yang mendiami daerah Garabak Data,” terang Jon Garda.

Bupati Solok, H. Gusmal, mengakui bahwa masih banyak objek wisata yang ada di Kabupaten Solok yang belum tergali,
termasuk objek wisata Pincuran Tujuah di Garabak Data, karena Kabupaten Solok sangat luas dan secara geografis alamnya lebih banyak perbukitan. Justru hal inilah yang membuat Kabupaten Solok tampak lebih indah,” jelas Gusmal. Kedepannya Pemkab Solok akan lebih fokus membangun pariwisata, karena termasuk dalam empat Pilar pembangunan yang diusung Bupati dan Wakil Bupati Solok.
Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok, Nasripul Romika menyebutkan bahwa di Kabupaten Solok sangar banyak potensi wisata yang belum dikelola dengan baik karena memang Pemkab Solok kekurangan dana untuk itu.
” Kita akui bahwa sangat banyak potensi wisata tersembunyi yang belum kita garap karena memang keterbatasan dana, ” sebut Nasripul (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here