Warga Yang Tinggal di Jalur Sumbar-Riau Bakal Direlokasi

0
89

LIMAPULUH KOTA, JN- Mengantisipasi jatuhnya korban akibat longsor yang kerap terjadi di jalan raya Sumbar-Riau, tepatnya di Nagari Koto Alam, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota, Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetipo menyebutkan bahwa, Kementrian siap membantu perumahan bagi masyarakat yang nantinya direlokasi ke tempat yang baru dan lebih aman.

Hal tersebut ia ungkapkan saat meninjau lokasi jalan terban di Koto Alam dalam rangkaian kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Sumatera Barat. Selain mengungkapkan kesiapan untuk membantu menyediakan perumahan bagi warga yang akan direlokasi, Wamen juga mengingatkan kepada Pemerintah Daerah setempat untuk segera menyiapkan surat permohonan kepada pihaknya, sehingga rencana tersebut bisa terlaksana.

“ Tadi kita sudah diskusi dengan kepala desa (Walinagar, red), nanti akan direlokasi. Jika memang memungkinkan, kita dari Balai akan tunggu permohonan dari Bupati untuk relokasi. Kita akan bantu untuk perumahan, yang penting ada permohonan,” sebut Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetipo didampingi Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, Dandim 0306/50 Kota, Letkol. Ferry Stevanus Lahe, Kepala BPBD Propinsi dan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Limapuluh Kota, Joni Amir serta sejumlah pihak lainnya, saat berada di lokasi jalan terban di lalur Sumbar-Riau, Jumat sore (3/1/2020).

John Wempi juga mengingatkan, bahwa yang terpenting saat ini adalah penananganan darurat terhadap jalan di jalur tersebut yang terban beberapa waktu lalu. Penanganan diharapkan dapat segera diselesaikan, sehingga jalan Nasional yang menghubungkan Propinsi Riau dan Propinsi Sumatera Barat dapat dilalui seperti biasanya.

Sebelum melakukan peninjauan ke jalan raya Sumbar-Riau di Koto Alam yang mengalami terban beberapa waktu lalu itu, Wamen dan rombongan yang disambut Bupati Limapuluh Kota Kota dan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit di rumah dinas Bupati di kawasan Labuah Basilang, Kecamatan Payakumbuh Barat.

Selain meninjau jalan raya Sumbar-Riau yang mengalami terban beberapa waktu lalu di Koto Alam, Wamen juga melakukan peninjauan Batang Sinamar di Jembatan Taram di Kenagarian Taram, Kecamatan Harau.

Dijembatan tersebut, Wamen John Wempi juga sempat berdiskusi dengan sejumlah pejabat dari Propinsi Sumbar terkait penanganan dan proyek-proyek antisipasi bencana banjir di Kabupaten Limapuluh Kota kedepannya. (dst)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda