Tempat Wisata di Limapuluh Kota Diserbu Wisatawan

0
66

LIMAPULUH KOTA, JN- Selama libur Idul Fitri 1440 Hijriah, sejumlah objek wisata di kabupaten Limapuluh Kota dipadati pengunjung. Lembah Harau, Kapalo Bonda Taram, Batang Tabik, Kayu Kolek dan wisata Bukik Kelinci menjadi tempat favorit yang paling banyak dikunjungi wisatawan domestik.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Hj Nengsih menyebutkan, kunjungan wisatawan pada libur idul fitri tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. Menurutnya, meningkatnya jumlah wisatawan diyakini karena bertambahnya wahana wisata disejumlah lokasi objek wisata.

“Alhamdulillah, perkembangan wisata di Kabupaten Limapuluh Kota terus menggeliat, dari tahun ke tahun angka kunjungan wisatawan terus merangkak naik. Untuk data pasti kita belum bisa merinci jumlah kunjungannya, karena untuk merekap data secara keseluruhan kita harus selesaikan dulu tahunnya. Namun, diprediksi untuk libur lebaran tahun ini meningkat 90 persen dari tahun lalu, “ujarnya ketika dihubungi wartawan, Minggu (9/6).

Dikatakannya, objek wisata yang paling diburu pengunjung yakni Lembah Harau, sejak H+2 setelah lebaran ribuan masyarakat terus berdatangan ke objek wisata ini. Semenjak ruas jalan menuju ke objek wisata ini diperlebar, minat masyarakat semakin tinggi. “Apalagi saat ini, sejumlah lokasi wisata dilembah Harau telah ditambah beberapa wahana yang dikhususkan untuk pengunjung berswafoto,” ungkapnya.

Kondisi yang sama juga terjadi di beberapa objek wisata yang dikelola nagari, seperti objek wisata Kapalo Banda Taram, Batang Tabik, kayu Kolek, dan Bukit Kelinci. Pada umumnya, setiap hari pasca libur lebaran Ribuan pengunjung hadir dilokasi ini.

Bahkan, jelas Nengsih sejumlah penginapan seperti Homestay yang ada di kabupaten Limapuluh Kota sejak seminggu terakhir penuh. Artinya selama libur lebaran tahun ini ekonomi masyarakat semakin menggeliat.

Dikatakannya, kedepan pemerintah daerah setempat terus fokus melakukan perkembangan wisata dalam mendongrak jumlah kunjungan wisatawan. Termasuk membenahi sejumlah wahana di lokasi objek wisata.

Guna mendograk kunjungan itu pihaknya telah melakukan penambahan beberapa wahana bermain di lokasi wisata termasuk membenahi sejumlah infrastruktur yang dibutuhkan di lokasi objek wisata, dan menarik sejumlah investor dalam mengembangkan objek wisata.

“Salah satu program kita kedepan yakni mewujudkan Plasa Kuliner di objek wisata. Jadi pengunjung tidak hanya berkunjung untuk bermain namun juga bisa berburu makanan di Lokasi Objek wisata,”jelasnya.

Untuk itu, dirinya berpesan kepada seluruh pengelola untuk dapat melayani para wisatawan dengan baik. sehingga kedepannya wisatawan yang mengunjungi objek wisata yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota benar-benar merasa nyaman dan aman.(dho)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda