Bupati Irfendi Arbi Raih WTP ke-Empat Kalinya Berturut-turut

0
51

LIMAPULUH KOTA, JN- Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota kembali berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2018 dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sumatera Barat. Predikat bergengsi itu merupakan yang ke-empat kalinya secara berturut-turut diterima Bupati H. Irfendi Arbi.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD tahun 2018 itu, disampaikan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Barat Pemut Aryo Wibowo kepada Bupati Irfendi Arbi dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Sastri Andiko, SH, Dt. Putiah di aula Kantor BPK RI Perwakilan Sumatera Barat di Padang, Jumat (24/5).

“Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota Tahun 2018, termasuk implementasi atas rencana aksi yang telah dilaksanakan oleh Kabupaten Limapuluh Kota, maka BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian, atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Limapuluh KotaTahun 2018,” papar Pemut Aryo Wibowo usai menyerahkan LHP atas LKPD itu.

Dengan diperoleh WTP tahun ini, berarti pemerintah daerah yang dikomandoi Bupati Irfendi Arbi itu sudah berhasil mempertahankan opini bergengsi itu empat kali berturut turut sejak tahun 2016. Artinya, selama kepemimpinannya Irfendi Arbi selalu sukses membawa pulang WTP.

Bupati Irfendi Arbi yang dimintai tanggapannya, mengaku sangat bersyukur, gembira dan merasa bangga atas perolehan opini WTP untuk yang empat kalinya itu. Ia bertekat, akan tetap meningkatkan menyelenggarakan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel.

“Alhamdulillah, kita kembali mendapatkan opini WTP untuk ke empat kalinya. Opini ini berhasil kita raih berkat kerjasama yang baik seluruh pihak terutama jajaran Pemkab Limapuluh Kota. Keberhasilan mempertahankan opini ini merupakan wujud komitmen Pemkab Limapuluh Kota dalam menyelenggarakan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel,” tutur Bupati Irfendi Arbi sembari mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak, termasuk jajaran BPK atas diraihnya prestasi bergengsi tersebut.

Irfendi Arbi berharap, prestasi ke empat kalinya itu semakin memotivasi seluruh aparatur sipil negara (ASN) di daerahnya untuk terus mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang trasparan dan akuntabel. Tak kalah pentingnya, menjadi momentum untuk menunjukan kinerja yang lebih baik lagi ke depannya.

“Prestasi ini harusnya menjadi momentum untuk lebih meningkatkan dan mendorong terciptanya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah. Kita mesti menjadikan ini sebagai sebuah kebanggaan yang harus dipertahankan dengan dukungan masyarakat dan stakeholders terkait,” tutur Irfendi Arbi sembari menuturkan prestasi itu ia suguhkan bagi masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota.

Ia berharap perolehan opini itu tidak membuat para anak buahnya lengah dan merasa puas, sebaliknya harus menjadi pelecut untuk berkinerja lebih baik lagi ke depannya.

Wakil Ketua DPRD Sastri Andiko, SH, Dt. Putiah usai menerima LHP atas LKPD itu mengapresiasi Bupati Irfendi Arbi. Ia juga sangat bersyukur dan berterimakasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota yang telah melaksanakan tertib administrasi dan keuangan tentang pelaksanaan kegiatan tahun 2018.

“Luar biasa. Kita mengapresiasi Bupati Irfendi Arbi beserta seluruh jajarannya yang sukses mempertahankan opini WTP ini untuk ke empat kalinya,” ujar Sastri Andiko.

Menurut Sastri Andiko, perolehan WTP keempat kalinya itu merupakan salahsatu prestasi di bawah kepemimpinan Bupati Irfendi Arbi yang patut diacungi jempol. Ia mengaku sangat tahu, perolehan predikat tersebut tidak terlepas dari keseriusan dan kegigihan Bupati IrfendiArbi untuk selalu mengingatkan dan mendesak jajarannya dalam menyusun laporan keuangan secara baik dan benar.

“Perolehan WTP ini jelas tidak terlepas dari keinginan yang kuat dari Bupati Irfendi Arbi untuk melaksanakan pengelolaan dan tanggungjawab keuangan daerah secara tertib, transparan dan akuntabel,” tuntas Sastri Andiko.

Terpisah Ketua KNPI Kabupaten Limapuluh Kota Bambang senada mengucapkan selamat dan memuji berbagai prestasi yang sudah berhasil ditorehkan Bupati Irfendi Arbi. Bahkan ia mengaku tak heran kalau Bupati Irfendi Arbi kembali sukses membawa pulang WTP secara berturut-turut untuk keempat kalinya.

“Kami para generasi muda mengucapkan selamat dan sangat mengapresiasi prestasi yang didulang Bupati Irfendi Arbi selama ini. Saya menilai ini hasil kerja yang luar biasa dari bupati beserta jajarannya,” tutur Bambang.

Sementara tokoh perempuan Limapuluh Kota yang juga Wakil Ketua 1 Kabupaten Sehat Limapuluh Kota Jusniwarti menyebut, apa yang diraih itu membuktikan kinerja daerah di bawah kepemimpinan Bupati Irfendi Arbi luar biasa dan membanggakan.

“Kita senang dan tetap berharap Bupati Irfendi Arbi terus berprestasi dan memberikan yang terbaik bagi kemajuan daerah ini,” simpul Jusniwarti yang akrab disapa Ita.

Di tempat berbeda, Ketua BAMUS Kenagarian Guguak VIII Koto Fakhri Dt. Sumu memuji kebolehan bupati yang tetap berhasil merebut berbagai prestasi meski senantiasa didera berita bohong (hoax).

“Hebat. Meski sering diserang dengan hoax, tetapi Bupati Irfendi Arbi tetap bisa bekerja dengan baik dan merebut berbagai prestasi termasuk WTP yang keempat kalinya ini,” papar Fakhri Dt. Sumu. (jn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda