24 Tempat Wisata Menarik di Sumatera Barat Untuk Mudik Lebaran

0
532

SOLOK, JN- Sumatera Barat atau Ranah Minang menjadi salah satu provinsi yang ramai akan pemudik. Nah, saat anda berlebaran di Sumbar, tidak ada salahnya anda mencoba megunjungi setidaknya 24 tempat wisata di Sumbar ini.

Momen Lebaran sudah di depan mata. Rindu bertemu sanak keluarga semakin besar dan tak sabar ingin segera pulang. Apalagi menghabiskan waktu bersama keluarga dan pergi jalan-jalan dan berfoto bersama.

Sumatera Barat menjadi salah satu tujuan yang selalu ramai mudik. Kebiasaan warna Minang merantau, menjadikan momen Lebaran adalah waktu yang pas untuk melepas rindu pulang ke kampung halaman.

Bagi yang pulang ke kampung ke Ranah Minang pasti tidak sabar mudik dan ingin liburan di sana kan? Berikut ragam destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga saat Lebaran di Sumatera Barat yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Istana Baso Pagaruyuang

Objek peninggalan budaya dan sejarah ini berada di Kecamatan Tanjung Emas, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. Istana ini sangat ikonik dan terkenal di Sumatera Barat sebagai gambaran betapa jayanya dulu kerajaan Minang. Di sini juga kamu bisa melihat peninggalan budaya dan menikmati pemandangan di Batusangkar.

2. Danau Singkarak

Danau terluas kedua setelah Danau Toba ini berada di 3 wilayah administrasi di Sumatera Barat, salah satunya di Batusangkar. Selain menikmati keindahan danau, nikmati juga makanan khas di Danau Singkarak yaitu goreng ikan bilih, ikan danau khas Danau Singkarak.

3. Lembah Harau

Selain dikenal dengan keindahan lembahnya, Lembah Harau juga punya banyak spot yang instagramable. Yaitu berfoto dengan latar sebatang pohon yang memiliki ranting kering, di mana pohon dikelilingi hamparan pasir. Berpadu dengan bagian belakang 2 rumah gadang yang berada di lembah, menciptakan latar foto Lembah Harau ‘rasa Korea’.

Lembah Harau berada di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Bila ingin ke sini, jika traveler berangkat dari Kota Padang memakan waktu sekitar 3 jam.

4. Danau Diateh dan Danau Dibawah

Selain Danau Singkarak, kunjungi juga Danau Diateh dan Dibawah yang berada di Solok. Seperti danau kembar, pemandangan di kawasan danau ini sangat indah!

5. Pantai Air Manis

Pasti kenal dengan cerita Malin Kundang kan? Nah di Pantai Air Manis ini kamu bisa melihat batu yang menurut cerita adalah Maliln Kundang yang dikutuk ibunya. Pantai cantik ini berada di Padang Selatan.

6. Kawasan Wisata Mandeh

Berada di Kecamatan Koto XI Tarusan, Mandeh dikenal dengan pantai dan lautnya yang cantik. Keindahannya pun bahkan telah dikenal internasional. Kamu yang suka snorkeling dan diving yuk ke sini.

7. Pantai Padang

Menikmati senja yang indah di Padang, kamu bisa ke Pantai Padang yang orang lokal menyebutnya Taplau (tapi lauik/ tepi laut). Nikmati senja sembari menikmati jajanan khas seperti pensi, langkitang, dan kerupuk dengan kuah sate.

8. Batang Tabik

Masih pemandian alami, Batang Tabik berada di Luak, Payakumbuh. Salah satu kolamnya sering dijadikan spot foto bawah air nan kekinian oleh turis milenial.

9. Jembatan Akar

Berada di Pesisir Selatan, jembatan ini berada di Painan, Pesisir Selatan. Jembatan hidup yang melintasi Sungai Bayang ini berasal dari akar dua beringin yang saling bertautan.

10. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya salah satu spot favorit untuk menikmati malam di Kota Padang. Selain bersantai, kamu bisa nikmati semalam sembari membeli aneka jajanan seperti es kelapa muda, pisang bakar, roti bakar dan lainnya.

11. Museum Adityawarman

Berada di Kota Padang, di sini kamu bisa melihat arsip, peninggalan sejarah dan barang tempo dulu yang berhubungan dengan kebudayaan Minangkabau.

12. Janjang Seribu Bukittinggi

Berada di Bukittinggi, Janjang Seribu juga dijuluki Great Wall Mini nya Sumbar. Untuk menelusurinya kamu harus siapkan tenaga, karena akan melewati jalur tangga sepanjang 1 Km dengan rute naik turun.

13. Jam Gadang

Siapa sih yang nggak kenal dengan spot yang ikonik ini? Jam bersejarah yang disamakan dengan Big Ben di London ini berada di pusat keramaian Kota Bukittinggi.

14. Rumah Bung Hatta

Masih berada di Bukittinggi, kamu kunjungi juga rumah kelahiran Bung Hatta. Di sini kamu bisa melihat rumah dan ragam peninggalan Hatta sewaktu dia muda.

15. Rumah Inyiak

Destinasi sedang hits bagi pemburu spot Instagramable. Rumah Pohon Inyiak berada di Kelurahan Kayu Kubu, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Di sini traveler bisa berfoto dengan rumah mungil yang unik dengan latar Ngarai Sianok. Rumah Pohon Inyiak berada di kawasan Ngarai Sianok, lembah yang terkenal dengan kemolekannya di Bukittinggi.

16. Green House Lezatta, Bukittinggi

Green House Lezatta merupakan sebuah lokasi agrowisata mini yang berada di Bukittinggi, Sumatera Barat. Di sin terdapat beragam jenis bunga yang ditata sedemikan rupa, hingga terlihat enak di pandang.

Di sini traveler juga bisa berfoto sepuasnya di beberapa titik yang memang dipersiapkan untuk lokasi Instagramble. Di sini ada Rumah Hobbit, Rumah Barbie, Taman Bunga, dan juga cafe.

17. Kawasan Seribu Rumah Gadang

Liburan ke Sumatera Barat tidak lengkap rasanya bila tidak melihat rumah tradisional Minang, Rumah Gadang. Datang saja ke Kawasan Seribu Rumah Gadang berada di Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagau di Solok Selatan.

Sepanjang kawasan ini, kiri dan kanan jalan traveler hanya akan melihat Rumah Gadang saja. Kalau pernah menonton film Di Bawah Lindungan Kakbah, traveler tidak akan asing dengan rumah-rumah di sini. Karena lokasi ini pernah dipakai untuk syuting film.

18. Puncak Gobah

Jika kamu ingin melihat indahnya Danau Singkarak dari ketinggian, kamu bisa berkunjung ke Puncak Gobah yang berada di Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok.

Sesampainya di Puncak Gobah, traveler bisa melihat hamparan Danau Singkarak yang dikelilingi oleh perbukitan nan hijau. Di sini kamu juga bisa selfie di berbagai spot instagramable dengan latar Danau Singkarak.

19. Lembah Anai

Air terjun favorit warga Sumbar ini berada di jalan lintas Padang Pariaman arah Bukittinggi. Memiliki tinggi 35 meter, airnya mengalir langsung dari Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang. Air terjun ini pun masuk dalam Cagar Alam Lembah Anai.

20. Wisata pulau

Banyak pulau cantik yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga di Sumatera Barat. Antara lain Pulau Sirandah, Pulau Sikuai, pulau Cubadak, Pulau Pamutusan dan lainnya. Gampangnya, ambil aja paket wisata pulau yang sekarang banyak di tawarkan di media sosial.

21. Jembatan Lubuak Kuok.

Jembaran Lubuak Kuok, terletak di Jorong Balai Oli, Nagari Jawi-Jawi Guguak, Kecamaran Gunung Talang, Kabupaten Solok. Atau berjarak 4 Kilometer dari Tugu Ayam. Lokasi ini baik untuk berselfie ria dan memancing.

22. Masjid Tuo Kayu Jao.

Berusia lebih dari 400 tahun, dan sudah menjadi cagar budaya Sumbar. Terletak di bawah bukit dan berjarak 7 KM dari Arosuka, ibukota Kabupaten Solok.

23. Alam Sawah Pinang Sinawa.

Wisata Alam Sawah Pinang Sinawa, terletak di Jorong Pinang Sinawa, Nagari Jawi-Jawi Guguak, Kecamatan Gunung Talang atau perbatasan Nagari Gantung Ciri di Kecamatam Kubung, Kabupaten Solok, atau sekitar 10 KM dari Taman Tugu Ayam.

24. Kebun teh Kayu Jao dan Air Batumbuk.

Kebun teh Kayu Jao dan Air Batumbuk merupakan milik PTP N VI, dan bisa dinikmsti dari Lubuk selasih hingga Danau Kembar

(sumber detik.news/sym/fay)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda