Berita Ranah Minang Terkini
Indeks BeritaIndeks

Yayasan Generasi Peduli Sungai Nanam Gelar Jum’at Berkah


SOLOK, JN- Yayasan Generasi Peduli Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, menggeelar Acara Jum’at Berkah, yang bekerja sama dengan Karang Taruna serta perantau Sungai Nanam, Kegiatan Jum.at Berkah Perdana ini, direncanakan Jumat (5/8).


 Ketua Umum Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam  dan tim membagi-bagikan kue kotak dan snack di Masjid Raya Muhajirin Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti, Kab Solok 
Ketua team  Jum’at Berkah Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam, Asparina SP mengaku senang dan termotivasi untuk terus melakukan hal-hal terbaik, karena rasa  peduli dan ingin meraih berkah, bersama jamaah masjid yang ada di Sungai Nanam.
Dengan membagi-bagikan kue kotak. Dia berharap, kegiatan ini menjadi awal  program Jum”at berkah yang direncanakan untuk seluruh masjid yang ada di kenagarian Sungai Nanam.
“Jika Allah SWT memberikan kelancaran reski bagi team Berkah, tidak tertutup kemungkinan kita kembangkan sayap kita ke masjid masjid lain di bumi Alam Gumanti,” ujar Asparina.

Ketua harian Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam, Alimuddin 
menyampaikan ucapan Alhamdulillah dimana sejak berdiri Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam tahun 2019, hingga saat sekarang, terus berkontribusi terhadap masyarakat dengan beragam bantuan yang telah diberikan kepada  masyarakat  Sungai Nanam dan sekitarnya.


Diantaranya sudah 9 unit bedah rumah,15 unit kursi roda,2500 mushaf Al-Qur’an,150 sandal wudhuk,500 Paket sembako bagi lansia miskin,350 paket Alat tulis sekolah,Bantuan berobat ke beberapa rumah sakit, Bantuak biaya kuliah dan sekolah, serta bantuan lain.Ujar kepala Jorong Parak Tabu Sungai Nanam ini.Juga tokoh  muda masyarakat Sungai Nanam, Yang ikut merintis Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam, dan merasakan hal hal yang bermanfaat bagi masyarakat.


Sementara itu, Dewan Pembina Yayasan, Mulyono SC menyampaikan “Program sosial yang sering kita lakukan melalui yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam, membagikan bantuan untuk masyarakat di kenagarian Sungai Nanam dan sekitarnya. Ini sebagai bentuk peranan generasi muda nagari,ikut berkontribusi terhadap nagari,Ujar Putra Sungai Nanam yang pernah berdinas di KOSTRAD TNI AD ini .Namun Mulyono juga sangat berharap, jika kelak ada dermawan atau donatur yang memberikan kelebihan harta, dengan memberikan bantuan lebih terhadap program program Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam ini, Karena selama ini, lebih mengandalkan Infak, sadaqah, wakaf stimulan dermawan, Sehingga program terbatas, Semoga kelak juga mendapatkan bantuan pemerintah,atau perantau.

Baca Juga :
Bupati Gusmal Resmikan Masjid Al-Hidayah Jorong Pinang Sinawa


Sedangkan Ketua umum Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam, Masriwal Malin Bagindo juga mengatakan ucapan Alhamdulillah, Program Jum’at Berkah ini bisa terlaksana,tak terlepas dari Infak, sadaqah wakaf, para donatur dan dermawan,Kaum Muslimin dan muslimat dimanapun.
 Sehingga kegiatan berbagi untuk jamaah  masjid yang usai melaksanakan shalat Jum’at bisa terlaksana.


“Kami juga berharap program ini berlanjut dan mengajak para dermawan di manapun untuk bersama sama berbagi reski, Kita berharap keberkahan reski.membantu meringankan beban sesama,” papar Masriwal.
Disebutkannya, bahwa dengan berbagi makanan atau minuman bagi jamaah yang telah selesai melakukan shalat Jum.at berjamaah, InshAllah kedepannya juga direncanakan memberikan layanan kesehatan berupa cek kesehatan tensi,gula darah ,dan juga direncanakan program donor darah.
Untuk perdana dilakukan di Masjid Raya Muhajirin Sungai Nanam dan Masjid Lamo Istiqamah Sungai Nanam.
Sementara itu, ketua IKKSN (Ikatan Keluarga Kenagarian Sungai Nanam)  Jabodetabek dan sekitarnya, Salmanir Datuak Bandaro ketika dihubungi via telepon  mengatakan,”Kegiatan Jumat berkah ini sangat diterima masyarakat. Apalagi digelar di tempat yang berbeda setiap pekannya. 


”Mungkin hari ini ada juga masyarakat /jamaah yang belum makan sebelum berangkat, tapi mereka bisa memanfaatkan kue kotak untuk dimakan usia shalat Jum.at nanti. Alhamdulillah, kegiatan ini atas nama perantau sangat mengapresiasi dan akan ikut mendukung, Sehingga berjalan dengan baik,” kata Salmanir Datuak Bandaro.
Kegiatan Jumat Berkah ini Insyaallah akan terus digelar secara bergiliran dari masjid ka masjid yang ada di kenagarian Sungai Nanam dan sekitarnya. Hal itu bagian dari ungkapan rasa syukur kehadirat Allah SWT atas  terhadap nikmat Allah SWT yang tak terhingga.
Mengakhiri perbincangan,Team Jum.at Berkah yang diketuai oleh Asparina SP mengucapkan “Terima kasih kepada tim DPD Gerindra Sumbar yang terus melakukan kegiatan Jumat berkah ini. Meski jumlah yang belum seberapa dan tenaga yang terbatas, InshAllah kami akan terus melanjutkan kegiatan ini, Apalagi antusias nya dukungan dari berbagai pihak, agenda kita ini bisa terus berlanjut dan diterima masyarakat. Semoga program ini membawa berkah bagi kita semua.

Baca Juga :
Tim Safari Ramadhan Pertama Kunjungi Mushalla Darul Aliyah Jaro Batu

Bagi yang ingin berinfaq sadaqah wakaf uang tunai,bisa langsung ke rek Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam  Kecamatan Lembah Gumanti.*Rek BRI no rek:5542-01-027990-53-8*.Ujar Asparina SP didampingi ketua team Kesehatan Anis (jn01/Masriwal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.