SOLOK, JN- Para Walinagari terpilih se Kecamatan Gunung Talang yang sudah dilantik oleh Bupati Solok H. Gusmal pada Senin 20 Januari 2020 lalu, diserahterimakan, bertempat di Aula pertemuan Kantor Camat Kecamatan Walinagari, Rabu (22/1).

Tampak hadir pada acara tersebut, Kadis DPMN yang diwakili oleh Kabid Pemerintahan Nagari, Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Hj. Desnadevi Gusmal, Ketua GOW, Ny. Dahliar Yulfadri Nurdin, Camat Gunung Talang, Ketua TP PKK dan Walinagari se Kecamatan Gunung Talang.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Ny. Hjh. Desnadevi Gusmal, menyampaikan selamat bertugas kepada para walinagari dan Ketua TP PKK Nagari, semoga bisa bekerjasama yang baik dengan semua unsur, baik yang ada di nagari atau Pemerintah Kecamatan dan TP PKK kabupaten Solok.

“Kita berharap dengan disertijabkannya Walinagari dan TP PKK se Kecamatan Gunung Takang hari ini, bisa membawa perubahan untuk Nagari dan Kabupaten Solok khususnya, ” sebut Ny. Hjh. Desnadevi Gusmal.
Pihaknya juga meminta Ketua TP PKK nagari bisa membantu tugas suami demi suksesnya kemajuan sebuah nagari.

Sementara Camat Gunung Talang, Misran Masdagar, selain mengucapkan selamat bertugas kepada Walinagari dan Ketua TP PKK, juga berharap antara Walinagari dan Pemerintah Kecamatan bisa bersinergis dan selalu berkoordinasi dengan Kecamatan dan pemerintah Kabupaten, khususnya Dinas DPMN.

“Saya juga berpesan, Walinagari diminta teliti dalam mnggunakan dana desa atau dana Nagari yang jumlahnya sangat besar, agar tidak berbenturan dengan hukum,” tutur Misran Masdagar.

Walinagari dan perangkatnya agar berhati-hati dengan segala macam pungutan yang ada di nagari agar tidak berurusan dengan saber pungli atau pihak hukum.

Dijelaskannya, sebagai pihak yang diberi kewenangan penuh untuk melakukan monitoring penuh kepada Walinagari dalam menggunakan anggaran tersebut, meminta walinagari tidak ceroboh. Dana nagari yang, Bak Gula dengan semut, Nagari yang dulu “termajinalkan”, saat ini menjadi primadona sekaligus mendapat sorotan tajam dari banyak pihak, mulai dari pusat hingga ke daerah, serta oleh aparat penegak hukum, Media Masa, LSM, sampai kepada aparat pemerintahan nagari itu sendiri. “Dan masalah yang terjadi menunjukan indikasi negatif yang harus kita skapi bersama sebagai perbaikan untuk masa yang akan datang,” jelas Misran.

Adapun Walinagari se Kecamatan Gunung Talang yang disertijabkan adalah:

Walinagari Cupak: Fatmi Bahar
Walinagari Talang: Zul Fadri
Walinagari Air Batumbuk: Yuneldi
Walinagari Batang Barus: Syamsul Azwar
Walinagari Sungai Janiah: Syafridola
Walinagari Koto Gaek Guguak: Mardi Handerson
Walinagari Koto Gadang Guguak: Carles Camra (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here