Wakil Bupati Solok Panen Buah Melon di Muaro Pingai

0
51

SOLOK, JN- Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, hari Sabtu (12/10), melakukan panen raya Buah Melon di Dusun Alam Siang, Jorong Guci IV, Nagari Muaro Pingai, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok.

Panen buah Melon atau dikenal juga dengan Cucumis melo, L, adalah buah yang sangat digemari oleh masyarakat. Melon merupakan tanaman semusim yang tumbuh menjalar sebangsa mentimun.

Tampak hadir mendampingi Wabup Solok pada acara panen raya tersebut antara lain Kepala Dinas Pertanian Pemkab Solok yang diwakili oleh Kabid Holtikultura, Ir Andri, Camat Junjung Sirih, Herman, SH, Kapolsek Junjung Sirih Iptu Satrialis, SH, Ketua pemuda dan tokoh masyarakat setempat.

Salah seorang warga setempat, Desprianto Dewa, kepada Wakil Bupati Solok menyebutkan bahwa melon sebagai tanaman holtikultura yang dikembangkan ini merupakan terobosan baru dalam bidang pertanian di Junjung Sirih. Diketahui, selama ini para petani di daerah tersebut hanya menanam padi dan bawang.
“Kami berencana akan terus mengembangkan tanaman melon ke seluruh jorong yang ada di Muara Pingai ini, ” sebut Desprianto.

Sementara Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, memberi apresiasi dan sangat berterima kasih kepada masyarakat Muaro Pingai umumnya, khususnya masyarakat Jorong Guci yang mau berinovasi bertanam melon sebagai tanaman holtikultura,.

“Prospek tanaman ini sagat bagus dan buahnya mudah dipasarkan, karena rasanya yang enak dan mengandung banyak vitamin. Untuk itu, mari terus kita kembangkan tanaman ini, ” ujar H. Yulfadri Nurdin.

Wakil Bupati juga berharap, para petani pemuda atau kaum milenial bisa berperan dalam mengembangkan potensi Nagari, karena saat ini permintaan buah melon di pasaran cukup tinggi.

“Peluang tersebut hendaknya bisa dimanfaatkan para petani muda untuk membuka usaha, dan memajukan perekonomian Nagari. Mari menjadi petani yang canggih,” sebut H. Yulfadri Nurdin.

Wabup meminta kepada Dinas Pertanian, khususnya Kabid Holtikultura, untuk terus membina petani di Muara Pingai, karena buah tersebut tumbuh bagus di daerah itu. “Kalau bisa buah melon ini kita kembangkan di wilayah Solok bagian Utara ini,” tutur H. Yulfadri Nurdin (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda