SOLOK, JN- Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, hari Selasa (26/11), meninjau persiapan Pilwana Serentak di Kabupaten Solok, yang akan digelar Kamis 28 November 2019 bulan ini.

Peninjau persiapan Pilwana dimulai dari Nagari Batang Barus, terus ke Nagari Air Batumbuk di Kecamatan Gunung Talang dan selanjutnya terus ke Nagari Simpang Tanjuang Nan Ampek di Kecamatan Danau Kembar dan berakhir di Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti.

Pada setiap nagari yang dikunjungi, rata-rata nagari dan panitia Pilwana menyatakan bahwa nagari sudah siap menggelar Pilwana pada hari Kamis tersebut.

“Insyaallah Nagari Air Batumbuk sudah siap menggelar Pilwana dan pendistribusian logistik kotak suara sudah rampung, ” sebut Plt. Walinagari Air Batumbuk, Zullisno Anthony, kepada Wabup Solok, H. Yulfadri Nurdin.

Pihaknya menyebutkan bahwa daftar pemilih tetap (DPT) untuk nagari Batang Barus berjumlah sekitar 1900 orang.

Hal yang sama disampaikan ketua BPN Nagari Batang Barus, Jumahardi Malin Sati, bahwa Pilwana di Nagari Batang Barus juga sudah siap digelar.

“Alhamdulillah, untuk Pilwana Nagari Batang Barus, insyaallah sudah siap, ” ujar Jumahardi Malin Sati.

Sementara di Nagari Simpang Tanjuang Nan Ampek, Pj. Walinagari, Jon Herman juga menjelaskan bahwa secara umum Nagari Simpang Tanjuang Nan Ampek siap menggelar Pilwana serentak pada hari Kamis tersebut. Disebutkannya, jumlah DPT di Simpang Tanjuang Nan Ampek berjumlah sebanyak 6954.orang.

Sementara di Nagari Sungai Nanam juga menyatakan kesiapannya untuk menghelat Pilwana.

Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, pada setiap nagari yang dikunjungi berpesan agar semua pihak di Nagari ikut mensukseskan Pilwana serentak di Kabupaten Solok tahun 2019 ini.

“Saya juga berharap, agar pelaksanaan Pilwana serentak nantinya berjalan baik, aman, lancar dan kondusif, agar aktivitas masyarakat tidak terganggu. Berkompetisilah dengan baik dan saling menghargai proses dan terima dengan legowo siapa yang unggul,” sebut H. Yulfadri Nurdin.
Kepada panitia Pilwana diminta untuk berlaku adil dan tidak memihak kepada salah seorang calon.

Wabup juga menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh anggota P2WN yang sudah bekerja keras demi mensukseskan pelaksanaan Pilwana serentak di Kabupaten Solok yang akan digelar tanggal 28 November 2019 ini.

Ditambahkan Wabup, dalam pemenuhan prinsip demokrasi, pelaksanaan pemilihan wali nagari dilaksanakan dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Lantaran itu, sinergi stakeholder pemerintah dan seluruh elemen masyarakat agar pemilihan wali nagari serentak dapat terlaksana dengan aman, damai, lancar, tertib serta jujur dan adil.

Sebelumnya, Ketua P2WN Kabupaten Solok, Edisar, SH,M.Hum, juga sudah menjelaskan bahwa persiapan Pilwana di Kabupaten Solok sudah siap 98 persen.

“Sampai hari ini Persiapan dalam rangka menyambut Pilwana di kabupaten Solok sudah 98% ,baik itu dari segi logistik, keamanan dan hal lainya,” terang Edisar.

Dijelaskan Edisar, pendistribusian kotak suara maupun kelengkapan logistik Lainya sudah distribusikan sejak tanggal 25- 26 November 2019 untuk pelaksanaan Pilwana pada tanggal 28 november 2019.

Kepada seluruh panitia P2WN agar dapat melaksanakan kegiatan pilwana serentak ini dengan baik dan sukses, serta tidak berpihak kepada salah satu calon Walinagari. Lalu ia juga mengingatkan kepada Forkopimda, Forkopimcam dan pihak keamanan agar dapat menjaga ketentraman dalam pelaksanaan pilwana ini.

“Sosialisasi kepada masyarakat juga sudah dimaksimalkan, sehingga nantinya tidak ada gugatan-gugatan setelah pelaksanaan Pilwana. P2WN harus bersifat proaktif terhadap berbagai kemungkinan masalah yang timbul dalam pelaksanaan Pilwana serentak ini,” sebutnya (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here