Wabup Solok Tinjau Objek Wisata Pulutan di Nagari Taruang-Taruang

0
239

SOLOK, JN- Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, hari Senin (11/3) bersama SOPD terkait, mengunjungi objek Wisata Pulutan, yang terletak di Nagari Taruang-Taruang, Kacamata IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok.

Walinagari Taruang- Taruang, Iskandar dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan Bapak Wakil Bupati solok beserta rombongan yang telah hadir untuk meninjau objek wisata Pulutan ini. Disebutkan Walinagari Iskandar, Luas lokasi wisata Pulutan ini lebih kurang 70 hektar dan tanah ini sudah milik pemerintah nagari Taruang- Taruang dari tahun 2008 lalu.

Pihaknya juga menyebutkan bahwa akses jalan di nagari Taruang- Taruang menuju nagari Siaro- Aro, masih termasuk kategori jalan yang belum layak, dan saat ini jalan tersebut sudah selesai dibangun sejauh 6.200 km serta juga sedang dilengkapi dengan lampu penerang jalan. Untuk dilokasi wisata tersebut juga akan dipasang jaringan listrik.
“kita terntu berharap, semoga dengan adanya objek wisata Pulutan ini, akan mampu menunjang pendapatan Nagari untuk beberapa tahun ke depannya, minimal untuk 5 hingga 8 tahun ke depan,” jelas Iskandar.
Pihaknya berharap agar Pemkab Solok melalui Dinas Pariwisata, bisa memperhatikan lokasi wisata alam ini.

Sementara Wakil Bupati Solok dalam sambutannya juga memberi apresiasi kepada masyarakat dan Pemerintah Nagari Taruang- Taruang, karena dengan usahanya yang gigih dalam mengembangkan wisata di daerah. “Kami sangat mendukung program pemerintah nagari guna mewujudkan daerah yang maju dalam berbagai bidang. Untuk menunjang pariwisata di nagari Taruang- Taruang ini, kita akan mendatangkan investor, pengiat wisata Sumatera Barat serta Agen Travel agar lebih mudah dikenal dan berkembang,” jelas Yulfadri Nurdin.

Ditambahkan Wabup Solok, ada beberapa aspek yang mempengaruhi sebuah lokasi wisata, antara lain, akses jalan yang mana akan kita lebarkan menjadi 8 meter, pembebasan lahan, pengurusan (UPL) Upaya pengelolaan lingkungan kepada pemerintah pusat, Infrastruktur dan yang paling penting pelayana dari masyarakat setempat serta pengelolaan terhadap wisatawan.

“Pariwisata merupakan program unggulan kabupaten solok yang termasuk kedalam pilar ekonomi kerakyatan. Untuk itu saya minta walinagari dan Camat agar berkoordinasi dengan SKPD terkait untuk membangun Nagari. Kita juga nanti akan merangkul perantau- perantau yang sudah sukses di rantau untuk ikut berperan membangun kampung halaman demi kemajuan kita bersama,” tutur H. Yulfadri Nurdin.

Wabup juga mengajak agar mengebyarkan Nagari Taruang-Taruang ini menjadi salah satu destinasi wisata perkebunan dan pertanian agar lebih dikenal banyak masyarakat luar (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda