Wabup Solok Lakukan Pengawasan dan Pengarahan PSBB di Surian Sebagai Zona Merah

0
479

SOLOK, JN- Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, merupakan satu-satunya Nagari di bumi bareh Solok, yang masuk zona merahKasus positif terinfeksi Virus Corona (Covid-19).

Sebanyak 5 orang warganya, dinyatakan positif covid-19 dan itu merupakan satu keluarga, yang terdiri dari Ayah, isteri, anak, menantu  dan cucu.
 Sebanya 5 orang warga Jorong Gaduang, Surian, Kecamatan Pantai Cermin tersebut. dinyatakan positif Covid-19 dari hasil pemeriksaan di Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang.Satu dari 5 orang tersebut meninggal dunia. Sementara 4 orang lagi masih mendapat perawatan intensif di RDUP. Dr. M. Djamil Padang 

 “Ya kita ikut prihatin dan waspada bahwa telah terjadi penambahan masyarakat yang positif terinfeksi Covid-19 sebanyak 3 orang yang terdiri dari satu keluarga di Surian ini,” ucap Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, saat mengunjungi Nagari Surian, guna pengawasan dan pengarahan kepada masyarakat.

Pada kesemoatan itu, Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH meminta para kepala Jorong, Wali Nagari, untuk memantau dan mengawasi perantau atau warga yang datang dari Pelaku Perjalanan daerah Terjangkit (PPT) di wilayah Kabuupaten Solok, terutama di Surian.

Menurut Yulfadri Nurdin, segala upaya harus  dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona atau coronavirus disease (Covid-19), salah satunya mengawasi dan memeriksa setiap orang yang masuk ke wilayah masing-masing.
Setiap orang yang datang masuk ke wilayah Nagari Suriam harus dilakukan pengecekan di perbatasan nagari,” harap H. Yulfadr Nurdin.

Dusebutkan Yulfadri, dengan kondisi saat ini, kita perlu waspada dan harus melakukan pemeriksaan kepada setiap orang luar yang masuk dengan pemeriksaan suhu tubuh dan juga pendataan identitas.
“Apalagi saat ini sedang dilaksanakan PSBB dan harus dibuatkan posko di nagari dan difungsikan sesuai peruntukannya. Jangan sampai kita lengah dan pertahanan kita jebol. Lakukan cuci tangan dan selalu pakai masket,” tutut Yulfadri Nurdin.
Kunjungan Wabup ke Posko Nagari Surian, juga  sekaligus dalam ikut mengawasi dan pengarahan PSBB di posko-posko nagari Surian, bersama dengan wali Surian, Yusri dan ketua pemuda setempat dan Kadis Kominfo, Deni Prihatni. Selain itu Wabup juga nemberikan bantuan alat pengukur suhu dan APD kepada petugas posko.

Menurut Yulfadri Nurdin, yang bisa memantau dan mengatasi penyebaran tersebut adalah orang kampung itu sendiri, seperti melakukan pengawasan terhadap perantau yang datang.
“Saya meminta kepada pemuda, Kepala Jorong, Wali Nagari, atau pihak Kecamatan untuk terus memantau dan mengawasi daerahnya sendiri.
Setiap orang yang datang wajib dilakukan pengecekan suhu tubuh, dan itu hanya pemeriksaan sementara dan kalau ada yang memiliki suhu diatas 37, lakukan koordinasi dengan Puskesmas,” sebut H. Yulfadri Nurdin.

H. Yulfadri Nurdin juga berharap semua perantau dan warga masyarakat dapat bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19 cepat teratasi dan semua usaha dapat kembali buka serta normal kembali.
Berikut nama-nama inisial warga Surian yang positif Covid-19 adalah ER (52), Isteri dari almarhum SF, ME (31), menantu SF, RM (3) cucu dari SF dan MRZ (35) yang merupakan anak dari almarhum SF, yang sudah diisolasi mandiri  di rumahnya sejak dinyatakan positif corona satu minggi lalu (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here