Wabup Solok Kagum Dengan Gantung Ciri Dalam Upaya Pencegahan Covid-19

0
1640

SOLOK, JN- Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, hari Sabtu (4/4), ikut memantau upaya pencegahan Covid-19 ke Nagari-Nagari yang ada di Kabupaten Solok.
“Kita ingin tau sejauh mana persiapan dan antisipasi nagari dalam upaya pencegahan covid-19 yang dilakukan oleh nagari-nagari tentang antisipasi virus corona ini,” terang H. Yulfadri Nurdin.
Pada Survey tersebut, Wabup Kagum dengan Aturan di Nagari Gantung Ciri, dimana nagari tersebut meberapkan aturan ketat bagi warga yang keluar masuk ke nagari tersebut.
Dalam kunjungan ke Nagari Gantung Ciri, Kecamatan Kubung, Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, merasa kagum dengan aturan yang diterapkan oleh pemerintah Nagari Gantung Ciri, Kecamatan Kubung.

Seperti halnya yang dilakukan pemerintah Kabupaten Solok dengan mengawasi daerah perbatasan dengan cara melakukan pendataan, maka di Nagari Gantung Ciri hal inipun diterapkan.Setiap pintu masuk ke Nagari Gantung Ciri, juga dijaga ketat oleh petugas nagari. Semua kendaraan disemprot Cairan Disinfektan guna upaya Pencegahan COVID-19 masuk ke Nagari tersebut.
Selain itu, setiap warga yang keluar masuk juga didata dan harus cuci tangan dan kendaraanpun wajib Disemprot dengan Cairan Disinfektan, termasuk mobil Wakil Bupati Solok dan mobil dinas Camat Kubung.
“Upaya ini kita lakukan untuk mencegah covid-19 masuk ke Gantung Ciri dan juga dalam upaya mendukung himbauan Pemkab Solok,” sebut Walinagari Gantung Ciri, Drs. Hendry Yudha, kepada Wabup Solok, H. Yulfadri Nurdin dan Camat Kubung, Ricky Carnova.
Pihaknya menyebutkan, sedikitnya ada empat pintu masuk utama ke Gantung Ciri yang dijaga ketat di perbatasan, seperti di Pinang Sinawa, Kapalo Koto, Perbatasan Salayo dan Koto Hilalang.
“Kita juga mencatat para perantau dan mahasiswa yang pulang kampung, termasuk mereka yang pulang dari perjalanan luar daerah,” tambah Hendry Yudha.
Saat melakukan monitoring pelaksanaan pencegahan penyebaran virus Corona tersebut, Wabup meminta apa yang sudah diterapkan oleh Nagari Gantung Ciri, bisa diterapkan di nagari lain.
“Kalau dengan bersama, kita pasti bisa. Semiga saja Covid-19 ini cepat berlalu karena kita akan memasuki bulan suci Ramadhan,” terang H. Yulfadri Nurdin.Salah satu upaya Pencegahan penyebaran virus dilakukan dengan penyemprotan cairan disinfektan.

“Kita mulai percontohan ini dari Gantung Ciri, selanjutnya akan kita data lagi ke nagari lain,” tutur Yulfadri Nurdin.
Saat ini yang lebih tepat adalah pelaksanaan Kebijakan Work From Home (WFH), dan menghindari berkumpul dengan warga. “Kalau tidak mendesak, warga juga dihimbau tidak keluar rumah,” sebut Yulfadri Nurdin.
Wabup juga meminta pemerinrah nagari untuk meningkatkan kesadartahuan warga tentang Covid-19. Sehingga warga bisa lebih waspada.
“Virus ini tidak kelihatan dan bisa menimpa siapa saja. Yang terpenting saat ini jaga kebersihan dan ikuti aturan dari ahlinya, yakni himbauan pemerintah,” sebut Wabup (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here