SOLOK, JN- Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, memberi Apresiasi yang tinggi kepada Kelompok Tani (Keltan) Permata Jorong Tangah Padang Nagari Cupak, Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, Selasa (30/6), yang sudah memanfaatkan Eco Farming atau pupuk organik untuk tanaman padi keltan mereka.


Pernyataan itu disampaikan Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, saat mengjadiri Keltan Petmata turun ke sawah dengan menggunakan Pupuk organik Eco Farming,  Tangah Padang Cupak, Selasa (30/6).
Kelompok tani Permata atau Peduli Reformasi dan Masyarakat Tani, jorong Tangah Padang Cupak, merupakan binaan dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Gunung Talang dengan diketuai oleh Yetrianto, Sekretaris Afrizal Lelo Kayo dan Bendahara Hermingsen Delsa,Kelompok ini berangotakan 29 orang.

“Saya sangat mendukung dan memberi apresiasi yang tinggi kepada Keltan Permata dibawah binaan Balai Penyuluh Pertanian Gunung Talang yang sudah menerapkan Eco Farming atau Pupuk Organik untuk pertanian,” sebut H. Yulfadri Nurdin.
Disebutkan Yulfadri Nurdin, sesuai pengalaman yang yang pernah didengar, nantinya hasil pupuk organik Eco Farming sangat memuaskan bagi para petani karena hasil padi bisa  menjadi meningkat dan tanaman jadi tahan hama, lahan menjadi subur petani jadi makmur.

“Selain itu pupuk organik Eco Farming juga ramah Lingkungan dan bisa meningkatkan hasil panen sampai 100 persen,” seebut Yulfadri Nurdin.

Sementara Kepala BPP Gunung Talang, Nurnani, S.Pt, menyebutkan bahwa manfaat dan cara kerja  Eco Farming memiliki 13 Unsur HaraYang Membuat Tekstur Tanah Menjadi Subur. Diantaranya adalah 3 Unsur Hara Makro { N P K), 3 Unsur Hara Sekunder { S Ca Mg } dan 3 Unsur Hara Mikro { Cl , Mn , Fe , Cu , Zn , B ,Mo}


“Ke 13 Unsur Hara ini Diperlukan Oleh Tanah Sehingga Tanah Menjadi Subur Kembali,” sebut Nurnani.
Acara yang dimulai dengan pengarahan bertempat di rumah Bendahara Keltan Permata. Hermingsen Delsa dan dilanjutkan dengan aplikasi pupuk organik bertempat lahan keltan di dusun Bawah Durian, Jorong Tangah Padang Cupak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.
Tampak hadir pada acara tersebut Kadis Pertanian yang diwakili oleh Kabid Tanaman Pangan, Jumadi, tokoh masyarakat Cupak, Rizal Cardova dan lainnya (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here