Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Legum Berjalan Khidmat

SOLOK, JN- Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-77 di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok (Legum) berjalan Khidmat.

Upacara HUT RI yang juga dilaksanakan diberbagai wilayah Indonesia serta segenap masyarakat di seluruh penjuru Nusantara juga  memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

 Peringatan HUT Kemerdekaan RI kali ini terasa berbeda dari tahun yang lalu, suka cita dan kekhidmatan masyarakat dalam merayakannya, tidak terkecuali di Wilayah Lembah Gumanti.

Upacara Penaikan Bendera dimulai pukul 07.00 wib dan untuk tingkat kecamatan Lembah Gumanti dilaksanakan di  dua tempat. Untuk tingkat kecamatan Lembah Gumanti dihalaman Kantor Camat Lembah Gumanti, Alahan Panjang.

Sedangkan untuk tingkat nagari Sungai Nanam diadakan di Kapangan Aie Baluluak.

Camat Lembah Gumanti, Zulbakti,S.Pd bertindak selaku Inspektur Upacara pada Upacara. Sementara, bertindak selaku Komandan Upacara adalah Kapten Inf. Army P. Nasution dari Kodim 0304/Agam. Pada barisan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Tim Putih yang bertugas untuk menyelenggarakan penaikan bendera, terdiri dari Sania Indah Sevhiera yang ditunjuk sebagai pembawa duplikat bendera pusaka, didampingi Najwa Latifa, Muhammad Al Latief sebagai pengibar bendera, dan Luthfi Syahbandi Putra selaku penggerek bendera. 

Camat Lembah Gumanti setelah selesai pelaksanaan Upacara Penaikan Bendera ungkapakan harapan atas segera pulihnya aspek ekonomi Indonesia  dan kesehatan masyarakat.
 Apalagi dengan motto HUTRI ke 77 tahun 2022 “ Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, tentu sebagai masyarakat Indonesia diamanapun berada  berharap aspek ekonomi dan kesehatan dapat segera pulih,bangkit dan lebih kuat sesuai semangat Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,”.
Suasana di halaman dan lapangan kantor Camat Lembah Gumanti, dioenuhi Ribuan Siswa-siswi dari nagari Alahan Panjang, Aie Dingin, Salimpat Kecamatan Lembah Gumanti yang terdiri dari berbagai sekolah dan madrasah tingkat SD/MI-SLTA yang ada di wilayah Kecamatan Lembah Gumanti serta Mahasiswa KKN dari Unand dan Bung, UIN, UNP, UNES, UNITAS, STIKES dan beberapa perguruan tinggi lainnya.
Selain itu para Guru dan tenaga pendidik,ASN, PTT, GTT dari berbagai Instansi dikecamatan Lembah Gumanti. Mereka   tergabung pada tim Pawai karnaval HUTRI ke 77, dengan rute dari terminal Alahan Panjang hingga kantor Camat Lembah Gumanti.

Baca Juga :
Di Nagari Salayo Muncul KAN Tandingan Yang Sangat Meresahkan Masyarakat

“Kegiatan lomba pawai HUTRI ke 77  ini merupakan kegiatan memeriahkan hari ulang tahun Republik Indonesia ke-77 pada 17 Agustus 2022,” sebut Zul Bhakti.

Semetara itu dari lapangan hijau Aie Baluluak Sungai Nanam, upacara yang berlangsung khidmat dengan Inspektur Upacara Wali nagari Sungai Nanam, Delfi,S.Sos.
Dalam sambutannya, Wali nagari Sungai Nanam, Delfi,
menyatakan salam kemerdekaan dan ungkapan harapan atas segera pulihnya aspek ekonomi Indonesia  dan kesehatan masyarakat.


 Sebagai masyarakat Indonesia diamanapun berada, kita berharap aspek ekonomi dan kesehatan dapat segera pulih,bangkit dan lebih kuat sesuai semangat Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

Baca Juga :
Bupati Epyardi Asda Resmian Kampung Rendang di Nagari Koto Gaek Guguak

“Semoga masyarakat nagari Sungai Nanam tetap selalu menjaga persatuan dan kesatuan, kompak selalu,” ujar Delfi.

Salah seorang Pengurus yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam, Alimuddin,Juga sebagai kepala jorong Parak Tabu, yang ikut serta dalam kegiatan menyampaikan bahwa  semangat dan senyum ceria, yang luar biasa terpancar dari seluruh peserta ini menandakan telah mulai pulih dan bangkitnya masyarakat dari suasana pandemi covid 19.
“Selama Dua tahun berlalu kita harus merayakan HUT RI dengan sederhana. Kita tidak bisa berkumpul serta mengadakan keramaian,karena wabah covid 19. 


Maka mari kita syukuri nikmat Allah SWT ini,dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta terus ikut berkontribusi bagi nusa dan bangsa,vserta agama,” papar Alimuddin (jn01/masriwal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.