Berita Ranah Minang Terkini
Indeks BeritaIndeks

Ratusan Pemuda dan Masyarakat Ujung Ladang Gelar Goro Masal Perbaikan Irigasi Pincuran Gadang


SOLOK,  JN– Ratusan masyarakat dan Pemuda Ujung Ladang, Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, menggelar Gotong royong (Goro) Masal Perbaikan Irigasi Pincuran Gadang atau Pincuran Sakti di Korong Ubun-Ubun, Senin 6/6).


Goro melubatkan tua muda,  kaum wanita dan pemuda nagari. 

Goro Masal tersebut dalam rangka Perbaikan Irigasi Pincuran Gadang atau pincuran sakti,  Jorong Ujung Ladang yang mempunyai potensi wisata berupa Danau tuo, Pincuran Sati, Puncak Gabuih, Air Terjun Congkong dan Air Terjun Batu Pipih.
“Karena itu kita himbau kepada warga untuk bergotong royong membersihkan saluran kali, parit-parit dan selokan yang tersumbat, sehingga air bisa mengalir lancar saat hujan turun,” ucapnya, Ketua pemuda Ujung Ladang,  Trio Karno Vivo. 


Pihaknya juga menghimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. 
Untuk menggalakkan goro, juga disembelih seekor kambing untuk dimakan bersama-sama seusai goro. Acara tersebut juga bisa semakin mempererat tali silaturrahmi antar warga sekitar. 
 Menurut Trio Karno Vivo, dengan terjaganya kebersihan drainase, maka genangan air pasca hujan bisa diminimalisir.


“Menjaga kebersihan drainase ini bukan hanya tanggungjawab pemerintah, tapi tanggungjawab kita bersama,” tambah Trio Karno Vivo,  pengusaha Muda tersebut. 

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Solok,  Evia Vivi Fortuna, ST, MM menyebutkan, jika dalam pembersihan drainase membutuhkan alat berat, warga bisa mengajukan permohonan ke pihaknya di Dinas PUPR. 


“Bagi masyatakat yang membutuhkan alat berat,  caranya cukup dengan mengirim surat permohonan ke PUPR, minimal satu minggu sebelum hari pelaksanaan atau hari H,” ujarnya Evia Vivi Fortuna (wandy

Exit mobile version