Rakor dan Sosialisasi Program Kegiatan Pembangunan Nagari Kabupaten Solok 2018

0
667
SOLOK, JNPemerintah Kabupaten Solok, menggelar acara Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Program Kegiatan Pembangunan Nagari Kabupaten Solok 2018, bertempat di ruang Pelangi, Kantor Bupati Solok, Rabu (10/1). Acara tersebut dibuka oleh Bupati Gusmal, dengan dihadiri oleh Sekretaris Daerah, H. Aswirman, S.E., M.M, Assisten I Pemkab Solok, Edisar, S.H., M.Hum, Kepala Barenlitbang, H. Dusral, S.E., M.M, Kepala DPMN, Medison, S.Sos., M.Si, para OPD terkait, seluruh Camat, Wali Nagari beserta BMN se-Kabupaten Solok.

Ketua pelksana acara, Medison, S.Sos., M.Si, dalam laporannya menyebtkan bahwa dengan adanya kegiatan rakor dan sosialisasi ini, semua informasi bisa diterima seluruh wali nagari lebih awal. “Kegiatan ini juga bertujuan melahirkan persamaan persepsi sehingga melahirkan kebijakan utama yang sama dalam menetapkan APBD lebih awal,” jelas Medison.

Disebutkannya, peserta kegiatan ini ialah seluruh camat, wali nagari serta BMN yang ada di selingkup pemerintahan kabupaten Solok. Dia juga menyebutkan bahwa Realisasi dari penyaluran dana desa sudah terlaksana 100 persen dan dari seluruh kebijakan daerah tentang fasilitas nagari, pemkab Solok menjadi salah satu yang terbaik dalam transparansi keuangan nagari.

Kepala Barenlitbang, H. Dusral, S.E., M.M, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam mengelola dana desa, semua unsur di Nagari harus bersinergis dan tidak ada lagi saling mencurigai. “Kalau ada persoalan di nagari, mari musyawarhkan dengan cara yang beretika dan tidak langsung dibawa ke ranah hukum. Marilah kita bersatu dalam membangun nagari untuk kedepannya,” jelas Dusral.

Sementara Bupati Solok, H. Gusmal dalam arahannya menyampaikan bahwa melalui momentum ini pihaknya berharap dapat sebagai media memberikan informasi lebih awal terhadap seluruh program dan kegiatann yang akan dilaksanakan nagari. “Tujuan dari program ini yang salah satunya dalah untuk pengentasan atau pengurangan kemiskinan di nagari sekaligus membangun nagari secara bersama.

Saya berharap seluruh peserta yang terlibat dapat  memanfaatkan momentum ini dengan baik, sebab banyak informasi yang akan diberikan,” jelas H. Gusmal.

Bupati juga menekankan agar semua yang hadir bisa  memiliki pmikiran yang strategis agar semua kegiatan dapat berjalan lancar serta berharap kepada nagari serta kita smua dapat bekerja sesuai dg peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, karna semua lembaga saat ini melirik ke nagari/desa berdasarkan hasil laporan inspektorat.

“Kepada seluruh unsur yang terlibat diharapkan menjalankan fungsi masing-masing dan bersinergi membangun nagari serta saling meningkatkan bimbingan, pembinaan dan monitoring terhadap pelaksanaan pemerintahan nagari,”pungkas Gusmal (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here