Perantau Sibarambang Perkokoh Persatuan Demi Nagari

0
134

SOLOK, JN-Para perantau Sibarambang, Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok menggelar acara pulang basamo, lebaran 1440.Hijriah.

Kegiatan pulang basamo kali ini mengambil tema “Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Demi Sibarambang Yang Lebih Baik”.

Rangkaian kegiatan Pulang Basamo ini dilaksanakan mulai H-1 sampai H+4 berpusat di Pasar Kamis Jorong Karimbang Sibarambang. Tujuan acara pulang basamo ini adalah untuk menyatukan visi semua elemen masyarakat baik dirantau maupun dikampung halaman demi memajukan nagari kearah yang lebih baik.

Berbagai acara digelar oleh panitia pelaksana mulai dari upacara penyambutan yang diiringi tari pasambahan, penampilan minat dan bakat anak nagari, tabligh akbar dan musyawarah besar (Mubes).
Penampilan minat dan bakat digelar selama 2 hari yaitu Kamis dan Jum’at yang menampilkan randai dan selawat dulang. Pada hari Sabtu sebagai puncak acara panitia menggelar Musyawarah Besar (MUBES) Perantau Sibarambang.
Dalam mubes tersebut hampir seluruh tokoh-tokoh hadir.

Agenda Mubes perantau yang dibuka oleh Sekcam X Koto Diatas, Bambang, SH, dimana dalam arahannya menyampaikan bahwa pemerintah kecamatan X Koto Diatas sangat mendukung terhadap rencana dan niat dari seluruh masyarakat Sibarambang. “Memang dalam memajukan sebuah nagari perantau harus mengambil peran karena dana nagari yang cukup besar pada hari ini sudah ada peruntukannya sesuai peraturan yang berlaku,” sebut Rudi Hartono.

Ketua Panitia Pulang Basamo Nagari Sibarambang, Gusril, S.Pd, MM menyampaikan bahwa kegiatan ini kita gelar untuk menyatukan tekad kita membangun Sibarambang. “Kalau kita bahu membahu tidak ada yang tidak bisa kita lakukan,” jelas Gusril.

Sementara Ketua KAN Sibarambang Jaswir Dt. Rajo Bandaro, mengajak seluruh perantau agar mau berinvestasi dikampung halaman dengan memanfaatkan lahan tidur untuk menopang ekonomi kerakyatan.

Sementara itu ketua BPN Sibarambang Masriful Ali, S.Ag sangat mengapresiasi partisipasi perantau agar mau hadir dalam kegiatan Pulang Basamo.

Sedangkan Wali Nagari Sibarambang, Rudi Hartono menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat baik dirantau dan dikampung yang telah berusaha maksimal mensukseskan agenda Pulang Basamo.

“Kita sangat senang dan bangga terhadap antusias masyarakat rantau dan anak nagari yang ada dikampung halaman. Dan kita juga minta maaf jika layanan panitia kurang berkenan dihati perantau dan masyarakat umumnya,” jelas Rudi Hartono.

Dalam proses musyawarah besar (Mubes) tersebut dilaksanakan beberapa sidang pleno yang dipimpin oleh Ruspel Aiga, S.Pd.
Dalam rangkaian kegiatan pleno pimpinan sidang meminta beberapa pandangan umum baik dari tokoh masyarakat dan juga delegasi rantau.
Dalam pandangan umumnya tokoh masyarakat H.Nursyamsu, St. Bandaro, S.Pd, MM sangat mendukung adanya wadah pemersatu antara anak rantau dan anak nagari yang ada dikampung. “Mari kita bersatu padu membangun nagari” tambah beliau. Tokoh lain yang hadir yakni H.Marson, St.Kayo, S.IP. Beliau mengajak seluruh masyarakat Sibarambang untu bersatu memajukan nagari. “Mari kita kejar ketertinggalan kita dari nagari lain” imbuh beliau yang keseharian juga sebagai anggota DPRD Kab. Solok.
Disaat yang sama juga hadir dr.H. Asmairizal. Beliau juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyatu dalam satu wadah organisasi sosial untuk mendorong kemajuan kampung halaman. “Mari kita bergerak secara sosial dan jangan sekali-kali organisasi ini kita jadikan sebagai partisan partai politik atau kepentingan politik tertentu” sambung Pak Ce yang juga pernah menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kab Solok.
Delegasi perantau yang menyampaikan pandangan adalah Saidul Bahri, SH dari Padang, Bundarman dari Rantau Panjang, Maryulis, S.Kom dari Riau, Bujang dari Dharmasraya, Jufrisal, SH, MM dari Solok. Semua delegasi menyatakan sangat mendukung keberadaan organisasi sosial anak nagari demi menopang pembangunan dikampung halaman.

Selanjutnya sidang pleno ke-3
forum musyawarah juga menyepakati pengurus DPP IKBS yaitu Jufrisal S.H, MM Ketua, Sekretaris Ruspel Aiga, S.Pd dan Murlis Herlina, M.PdI sebagai Bendahara. DPP ini akan menyelesaikan terkait administrasi selama 6 bulan kedepan dan juga mendorong berdirinya DPC kab/kota (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda