Perantau dan Niniek Mamak Duduk Baropok, Lahirkan Ide-Ide Untuk Membangun Nagari

0
89

SOLOK, JN- Duduak Baropok antara perantau dan pemuda serta niniek mamak di Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, akhirnya melahirkan beberapa ide dan gagasan sebagai pedoman dalam membangun nagari Koto Baru kedepannya.

Hal itu terjadi di Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Hasil dari acara duduak baropok tersebut, dimulai saat perantau nagari Koto Baru pulang basamo usai lebaran Fitri lalu. Kesimpulan dari acara duduak baropok tersebut, Minggu (22/9), dituangkan secara resmi dalam sebuah pertemuan bertempat di Kantor Wali Nagari Koto Baru, Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok.

Tampak hadir pada acara tersebut antara lain Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, Camat Kubung, Ahpi Gusta Tusri, S.STp, M.SI, Pj. Wali Nagari Koto Baru, Herlinovi, S.Sos Beserta Jajarannya, Tokoh Perantau, Prof. Dr. Ir. H. Irsal Las Dt. Pintu Basa, Ketua FMPN Pasneldi, Ketua Perwako, Ir. H. Johnni Dt. RajoSulaiman, Ketua Pemuda, Yutiswandi, Niniak Mamak Alim Ulama dan Cadiak Pandai serta undangan lainnya.
Dalam laporannya, Ketua panitia pelaksana, Joni Akhiar, SH, MM, menyebutkan bahwa kegiatan ini adalah rangkaian dari kegiatan pulang Basamo nagari Koto Baru tahun 2019, yang mana meliputi 8 kegiatan yakni Expo produk khas koto baru, Duduak baropok, Jalan santai, Balek Balekan di lokasi wisata bagurau, Malam takbiran, Penanaman pohon pelindung, Pembagian bibit gratis buah buahan dan Pemberian sumbangan kepada beberapa mushala yang ada di nagari Koto Baru.

“Kegiata duduak baropok dilaksanakan pada tanggal 7 Juni 2019 dengan 4 orang Nara sumber/pembicara guna mencari ide yang baik untuk membangun nagari, ” sebut Joni Akhiar.

Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, dalam arahannya menyebutkan bahwa rumusan dan pokok-pokok pikiran yang dilahirkan oleh para tokoh nagari, ini merupakan hal yang luar biasa atas kepedulian para tokoh dan cadiak pandai terhadap nagari Koto Baru.
“Diharapkan dengan adanya rumusan duduak baropok ini, maka semua potensi sumber daya manusia yang ada, baik yang di nagari maupun yang diperantauan bisa mewujudkan nagari Koto Baru yang menuju perubahan kearah yang lebih baik lagi,” Sebut H. Yulfadri Nurdin.
Disebutkannya, sebagaimana melihat dari sejarah banyaknya tokoh tokoh nagari koto baru yang menjadi orang orang yang sukses baik di pemerintahan, di legislatif, di yudikatif dan pengusaha sukses.

Tokoh masyarakat Koto Baru, Herlinovi
menyebutkan bahwa kegiatan ini akan bisa menjadi acuan bagi pemerintah nagari dan khusus bagi wali nagari yang defenitif nantinya sebagai pedoman menjalankan amanah dan mandat dari masyarakat Koto Baru.
“Sekali Lagi kami berharap pada wali nagari defenitif yang terpilih nantinya, mari kita pedomani hasil dari duduak baropok yang dilahirkan oleh para tokoh masyarakat untuk masyarakat koto baru yang kita cintai ini,” sebut Herlinovi.
Pihaknya juga menyebutkan bahwa kita di Kabupaten Solok akan melakukan pilwana serentak khususnya untuk masyarakat nagari Koto Baru mari kita jaga situasi yang kondusif, jangan jadikan pilwana sebagai ajang perpecahan antara kita badunsanak.

Tokoh Perantau, Prof. Dr. Ir. H. Irsal Las Dt. Pintu Basa, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini wujud dari keprihatinan dan perhatian para perantau Perwako khususnya untuk nagari Koto Baru. “Kegiatan ini sudah lama direncanakan dan sudah pernah dilaksanakan, tapi belum maksimal. Alhamdulillah pada tahun ini berkat kerjasama dan kerja keras rekan rekan di nagari Koto Baru, yaitu sinergisitas antara Forum Peduli Masyarakat Nagari dan pemuda, maka kegiatan ini bisa terlaksana sampai pada tahap ini,” sebut, H. Irsal Las Dt. Pintu Basa.

Reporter : danda rs
Editing. : ujang jarbat

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda