Jembatan Sudah Darurat: Pemuda Sawah Sudut dan Polsek Bukit Sundi Tutup Jalan Menuju Koto Baru

0
335

SOLOK, JN- Jembatan yang berada di Sawah Sudut Jorong Balai Pinang Nagari Muaro Paneh Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok ditutup oleh pemuda dan masyarakat setempat, Senin, 22 Juli 2019 sore. Hal itu terpaksa dilakukan karena ada insiden yang nyaris memakan korban jiwa.

Sore itu, ditengah gerimis, ada pengendara roda empat yang melintasi jembatan dengan kecepatan tinggi dan diduga tidak mengetahui kondisi jembatan. Kemudian, ketika melihat jembatan rusak, ia mendadak mengerem mobil Xenia yang dikendarainya. Gerakan mendadak itu disambut oleh balok yang menjadi lantai jembatan hingga balok itu terpental ke dinding WC yang ada di Komplek Mushalla Nurul Iman Palompang, tepat disamping jembatan, beruntung tidak ada warga yang terkena. Demikian cerita Dori Rahman, A.Md selaku Ketua Pemuda Sawah Sudut, Rabu sore (24/7)

“Belajar dari insiden tersebut, membuat pemuda dan masyarakat berinisiatif untuk menutup jembatan itu dengan menumpuk batu di ujung jembatan pertanda kendaraan roda empat tidak boleh melintasinya, karena sangat berbahaya bagi pengendara, ” sebut Dori.

Bak gayung bersambut, usaha menutup jembatan itu kemudian diketahui oleh aparat keamanan dari Polssk Bukit Sundi. Sehari kemudian, Kapolsek Bukit Sundi IPTU Thamrin langsung datang bersama anggotanya Aiptu. Afrianto, SH, MH, ke jembatan tersebut.

Aparat keamanan itu kemudian menganalisa dan langsung memberikan police line di separoh badan jalan.

Jembatan ini sudah rusak parah, perlu diberi police line agar pengendara tidak melintasi jembatan ini, untuk sementara sebaiknya jembatan ditutup buat roda empat,” kata Kapolsek Iptu Thamrin.

Diterangkan oleh Kapolsek, pihaknya akan memonitor kondisi jembatan ini agar tidak ada pengendara roda empat yang nekat melewatinya.

“Kami akan datang lagi untuk memantau jembatan ini supaya police line yang terpasang tidak dibuka oleh pengendara, kemudian kita libatkan pemuda dan masyarakat setempat untuk menjaga situasi lalu lintas tetap kondusif meskipun jembatan ditutup,” ucap Kapolsek dengan senyum ramahnya yang direspon oleh warga setempat.

M. Alfi Fachrezi (17) anak pemilik warung disamping jembatan mengatakan akan mengingatkan pengendara yang nekat melintasi jembatan itu.

Nanti kami akan memberitahu kepada pengendara bahwa jembatan ini ditutup, pak,” ucap Alfi (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here