Pemkab Solok Launching Pemilihan Walinagari Serentak Tahun 2019

0
132

SOLOK, JN- Pemkab Solok menggelar acara
Launching Pemilihan Walinagari Serentak Tahun 2019, bertempat di Ruang Solok Nan Indah Kantor Bupati Solok, Jumat (27/9).

Tampak hadir pada acara launching tersebut Bupati Solok, H. Gusmal, Asisten dan Staf Ahli Bupati,
Sekda Kabupaten Solok, Aswirman, Kepala SKPD di Lingkup Pemkab Solok
Kapolres Solok Arosuka, AKBP Ferry Irawan, Kajari Solok, Dandim 0309/Solok
Camat dan Wali Nagari se Kabupaten Solok, unsur Forkopimda dan Forkopimcam, Ketua P2WN Kecamatan dan Nagari se Kabupaten Solok serta undangan lainnya.

Ketua P2WN Kabupaten Solok yang juga Asisten Koordinator Bidang Pemerintahan Edisar dt. Manti Basa, dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan pilwana serentak ini dilaksanakan karena sudah banyak wali nagari yang berakhir masa jabatannya pada akhir tahun 2019.
Sedikitnya ada 54 Nagari di Kabupaten Solok yang akan ikut dalam Pilwana serentak ini.

Jumlah Balon Walinagari yang akan ikut Pilwana serentak 2019 di Kabupaten Solok adalah sebanyak 295 orang. Bahkan 20 Nagari ada bakal calon yang lebih dari 5 orang dan melebihi yang target dimana satu nagari calon paling banyak hanya 5 orang, bahkan ada bakal calon yang sampai 15 orang. Hal ini perlu dilakukan seleksi bagi si calon, hingga dutemukan 5 orang.

Penetepan bakal calon wali nagari nantinya harus melalui berbagai tahapan seleksi dan tes.

Bupati Solok, H. Gusmal, dalam arahannya berharap agar nagari yang mengikuti Pilwana serentak ini dapat menghasilkan pemimpin nagari yang bijaksana dan bertanggungjawab.

“Saya berharap agar jangan ada intervensi dari berbagai pihak dalam pelaksanaan Pilwana ini. Saya juga berpesan kepada seluruh panitia P2WN agar dapat melaksanakan kegiatan pilwana serentak ini dengan baik dan sukses,” cetus H. Gusmal.

Bupati juga berpesan kepada unsur Forkopimda dan forkopimcam, pihak keamanan dan lainnya, agar dapat menjaga ketentraman dalam pelaksanaan Pilwana ini.

“Laksanakan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga nantinya tidak ada gugatan-gugatan setelah pelaksanaan Pilwana ini, ” harap H. Gusmal.

Bupati meminta agar P2WN dapat memastikan pelaksanaan Pilwana ini sudah sangat rampung, baik berkaitan dengan biaya, logistik dan hal lainnya.

Kepada seluruh calon Walinagari, Bupati juga berpesan kepada seluruh calon walinagari dapat menerima hasil Pilwana ini dengan baik dan besar hati serta berharap calon wali nagari terpilih nantinya dapat memberikan yang terbaik bagi nagari dan daerah, serta dapat menunjang kemajuan nagari dan memprioritaskan kepentingan masyarakat umum/nagari.

Kepada Walinagari yang menjabat saat ini, agar dapat mengawasi pelaksanaan kampanya agar berjalan damai dan baik
Sementara P2WN harus bersifat proaktif terhadap berbagai kemungkinan masalah yang timbul dalam pelaksanaan pilwana serentak ini.

“Kepada camat agar selalu berkomunikasi dengan Forkopimcam, demi suksesnya Pilwana di Kabupaten Solok, ” sebut H. Gusmal

Reporter : Randa RS
editor. : ujang jarbat

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda