Pemkab Solok Gelar Rapat Persiapan Pilwana Serentak Tahun 2019 di DPMN

0
48

SOLOK, JN-Pemerintah Kabupaten Solok, hari Senin (9/9), menggelar rapat persiapan Pilwana serentak, bertempat di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN), Kabupaten Solok, di Arosuka.
Tampak hadir pada acara tersebut Asisten Koordinasi Bidang Pemerintahan yang sekaligus Ketua Panitia Pemilihan Wali Nagari, P2WN) , Edisar, SH. M.Hum, Kepala Inspektorat, Hermantias, Kadis DPMN Kabupaten Solok, Si Is, SP, Kasat Pol PP dan Damkar, drs. Efriadi, MM dan undangan yang hadir.

Dalam sambutannya, Ketua DPMN, Edisar, mengajak seluruh tahapan pelaksanaan pemilihan walinagari serentak ini pada prinsipnya sudah di setujui oleh Bupati Solok. “Mengingatkan seluruh panitia dan pihak terkait agar disiplin terhadap seluruh tahapan yang telah dibuat dan ditetapkan. Pilwana akan dilaksanakan di akhir November 2019 dan akan dilantik di januari 2020 sesua perencanaan,” sebut Edisar.
Pihaknya mengajak segera siapkan segala hal-hal yang berkaitan dengan persiapan pelaksanaan pilwana, seperti logistik pilwana dan tepat waktu.
“Seluruh panitia diminta untuk bertanggungjawab sesuai bidangnya masing-masing.

Kepala DPMN Kabupaten Solok, Siis, SP, menyebutkan bahwa tahun 2019 ini setidaknya ada 53 Nagari Kabupaten Solok yang akan akan ikut Pilwana serentak.

“Dari 74 Nagari yang yang ada di Kabupaten Solok, sebanyak 53 nagari akan ikut pemilihan nagari serentak pada November mendatang,” jelas Siis, SP.

Selain itu, masa jabatan walinagari ada yang sudah berakhir bulan September tahun ini, ada kekosongan walinagari. Bahkan ada nagari yang bakal dilaksanakan Pilwana serentak sudah mulai mengapungkan bakal calon wali nagarinya.

Setidaknya sebanyak 52 Walinagari berakhir masa jabatanya, dan satu Walinagari mengundurkan diri.

Siis, SP, berharap, semua pihak bisa mensukseskan Pilwana ini dan semua nagari memperoleh walinagari walinagari yang berkualiatas sesuai dengan kehendak masyarakatnya

Dia menjelaskan, adapun nagari nagari yang akan menggelar Pilwana serentak adalah, satu Nagari dalam kecamatan Junjung Sirih yaitu Nagari Muaro Pingai dan Satu Nagari Di Kecamatan Bukit Sundi Nagari Dilam, Satu Nagari Di Kecamatan Danau Kembar Nagari Simpang Tanjung Nan Ampek, dan di Kecamatan Lembah Gumanti nagari Sungai Nanam.

Berikutnya Sembilan Nagari dalam Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, yakni Nagari Bukit Bais, Guguak Sarai, Indudur, Koto Laweh, Pianggu, Siaro-aro, Sungai Durian, Sungai Jambur dan taruang-Taruang.
Selanjutnya Enam Nagari dalam kecamatan Gunung Talang, yakni Nagari Koto Gadang Guguk, Koto Gaek Guguk, Talang, Sungai Janiah, Cupak, Batang Barus dan Air Batumbuk dan hanya satu nagari yang tidak ikut yakni Nagari Jawi-Jawi.

Selanjutnya, dalam kecamatan Kubung Enam Nagari yakni, Gantung Ciri, Gauang, Koto Baru, Koto Hilalang, Saok Laweh dan Tanjung Bingkung

Berikutnya di Kecamatan Lembang Jaya ada enam nagari yaitu, Batu Bajanjang, Batu Banyak, Koto Gadang Koto Anau, Koto Laweh, Limau Lunggo, dan Bukik Sileh Salayo Tanang.

Di Kecamatan Pantai Cermin satu nagari yakni Surian, di Kecamatan Payung Sekaki ada dua Nagari yakni, Sirukam dan Supayang dan di Kecamatan Tigo Lurah ada tiga nagari yaitu Garabak Data, Tanjung Balik Sumiso dan Rangkiang Luluih.

Dan dalam Kecamatan X Koto Diatas ada nagari Bukik Kanduang, Katialo, Kuncir dan Labuah Panjang.

Sementara dalam kecamatan X Koto Dibawah ada nagari Saniang Bakar, Singkarak, Tanjung Balik, Kacang, Sumani, Tanjung Alai, dan Tikalak (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda