SOLOK, JN- Pemerintah Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok dan para perantau, melakukan penggalangan dana atau Berdoncek untuk membantu mengobati seorang Warganya yang terkena penyakit Liver atau Perutnya Membuncit.

Walinagari Surian, Yusri, kepada Koran Padang, Rabu (12/2), menyebutkan bahwa karena terpanggil rasa kemanusian, Pemerintahan nagari Surian beserta perantau dan dibantu pemerintah kecamatan Pantai Cermin, bersinergi membantu masyarakat miskin untuk berobat.

“Ya kita dari pemerintah nagari menginisiatisi pertemuan dengan para perantau dan pemerintah kecamatan, bagaimana warga kita yang kena penyakit perut membuncit ini bisa kita obati, ” terang Yusri.

Sebagai walinagari, Yusri, pihaknya terpanggil hatinya untuk berbuat yang terbaik bagi masyarakatnya.
“Kita akan terus berbuat dan membantu masyarakat miskin untuk bersama-sama memikirkannya. Sebab kita adalah pelayan masyarakat,” sebut Yusri.

Adapun warga Nagari Surian yang terserang penyakit Liver bernama Maidarnis (42), warga Kampuang Timbarau Jorong Dalam Koto, Nagari Surian, sudah memiliki 3 orang anak. Sementara Suaminya Nadi bekerja sebagai petani dan mereka tergolong keluarga kurang mampu. Perut Maidarnis terus membuncit hingga melebihi 4 kali ukuran kepalanya.

Dijelaskan Yusri, Pemerintahan Nagari dan kecamatan baru dapat laporan dari masyarakat pada hari Kamis tanggal 6 Februari 2020 lulu. Kemudian usai mendapat laporan, wali nagari langsung berkoordinasi dengan camat Pantai Cermin, Crismon Dharma dan keduanya langsung menuju rumah yang bersangkutan dengan membawa petugas kesehatan dari Puskesmas Pantai Cermin.

“Setelah berkoordinasi dengan pihak keluarga yang bersangkutan, ternyata mereka terkendala dengan dana karena tidak keluarganya tidak mampu,” sebut Yusri.

Selanjutnya, atas kesepakatan antara pemerintah Nagari, para perantau serta puhak pemerintah kecamatan, pasien
yang terkena penyakit perut membuncit disepakati langsung dibawa ke Puskesmas dengan berkoordinasi dengan pihak keluarga.

“Alhamdulillah berkat kerja sama yang baik antara Pemerintah Nagari dan para perantau, pasien langsung mengumpulkan dana,” cetus Camat Pantai Cermin, Crismon Dharma.

Kemudian pasien langsung di rujuk ke RSUD Arosuka untuk dilakukan pengobatan. Dan pada hari Senin tanggal 10 Februari 2020, pasien dirujuk ke RSUP M. jamil Padang untuk pengobaratan lebih lanjut.

“Sampai saat ini perantau pantai cermin dan masyarakat masih terus mengumpulkan donasinya untuk keperluan berobat pasien, ” sebut Crismon.

Menurut suami pasien Maidarnis, yakni Nadi, isterinya terserang penyakit perut membuncit sejak satu tahun terakhir. Namun karena tidak ada uang, mereka hanya berobat ke dukun kampung dan tidak pernah dibawa ke Rumah Sakit.

Disebutkan Nadi, pihaknya juga tidak tau apa penyakit isterinya. Namun sesuai pemeriksaan dokter atau diagnosa awal, penyakit yang diderita isterinya adalah penyakit liver.

“Atas nama keluarga, kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Nagari, Pemerintah Kecamatan dan sanak saudara para perantau yang sudah mengumpulkan dana untuk biaya berobat isteri saya, ” ucap Nadi. (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here