Pameran Kuliner Khas Nagari Dilam dan Pencanangan Bulan Bakti Tahun 2019

0
290

SOLOK, JN-Dalam rangka meningkatkan peran keluarga dalam pelaksanaan sepuluh program pokok PKK, Pemerintah Kabupatten Solok, terus membina masyarakatnya hingga ke Nagari-nagari agar ikut berpartisipasi dalam pembangunan.

Untuk tingkat Kecamatan Bukit Sundi, Pemkab Solok juga mencanangkan Bulan Bakti Kelompok Dasawisma yang digelar di Lapangan Sepakbola Jorong Balai, Nagari Dilam, Sabtu (15/3).

Acara dibuka oleh Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, dengan dihadiri oleh Camat Bukit Sundi, Drs. H. N. Efiyadi, Walinagari Dilam, Sarwo Edi, unsur Muspika Bukit Sundi, seluruh walinagari se Bukit Sundi, SOPD terkait dan tokoh masyarakat setempat.

Camat Bukit Sundi, Drs. H. N. Efiyadi, dalam kata sambutannya mengucapkan terima kasihnya atas binaan dan dukungan Pemkab Solok serta kerjasama SOPD terkait hingga acara ini bisa berlangsung dengan sukses meski kegiatan itu terselenggara secara dadakan guna menyikapi surat edaran Gubernur Sumbar.

“Dengan adanya bulan bhakti Dasawisma ini, kelompok Dasawisma sebagai ujung tombak PKK harus membumi dan terus meningkatkan perannya dalam peningkatan kualitas dan kesejahteraan keluarga khususnya dan masyarakat pada umumnya,” jelas Efiyardi.

Pihaknya juga berharap dasawisma yang sudah vakum atau mati suri untuk kembali bangkit dalam mengembangkan perannya sebagai ujung tombak terlaksana dan suksesnya program PKK di daerah.

Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, dalam arahannya berharap bahwa melalui kegiatan bulan bhakti dasawisma ini, diharapkan agar kedepannya akan mampu terus dapat mengembangkan peran PKK dalam kesimbangan keluarga. Selain itu, kegiatan ini juga bisa turut berperan dalam peningkatan produsi pangan, dan aktif dalam mengkatalisir pembangunan di Bukit Sundi dan Kabupaten Solok.
Disebutkan Yulfadri Nurdin, kegiatan ini bertujuan mendorong dasawisma untuk berperan aktif menyukseskan program pembangunan pemerintah Kabupaten Solok yang tertuang dalam RPJMD tahun 2016-2021. “Saya berharap agar kita semua juga bisa memanfaatkan perkarangan untuk memenuhi gizin keluarga serta pola hidup sehat,” tutur Yulfadri.
Saat ini, di Kabupaten Solok, dari 4707 dasawisma, 1691 diantaranya masih tumbuh, 1753 berkembang dan 1263 telah maju. Untuk itu pihaknya berharap agar kita semua dapat bersinergi dalam memajukan setiap dasawisma yang ada di Kabupaten Solok.
Pihaknya juga berterimakasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu pemerintah dalam menyejahterahkan ekonomi masyarakat, termasuk juga meningkatkan masyarakat yang sadar kesehatan dan pendidikan. Selain itu, Wabup juga berpesan agar terapkan semboyan dasawisma “Hijau perkaranganku, bersih lingkunganku, sejahtera keluargaku”.
Selain itu, Wabup juga menghimbau agar melestarikan budaya gotong royong, termasuk menghijaukan lingkungan dianatar nya dengan memaksimalkan pemanfaatkan perkarangan rumah dengan menanam berbagai tumbuhan toga dan sayuran serta buah lainnya.

Dijelaskan Yulfadri Nurdin, 10 program pokok PKK adalah guna membangun masyrakat madani, tangguh dan sejahtera. Selain itu, setidaknya ada 4 prinsip yang ada dalam PKK yaitu bagaiman menjadikan kelompok Dasawisma menjadi kelompok binaan yang aktif dan kreatif, menggunakan ngerumpi sebagai komunikasi yang positif , menjadikan Dasawisma insani dan bermasyarakat serta Dasawisma menjadi kelompok yang mampu membangun rumah tangga yang lebih baik.

Pencanangan bulan bakti di Dilam, juga disertai dengan Pameran hasil Kuliner dari 11 Kelompok UMKM serta 365.anggota yang ada di Dilam, hasil arahan dari penyuluh PKH.

Acara juga diisi dengan menggelar dialog antara anggota Kelompok dengan Wakil Bupati Solok serta dengan camat dan Para walinagari setempat.

Pada intinya, Wabup bertahap agar semua kelompok Dasawisma yang ada di Kota Solok dapat aktif guna mencapai 10 pokok program PKK demi kesejahteraan keluarga khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Sebab dasawisma merupakan ujung tombak PKK sehingga pendekatan dan pembinaan harus dimulai dari akar rumput.

Wakil Walikota berharap kegiatan itu tidak hanya sekedar seremonial dan sebatas pencanangan saja melainkan ada tindak lanjut kedepannya. Dan ia meyakini, ketua TP-PKK Nagari fan Kecamatan mampu menggerakkan hal ini (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here