Nagari Saniangbaka Gelar Bimbel Intensif SBMPTN 2018

0
1178

OLEH : AYU SAFITRI

 

Nagari Saningbaka, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, mungkin merupakan satu-satunya Nagari di Kabupaten Solok yang menggelar acara Bimbingan Belajar (Bimbel) Intensif Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Sebagai anak nagari Saningbaka, penulis merasa bangga dengan digelarnya acara bimbel ini, dengan didukung oleh Bapak Wali Nagari Saniangbaka, Ridwan Husen, para perantau yang tergabung dalam Ikatan Warga Saningbaka (IWS) dan semua pihak di Nagari.

 

Tujuan dari Bimbel ini adalah untuk merengkul anak nagari, baik yang sudah lulus sebagai sarjana untuk berbagi ilmu yang didapatnya selama di Perguruan Tinggi dan juga untuk membina adik-adik nya di kampung halaman untuk masuk atau menempuh perguruan tinggi. Dengan maksud merangkul generasi muda untuk generasi muda pula, karena hal itulah, semua pihak termasuk nagari dan juga IWS memberikan dukungan penuh untuk kegiatan anak nagari di bidang pendidikan ini, baik di nagari maupun di rantau, dukungan itu mengalir, sehingga bimble kedua di tahun 2018 ini, bisa berjalan dan berlangsung lebih alot lagi dari tahun sebelumnya, sebagaimana yang disampaikan Ketua Panitia waktu membuka acara.

 

Untuk mengembangkan pendidikan kita perlu dorongan dan motivasi dari semua pihak, namun saat ini, kita sudah mendapatkannya, kerena itu, para guru dan ketua Panitia diharapkan kontribusinya dalam melanjutkan Bimbel Intensif tahun kedua ini, yaitu pada tahun 2018, kita dari pihak nagari akan berusaha sebaik mungkin untuk mendukung salah satunya memfasilitasi tempat kegiatan bimble.

 

Kami juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada guru pengajar pada bimbel ini, seperti Buk Fiza, Riska, Yuli, Afra, Ari, Fadhila, Egi, Synta, Dewi, Rio, Titin, dan Yopi serta Kepala Sekolah Zaki Zakaria. Para guru ini berasal anak nagari yang tak lain adalah alumni dari sekolah yang ada didalam nagari, dan juga yang bersekolah di luar dari nagari Saningbaka. Peserta Bimbel diikuti oleh 36 orang dari putra putri Saningbaka, yang terdiri dari Jurusan IPA sebanyak 23 orang dan Jurusan IPS sebanyak 13 orang. Pesera ini berasal dari sekolah yang berbeda diantaranya yakni MA.  Muhammadiyah Saniangbaka, SMA N 2 Singkarak, SMA N 1 Singkarak, SMA N 1 Kota Solok, SMA N 1 Gunung Talang, SMK N 1 Kota Solok , MAN 2 Kota Solok dan SMA Negeri 2 Sumbar

 

Peserta bimbel, Kepala sekolah maupun guru tidak membatasi peserta yang berasal dari dari sekolah di kampung saja yaitu MAM Saniangbaka dan SMA N 2 Singkarak, tujuannya adalah, peserta bimbel lebih beragam dan lebih termotivasi untuk bersaing sesama mereka.

Kami juga bangga kepada Pemerintah Nagari memberikan apresiasi bagi terlaksananya bimbel ini, salah satunya dengan memfasilitasi kegiatan ini di Aula Kantor Wali Nagari Saniangbaka.

 

Sementara Alumni yang sukses masuk Perguruan Tinggi dari hasil Bimbel ini seperti Alma Alfiya yang saat ini belajar  Universitas Udayana, Bali, berasal dari SMA N 2 Singkarak. Kemudian Nikra, saat ini di UNP berasal dari SMA N 2 Singkarak, Fatimah  Jurusan Ilmu sejarah UNAND berasal dari SMA N 2 Singkarak, Tommy Mandala Putra Jurusan Sistem Komputer UNSRI berasal dari SMA N 2 Singkarak, Resti Septia Riza, Jurusan Sastra Inggris di UNP dari SMA N 2 Singkarak , Siti Utami Dilawati, Jurusan Matematika di UNP dari SMA N 2 Singkarak dan lain sebagainya.

 

Sumber Dana

Bimble intensif ini tidak memungut biaya pada peserta bimble, sebagai sumber dananya adalah dari swadaya atau donatur dari para perantau dan juga sumbangan masyarakat di kampung. Kegunaan Dana adalah untuk biaya ATK, Foto copy modul Guru dan Pelajar, untuk Kosumsi guru, alat kebersihan dan gaji guru pengajar, serta untuk administrasi kegiatan bimbel. Kegiatan diadakan setiap hari, pada Pukul 08.00 pagi-12.00 di ulang pada pukul 11.30- 16.00, lalu diulang lagi pada pukul 19.00 – 21.00 wib. Setiap harinya termasuk hari Minggu.

 

Bimbel ini dimulai pada tahun 2017, terinspirasi dari semangat anak nagari Saniangbaka dalam memajukan nagari, setelah diadakannya Rembuk Nagari (Remna) pada Tahun 2016, dimana semangat itu, mengalir setelah kegiatan Remna dilakukan, salah satunya di bidang pendidikan. Hal itu sangat memotivasi adalah karena ada dua sekolah setingkat SMA di kampung MAM Saning Bakar dan SMA Negeri 2 Singkarak yang mana kedua sekolah tersebut selalu kekurangan murid setiap tahunnya. Diharapkan dengan diadakannya bimbel ini, para murid yang sekolah di kampung tidak ketinggalan dengan sekolah lain, begitupun juga diharapkan dengan diadakannya bimbelini, bisa memotivasi masyarakat Saniangbaka agar memilih sekolah di kampung dan tidak usah jauh-jauh mencai sekolah lain di kota.

Bimbel ini juga sangat mengapresiasi para sekolah di dua sekolah tersebut, seperti SMA Negeri 2 dan MAM Sanigbaka, pada saat sosialisasi bimble ke sekolah-sekolah di kampung. Tujuan pertama bimble ini adalah, para pelajar yang sekolah di kampung, namun pada tahun ini, kita membuka untuk umum, agar, setiap pelajar yang tidak mampu membayar untuk mengikuti bimbel di luar, bisa mengikuti bimbel, dimana beberapa guru dari pelajar bimble di kampung juga termasuk guru yang mengajar di bimble di kota Solok.

 

Dengan adanya kegiatan bimbel ini, sangat diharapkan agar para pelajar dimanapun berada asal nagari Saningbaka, bisa mengeyam pendidikan yang lebih baik, dimana sekolah telah memberikan pendidikan sebaik-baik mungkin selama 3 tahun, dan kita panitia dan guru bimbel hanya lebih mematangkan dan memfasilitasi siswa agar mampu bersaing di SBMPTN. Dan bekerja sama dengan IWS  baik donatur maupun dukungan moril, juga pihak nagari, kita panitia dan guru, sangat berterima kasih karena sudah 2 tahun berturut-turut kita bisa mengadakan bimbel ini. Semoga tahun berikutnya, bimbel yang diadakan nagari ini, lebih berkembang lagi.

 

Panitia Bimbel mendatangkan  motivator setiap minggunya, motivator berasal dari warga Saniangbaka yang sudah sukses di rantau, salah satunya Minggu kemaren adalah Adam, dimana Adam Lulusan S1 Univ, 11 Maret Jurusan Biologi yang sekarang sedang melanjutkan studi S2 Jurusan Bio Medik di UI. Sekarang bekerja di PT Indolakto sebagai MT ( Motivation Training ). Motivator ini memberikan arahan seputar Pemilihan Jurusan, cara mendapatkan beasiswa, dan strategi menjawab soal, serta peluang kerja selepas lulusan perguruan tinggi. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi warga Saningbaka dan sekitarnya (Penulis adalah Warga Saningbaka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here