Kecamatan Kubung dan Gunung Talang Gelar Musrenbang

0
26

SOLOK, JN- Dua Kecamatan di Kabupaten Solok yakni Kecamatan Kubung dan Gunung Talang,  hari Rabu (6/2), menggelar acara Musyarawah Rencana Pembangunan (Musrenbang).

Musrenbang Kecamatan Kubung digelar di Aula kantor Camat Kubung,  dengan dihadiri oleh

Solok Dendi, S.Ag, MA, Anggota DPRD Sutan Bahri, SE, M. Hidayat, Kepala Barenlitbang yang diwaliki Indra Muksis, Forkopimcan Kepala OPD Kabupaten atau yang mewakili.

Musrenbang Kecamatan Kubung dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kab. Solok Dendi, anggota DPRD Sutan Bahri dan M. Hidayat, seluruh Wali Nagari se kecamatan Kubung, Ketua BPN, Ketua TP PKK Nagari, Kepala KUA Kubung,  Tim Delegasi Nagari, Ketua LPM, Ketua BKAN, Ketua UPK, BPUPK se kecamatan Kubung, Kepala SLTP dan Kepala SLTA se kecamatan Kubung.

Camat Kubung,  Ahpi Gusta Tusri atau yang akrab dipanggil Cici,  dalam sambutannya menyebutkan bahwa Musrenbang 2019 ini mengambil tema “Pemantapan Pembangunan Manusia dan Infrastruktur Pendukung Pertumbuhan Ekonomi Untuk Kubung Yang Maju dan Mandiri”. Disebutkannya,  dengan kondisi Kubung saat ini, dimana jumlah penduduk yang banyak, juga menyimpan banyak potensi yang perlu diberdayakan.

Camat juga meminta satu Nagari untuk mengusulkan Satu kegiatan prioritas yang dianggap paling mendesak di Nagari tersebut. 

Sementara Kecamatan akan mengusulkan kegiatan untuk meningkatkan pelayanan publik, antisipasi bencana, aksesilibilitas, serta infrastruktur pendukung ekonomi seperti irigasi dan jalan usaha tani dan lainnya. 

“Sebagian wilayah kita Kubung adalah lahan pertanian, baik berupa ladang dan lahan persawahan.  Selain itu daerah kita juga rawan bencana terutama banjir.  Untuk itu hal ini akan menjadi perhatian utama kita kedepannya agar tidak terulang lagi,” jelas Ahpi Gusta Tusti.

Camat cantik itu juga berharap agar usulan yang diajukan dari masing-masing Nagari akan dibahas dan diajukan ke Kabupaten melalui Barenlitbang untuk kemudian dibahas dan diputuskan ditingkat Kabupaten. 

Sementara Anggota DPRD Kabupaten Solok,  Sutan Bahri dalam sambutannya berharap bahwa Musrenbang berfungsi untuk rencana pembangunan dan kebutuhan nagari selanjutkan akan dibahas bersama pemerintah Kecamatan hingga diusulkan ditingkat Kabupaten. “Nanti di Kabupaten Ekseskutif dan Legislatif akan membahas usulan ini untuk ditindak lanjuti, apa yg prioritas apa yang tidak, ” jelas Sutan Bahri. 

Sementara untuk Kecamatan Gunung Talang,  Musrenbang juga digelar di Aula kantor Camat dengan dihadiri oleh seluruh Wali Nagari se kecamatan Gunung Talang, Ketua BPN, Ketua TP PKK Nagari, Kepala KUA Gunung Talang,  Tim Delegasi Nagari, Ketua LPM, Ketua BKAN, Ketua UPK, BPUPK se kecamatan Gunung Talang, Kepala Sekolah SLTP dan Kepala SLTA se kecamatan Gunung Talang dan lainnya. Meski tidak ada satu orangpun anggota dewan yang hadir,  namun Musrenbang berjalan alot dan dipimpin oleh camat Gunung Talang Misran Masdagar. 

Selesai pembukaan oleh camat Gunung Talang,  acara dilanjutkan dengan penyampaian usulan dari masing-masing nagari dan pembahasan yang nantinya akan dibawa ke tingkat Kabupaten sertake forum SKPD Propinsi melalui Musrenbang Propinsi hingga ke Nasional melalui Musrenbang Nasional.

Camat Gunung Talang,  Misran Masdagar menyebutkan bahwa kunci dari Musrenbang itu adalah kebersamaan antar pemangku kepentingan didalam satu Nagari atau desa.

“Saya berharap agar apa yang sudah disepakati pada Musrenbang Nagari dan Kecamatan supaya dapat diprioritaskan pada Musrenbang Kabupaten nantinya karena ini sudaj merupakan skala prioritas,” tutur Misran Masdagar. (wandy) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda