Karang Taruna Sibarambang Gelar Wirid Pasambahan Adat Bagi Generasi Muda Usia Sekolah

0
426

SOLOK, JN- Karang Taruna ‘Bina Remaja’, Nagari Sibarambang, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok, hari Sabtu malam Minggu (30/11), menggelar acara Wirid Pasambahan Adat bagi generasi muda usia sekolah.

Ketua panitia pelaksana acara,
Ruspel Aiga, kepada media ini menyebutkan bahwa kegiatan ini digelar dalam bentuk wirid pasambahan adat dan dilaksanakan di ruang pertemuan BPN Nagari Sibarambang.

“Tujuannya dari acara ini adalah untuk melestarikan adat salingka nagari dan menggali minat bakat generasi muda untuk mendalami pidato pasambahan adat. Peserta kegiatan adalah generasi muda usia sekolah yang berjumlah 16 orang,” sebut Ruspel Aiga. Peserta kegiatan adalah generasi muda usia sekolah yang berjumlah 16 orang.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa kegiatan ini digelar sebagai wujud keprihatinan kita terhadap minimnya generasi yang mampu menguasai pasambahan adat.

Acara yang juga hadir Wali Nagari Sibarambang, Rudi Hartono, Ketua LPMN, Ketua BPN,
Masriful Ali dan pengurus KAN serta narasumber. Dalam sambutannya ketua LPMN setempat, Gusril, S.Pd, MM, cukup mengapresiasi acara yang digelar oleh karang taruna ini.

“Kita bangga terhadap kegiatan ini yang tentunya kita harapkan sebagai solusi bagi generasi muda untuk memahami adat salingka nagari Sibarambang,” sebut Gusril.

Hal itu juga didukung oleh pengurus KAN, Azisman Malin Parmato, dimana pihaknya berpesan agar peserta berseangat untuk menggali informasi dari narasumber.

Ketua BPN Sibarambang, Masriful Ali, S.Ag, juga menyampaikan pesan terutama kepada narasumber agar memberikan segala ilmu yang dipunyai kepada peserta.

“Kita harapkan narasumber berkenan mencurahkan seluruh yang dipunyainya agar dikemudian hari generasi muda tidak kehilangan jejak” cetus Masriful Ali.

Pada kesempatan yang sama Wali Nagari Sibarambang, Rudi Hartono sangat bangga atas terselenggaranya kegiatan yang pertama kali digelar ini.

“Kita sangat berterima kasih kepada karang taruna yang telah menggelar acara ini apalagi pesertanya masih muda-muda yang diharapkan cepat menyerap apa yang diajarkan oleh narasumber,” harap Rudi Hartono.

Wali nagari juga berpesan agar kegiatan ini terus berlanjut dan kalau bisa sering dilakukan kegiatan simulasi agar mental dari anak-anak kita semakin terlatih dan berani.

Kegiatan wirid pasambahan adat ini dibiayai melalui dana nagari tahun anggaran 2019. “Kedepan kita berharap agar pemerintah nagari tetap berkenan mendanai kegiatan ini pada tahun 2020 nanti. Sehingga akhirnya harapan kita bahwa kegiatan ini dapat melahirkan generasi berkompeten di bidang pasambahan adat tentunya tidak lupa sekolah,” ujar Rudi Hartono (jn01/Ar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here