Kader Posyandu Berprestasi Nagari Supayang Dinilai Tim Dari Sumbar

0
760

SOLOK, JN- Tm penilai lapangan Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2018, hari Kamis (19/7), menilai kader Posyandu nagari Supayang, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok.

Rombongan Tim Penilai Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat, diketuai oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumbar, Ny. Hj. Nevi Zu’airina Irwan Prayitno. Sementara di Kabupaten Solok rombongan penilai disambut oleh Bupati Solok, yang diwakili Kadis DPMN, Medison dan Camat Payung Sekaki, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok, Ny. Desnadevi Gusmal, Ketua GOW Kabupaten Solok, Ny. Dahliar Yulfadri Nurdin, Kadis Kesehatan, Kadis Disdukcapil, Kadis Sosial, Aditiawarman, Kadis Koperindag, Nasripul Romika, Kadis DPPKB dan P3A dan para Kader PKK Kecamatan Payung Sekaki serta anggota DPRD Kabupaten Solok, Firmansyah.

Walinagari Supayang,  Darmansyah dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dating kepada Tim penilai kader PKK Tingkat Sumatera Barat dan rombongan serta Ketua TP PKK Kabupaten Solok beserta para dinas terkai t di Nagari Supayang. “Kehadiran Bapak-Bapak dan Ibuk-ibuk penilai di nagari kami, diharapkan bisa menjadi  motivasi kepada kami untuk menjadi yang terbaik di Sumbar,” jelas Darmansyah. Pihaknya juga menyebutkan bahwa saat ini di Nagari supayang  telah berdiri sekolah  PAUD  pada setiap jorongnya.

 

Sementara Bupati Solok, yang diwakili Kadis DPMN, Medison, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim penilai lapangan kader posyandu berprestasi tingkat provinsi Sumatera Barat dan menyampaikan ucapan terimaksih kepada seluruh ODP se Kabupaten Solok beserta seluruh pengurus terkait dalam hal penilaian posyandu terbaik ini. “Tujuan penilaian adalah untuk melihat kesamaan ekspose yang disampaikan oleh kader dengan keadaan dilapangan sebagai mana yang disampaikan oleh kader posyandu. Agenda ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang menuju program pemerintah dalam 4 pilar pembangunan Kabupaten Solok,” jelas Medison.

Disebutkannya, saat ini seluruh Nagari di Kabupaten Solok melalui anggaran Nagari yang dibantu oleh Anggaran Daerah diwajibkan mendirikan 1 PAUD dan Posyandu di masing masing jorongnya. “Harapan kami pada penilaian hari ini, kader kami bisa menjadi kader terbaik ditingkat Provinsi dan Kabupaten Solok bisa menjadi utusan Provinsi Sumatera Barat ke Tingkat nasional,” tutur Medison. Pihaknya juga menambahkan bahwa dengan adanya penilaian ini, kami berharap kedepannya Kabupaten Solok akan dapat lebih meningkatkan prestasinya, baik di tingkat kabupaten, provinsi dan insyaallah tingkat nasional kedepannya.

Sementara kepada semua pengurus TP PKK Kabupaten Solok beserta jajarannya sampai ke nagari yang terlibat dalam kegiatan posyandu ini, Medison berharap untuk dapat memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada tim penilai.

Ketua Tim Penilai TP PKK Sumbar,  Ny. Hj. Nevi Irwan Prayitno dalam sambutannya

 

Ketua TP PKK Sumatera Barat, Ny. Nevi Irwan Prayitno dalam arahannya menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada wali nagari serta masyarakat nagari Supayang yang telah berhasil mewakili Kabupaten Solok untuk tingkat Sumbar.

Sementara tujuan dari penilaian ini menurut Ny. Nevi adalah untuk melihat secara langsung aktifitas kader, mengetahui manfaat posyandu bagi masyarakat, mengetahui dukungan dari instansi/dinas terkait dalam membina, mengetahui dukungan mayarakat dalam meningkatkan partisipasi dan swadaya pengelolaan dan menetapkan kader posyandu berprestasi terbaik I, II, III tingkat Provinsi Sumbar tahun 2018. Disebutkan Ny. Nevi Irwan Prayitno, kegiatan ini adalah salah satu bentuk upaya LKKS yang bekerjasama dengan DPMN se Sumatera Barat untuk membangkitkan pendidikan yang dimulai dari usia dini. “Kegiatan ini bukan hanya untuk penilaian saja, melainkan upaya pembinaan kita dari pemerintah /TP-PKK secara bersama-sama. Kami berharap dengan penilaian ini mampu memotivasi untuk meningkatkan prestasi kader Posyandu dan PAUD ke depannya serta meningkatkan sinergitas kerjasama dengan pemerintah,” jelas Ny. Nevi Irwan Prayitno.

Disebutkannya, Tim penilai berasal dari OPD dan Lembaga yang tergabung dalam Pokjanal Posyandu Provinsi Sumbar. “Kader Posyandu terbaik I nantinya akan diberi penghargaan akan dan diikut sertakan dalam study comparative ke salah satu posyandu terbaik tingkat nasional,” jelas Ny. Nevi Irwan Prayitno. Disebutkan Ny. Nevi, pelaksanaan penilaian meliputi Aspek Pokjanal dan Pokja Posyandu, Aspek Kesehatan, Aspek KB, Aspek PKK, Aspek Partisipasi masyarakat, Aspek penerimaan masyarakat, Aspek Administrasidan Aspek Kegiatan Kader Posyandu serta tata tertib penilaian yang meliputi Ekspose Pokja Nagari, Peninjauan Lapangan dan Diskusi Kelompok (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here