Salingka Nagari

Jum’at Berkah Menjadi Inspirasi dan motivasi Masyarakat Sungai Nanam

×

Jum’at Berkah Menjadi Inspirasi dan motivasi Masyarakat Sungai Nanam

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN- Yayasan Generasi peduli Kenagarian Sungai Nanam, kembali gelar acara Jumat berkah pada Jumat (18/11/2022).


Acara digelar  di masjid Abrar Pakan Sabtu  Sungai Nanam, Masjid Ikhwanul Muslimin Simpang Taratak Pauh Sungai Nanam. Dengan donatur para perantau asal Sungai Nanam Alam Gumanti, para dermawan dan kaum Muslimin 
Kegiatan sosial ini  digagas oleh Tim Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam.

Jumat berkah yang telah memasuki Jum.at ke 9 kali ini, diwujudkan dalam bentuk pembagian nasi kotak. Sebelumnya Snack dan makanan siap saji kepada jamaah shalat Jum.at dimasjid-masjid kenagarian Sungai Nanam.


Ketua team Jum.at Berkah, Asparina SPt, usai kegiatan mengatakan bahwa pihaknya membagikan nasi kotak atau Snack makanan siap saji kepada jamaah masjid yang telah selesai shalat Jum,at dimasjid masjid sekitar Sungai Nanam.
“Kegiatan ini juga sebagai upaya untuk memotivasi dan menumbuhkan semangat rasa empati dan peduli,serta menumbuhkan semangat untuk saling berbagi,” ujar Asparina,S.Pt.
 Sementara itu Ketua harian Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai yang juga salah seorang kepala Jorong Parak Tabu, Alimudin, mengatakanUcapan Alhamdulillah pada beberapa periode ini, kegiatan  Jumat berkah yang terkumpul lebih banyak dari kegiatan Jumat berkah periode sebelumnya.


“Infak, sadaqah, Wakaf tersebut kami wujudkan kesemuanya dalam bentuk nasi kotak,dan snak serta makanan siap saji. Pengggalangan Infak, sadaqah, Wakaf dilakukan kepada para perantau, masyarakat Sungai Nanam, Jamaah masjid, dermawan, donatur, kaum Muslimin dan Muslimat serta pihak-pihak yang tertarik dengan kegiatan Jum.at berkah ini,” terang Alimudin.
Acara ini menurutnya merupakan  dukungan dari Paguyuban  Ikatan Keluarga Kenagarian Sungai Nanam Masyarakat Alam Gumanti (IKKS MAG) dan juga dari lembaga donor lainnya.


Sementara itu ketua umum Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam.Masriwal.M.BG.S.A.P mengatakan  bahwa kegiatan ini sebagai bentuk ajakan rasa syukur kepada Allah SWT,atas nikmat yang luar biasa diberikan kepada kita.
“Kami mengajak para perantau,dermawan,donatur,kaum Muslimin dan Muslimat dengan berbagi rejeki kepada sesama serta saudara kita yang membutuhkan.Insya Allah pasti membawa manfaat dan kebaikan bersama,” terang Masriwal.

Baca Juga :
DPRD Kab Solok Gelar Rapat Paripurna Dalam Rangka Penyampaian Nota Penjelasan Bupati Solok Terkait Ranperda Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung

Ditambahkan Masriwal.Alhamdulillah sejak berdiri Juli 2019 sampai November 2022 sekarang, Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam dengan dukungan dan kepercayaan dari perantau, dermawan, donatur, lembaga kemanusiaan lain sejenis.BASNAZ ,YAKESMA Sumatera Barat dll, dengan beberapa perguruan tinggi diantaranya STIE YPPM ELHAKIM Sulit Air, UNITAS Padang. kaum Muslimin dan Muslimat.Masyarakat Sungai Nanam maupun Alam Gumanti yang menetap di kampung halaman.

Yayasan itu menurutnya sydah membangun 10 unit rumah masyarakat yang tidak layak huni, menjadi layak.3000 mushaf Al-Qur’an untuk semua masjid yang ada di kenagarian Sungai Nanam maupun baru beberapa masjid/mushalla diLembah Gumanti dan Hiliran Gumanti,15 unit kursi roda, Bantuan 300 paket ATS (alat tulis sekolah),bagi siswa-siswi SD,SLTP,SLTA yang tidak mampu, Bantuan biaya kuliah dan penyelesaian proposal dan skripsi dll. bantuan biaya pengobatan bagi keluarga yang tidak mampu, dan sudah 30 orang.Liga Amal sepak bola untuk pembiayaan salah seorang mahasiswi, Tahun 2020 wafat.Juga telah mendirikan TKIT (TK Islam terpadu Imam Mahmud),di masjid Lamo Istiqamah Kito Sungai Nanam,Paket sembako pada tahun 2020 untuk lansia dhuafa dari Juli-Desember 2020.Bantuan pengurusan dokumen administrasi kependudukan,Cek kesehatan bersama Puskesmas Sungai Nanam.Terbaru bersama paguyuban DPP M.A.G dan ,DPP IKKSN wilayah Jabodetabek membantu pemulangan salah seorang putra Sungai Nanam yang hilang sudah 3 tahun dan ditemukan di salah satu Panti Sosial di Jakarta yang bernama (Heri Ferdian Putra).

“InshAllah juga sedang merintis usaha binaan kelompok wanita mandiri.berupa usaha makanan dan kue kue,namun terkendala dengan permodalan.Insyaallah tahun 2023 kita akan terus melanjutkan program dan kegiatan yang dirasakan manfaatnya bagi masyarakat,” ujar Masriwal.
Dewan Pembina Mulyono SC,dan pengawas Al-Masra juga memberikan penguatan”Agar kegiatan ini menjadi ajang syiar pula bagi masyarakat Sungai Nanam, Alam Gumanti masyarakat kabupaten Solok dan Ranah Minang dimanapun serta ajakan untuk menebar kebaikan. Diharapkan dilakukan pendataan anak yatim-piatu, lanjutkan kegiatan yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, InshAllah kita akan berjuang bersama sama semoga Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam memiliki kantor sendiri yang representatif.
“Yang mana kantor saat sekarang ini, adalah ruangan yang dipinjamkan oleh Pemerintahan nagari Sungai Nanam di samping kantor wali nagari Sungai Nanam”,Ujar Mulyono, SC.
Dewan Pengawas Al-Masra,S.Pd dalam kesempatan tersebut usai kegiatan Jum.at berkah yang langsung didampingi dimasjid Ikhwanul Muslimin Simpang Taratak Pauh mengatakan “Semoga kelak yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam bisa memiliki berbagai usaha untuk mendukung program dan kegiatan yang dilakukan oleh pengurus yayasan.
Sementara itu ,kotak infaq yang disediakan oleh pengurus yayasan ditempatkan di masjid masjid yang ada di kenagarian Sungai Nanam.rata rata tidak lagi di jalankan, sehingga pengurus hanya mengandalkan Infak, sadaqah,wakaf dan donasi yang sifatnya insedentil.Berharap ada dermawan/donatur untuk usaha yayasan, Karena sampai saat sekarang belum pernah mendapatkan bantuan dari Pemerintah untuk berbagai kegiatan, diharapkan kelak ada dana dan bantuan untuk Yayasan, agar kegiatan lebih terasa oleh masyarakat yang membutuhkan,dan pengurus untuk terus melakukan terobosan dan inovasi bagi kemajuan yayasan, yang manfaatnya telah banyak dirasakan oleh masyarakat “,Ujar Al-Masra.

Baca Juga :
Terus Meronta Minta Keadilan: Angkutan ke Garabak Data Masih Menggunakan Kuda Beban


Melalui sambungan telepon seluler, Ketua IKKSN (Ikatan Keluarga Kenagarian Sungai Nanam), Salmanir Dt Bandaro mengatakan.InshAllah kami perantau akan terus mendukung program yang menyentuh masyarakat, yang telah dilakukan sejak berdirinya yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam sampai saat sekarang.

“Semoga kegiatan ini bisa menginspirasi masyarakat Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti, maupun kita semua.serta ini juga bernilai ibadah dan membawa keberkahan bagi kita semua,” pungkas Salmanir  (Masriwal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *