Ikatan Keluarga Salayo  di Padang Gelar Halal bi Halal Guna Merajut Kembali Hubugan Silaturrahim

SOLOK, JN- Ikatan Keluarga Salayo (IKS), Kec. Kubung, Kabupaten Solok yang tinggal di kota Padang, hari Minggu (15/5), bertempat di Warung Komar 9 milik Hesti yang juga warga IKS Padang di Jalan Koto Marapak, Kota Padang.

 Acara Halal bi Halal 1 Syawal 1443 H  bertemakan, “Kita Merajut Kembali Hubugan Silaturrahim”.

Berbeda dari nuansa  halal bi halal sebelumnya, kali ini menghadirkan perangkat Nagari Salayo, diantara Walinagari Salayo yang diwakili oleh Kasi Pembangunan Masrial Dt. Paduko Sutan, Ketua KAN Salayo  H. Doni Indra Dt. Rajo Diaceh, SH. MML, Sekretaris  Yuliandri Dt.Pangulu Sati, SE. MM, Ketua P4DEK (Pusat Pendidikan Pelatihan Pidato Adek) Setya Dt. Rajo Basa, Ketua Baznas Kab.Solok  Drs. H. Sukardi dan  Ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Nagari Salayo  Adi Kopi Dt. Rajo Intan. Sedangkan tausyah disampaikan oleh Drs. H. Syafwan Diran.
Ketua IKS Padang, H. Muslim Harun Dt. Magek Bajoang, menyebutkan bahwa pihaknya sangat mengapresisasi semangat kebersamaan warga IKS Padang pada acara halal bi halal 1 Syawal 1443 H tahun 2002 yang hadir di luar dugaan yang melebihi prediksi.
 ” Barangkali ini juga karena dua tahun tidak dilaksanakan karena masa awal pandemi covid 19. Sehingga saat ini menjadi kerinduan untuk bersilkaturrahmi dengan karib kerabat sesama warga Salayo berada rantu di Padang,“ sebut H. Muslim Harun Dt. Magek Bajoang.

Baca Juga :
Bupati Solok Launching Penggunaan Excavator dan Temu Ramah dengan Masyarakat Nagari Dilam

Mantan Muslim Kepala Humas Telkom Sumbar-Riau ini, juga berharap semoga momentum halal bi halal kali ini menjadi semakin memperkuat kita sebagai warga masyarakat Nagari Salayo yang merantau dekat di Kota Padang. Dimana bumi di pijak, maka di samna langit dijunjung. Perlunya memperkokoh raso sasakik saaduah dan senasib serta sepenanggungan baik dalam suasana duka dan suka cita. 
“Buruak baambuan dan elok baimbuan sebagai mana lazimnya kita masyarakat Minangkabau, apalagi sekampung sehalaman dalam satu nagari di Salayo,” sebut H. Muslim Harun.

Sementara Ketua Baznas Kab. Solok, Sukardi  yang diundang secara khusus untuk melakukan sosialisasi terkait Baznas. Sukardi menuturkan rekam jejak di Kabupaten Solok  ada peningkatan mencapai 2 persen Zakat maal ASN Kabupaten Solok, dan masyarakat Kabupsten Solok  Tahun 2019 sebanyak Rp 6.8 M, menjadi Rp 8.7 M ditahun 2020. 

H. Muslim Harun

Beragam cara melalui program dilakukan agar terjadi peningkatan Solok. Program yang telah berjalan 2 tahun belakangan ini untuk meningkatkan jumlah zakat di Kabupaten Solok. 
“Baznas Kabupaten Solok mulai turun ke  74  nagari yang ada di Kab.Solok yaitu dengan memperbanyak Unit Pemungutan Zakat (UPZ), dan pemberian reward bagi UPZ yang berhasil meningkatkan jumlah zakat dimasing-masing nagarinya,” jelas Sukardi.

Baca Juga :
Warga Air Batumbuk Pertanyakan Janji Gubernur, Bupati Epyardi Asda  Meradang 

Nagari Salayo salah satu nagari terbaik setelah nagari Sulit Air. Capaian ini berkat upaya kerja keras dan kerja tuntas oleh ketuanya UPZ Nagari Salayo, Adi Kopi Dt.Rajo Intan. Salah satunya upayanya adalah melakukan sosialisasi ke IKS Jakarta yang berdampak luar biasa terhadap perantau. Harapannya, mudah-mudahan warga IKS Padang dapat pula melakukan hal yang sama untuk peduli dengan dunasanak di kampung halamannya, nada harap Sukardi.
Sementara itu, Kompol (Purn)  Dewi Sartika merasa senang ber-halal bi halal 1 Syawal 1443 H tahun 2022 ini. Banyaknya yang berkesempatan hadir sebagai bentuk kerinduan untuk bersilaturrahmi sesama kita warga IKS Padang.


 “Semoga kebersamaan kita sebagai perantau di Kota Padang tetap solid dengan tidak teputusnya tali silaturrahim,” sebut Kompol (Pur) Dewi Sartika (marsil/vivo/menda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.