Gusmal: Musrenbang Nagari dan Kecamatan Harus Sinkron Dengan Program di Masing-masing SOPD

0
105

SOLOK, KP,
Pemerintah Kabupaten Solok, menggelar Rapat Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Solok, Senin (11/3), bertempat di Ruang Rapat Kantor Barenlitbang Kabupaten Solok.

Rapat dihadiri oleh Bupati Solok, H. Gusmal, Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, para Kepala SOPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Solok, para Camat se Kabupaten Solok.

Kepala Barenlitbang Kabupaten Solok, H. Dusral, SE. MM, dalam laporannya menyebutkan bahwa Rapat SOPD ini adalah digelar dalam rangkaian dari kegiatan program pembangunan daerah Kabupaten Solok, yang bertujuan membahas dan mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan pembangunan daerah sesuai hasil Musrenbang Nagari dan Kecamatan sebelumnya. “Selain itu, Rapat ini juga bertujuan untuk mensingkronkan hasil musrenbang dengan SOPD terkait dengan menghasilkan sebuah draft rencana kerja masing-masing SKPD masuk ke dalam RKPD 2020,” jelas Dusral.

Disebutkannya, Forum ini dilaksanakan setelah selesainya musrenbang di 74 nagari yang ada di Kabupaten Solok yang berakhir pada bulan Oktober 2018 lalu. Dijelaskannya, Musrenbang Nagari dan Kecamatan berjalan dengan baik dan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Sementara hasil evaluasi rencana kerja SOPD masih ada yang harus diperbaiki dan dievaluasi untuk ke depannya. Rapat Forum SOPD ini sesuai dengan amanat UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang perencanaan sistim pembangunan serta Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 tentang cara, tahapan penyususnan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah.

Sementara Bupati Solok, H. Gusmal dalam sambutannya menyampaikan bahwa pentingnya Forum SOPD untuk menciptakan harmonisasi perencanaan pembangunan terintegrasi antara nagari, kecamatan dan SOPD dengan mengedepankan pembangunan berbasis kawasan.
“Program kita ini diharapkan sesuai dengan berbagai kebutuhan dan aspirasi masyarakat dan hasil Musrenbang nagari dan kecamatan harus sinkron dengan berbagai program di masing-masing SOPD,” jelas H. Gusmal.
Pihaknya berharap agar semua usulan kebutuhan masyarakat sesuai dengan RPJMD kita dan jangan sampai ada program yang melenceng. “Saya juga menghimbau agar mari kita tingkatkan berbagai jenis kegiatan pada masing-masing SOPD dan jangan sampai ada kegiatan yang terabaikan atau tidak terlaksana hanya karna terhalang oleh anggaran,” jelas H. Gusmal.

Bupati juga berpesan agar SOPD menguasai semua rumusan dan usulan dalam Musrenbang serta jangan ada lagi pegawai yang lalai dalam membentuk renja untuk tahun 2020 (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda