Forikan Nagari Bukik Tandang Dinilai Tim Provinsi

0
136

SOLOK, JN- Forikan Nagari Bukik Tandang, Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok, hari Senin (29/4) dinilai Tim Forikan dari Provinsi Sumatera Barat.

Kunjungan Tim penilai Forikan dari Provinsi Sumbar ini, disambut Bupati Solok yang diwakili oleh Asisten Ekbang Kesra, Drs.Aliber Mulyadi. Selain itu tampak hadir para Kepala SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Solok, Ketua Forikan Kabupaten Solok, Rahdiatul Hayat, unsur Forkompimcam Kecamatan Bukit Sundi, Wali Nagari se Kecamatan Bukit Sundi dan lainnya. Sementara acara penilaian di pusatkan di kantor Wali Nagari Bukit Tandang

Walinagari Bukit Tandang, Wendra dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas kontribusi pemerintah Kabupaten Solok dengan menggalakan gemar makan ikan di nagari Bukit Tandang.

Walinagari Wendra berpesan kepada masyarakat untuk dapat meningkatkan kerjamanya dalam mendukung kegiatan ini. “Mudah-mudahan dengan kerjasama semua pihak, Nagari kita dapat membawa nama baik kabupaten Solok untuk tingkat Provinsi sampai ke tingkat nasional.” ajak Wendra.

Sementara Ketua Tim Penilai Forikan Provinsi Sumatera Barat, Dewi Nofita dalam sambutannya menyampaikan bahwa, pada hari ini pihak tim penilai Forikan Sumbar akan melakukan penilaian dan seleksi kepala Nagari Bukit Tandang, dengan melengkapi persyaratan yang telah kami tentukan.

“Tujuan utama kegiatan ini adalah dalam rangka mengakselerasi peningkatan konsumsi ikan masyarakat, dan mensinergikan Program/Kegiatan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan atau Forikan di Provinsi Sumatera Barat.

Disebutkan Dewi Nofita, dengan Forikan Kabupaten/Kota se Sumatera Barat maka dilaksanakan Lomba Implemtasi Forikan di Nagari / Kelurahan dan lomba Implementasi gemarikan pada kurikulum PAUD. “Salah satu Visi Forikan Provinsi Sumatera Barat “ Menjadikan Ikan Sebagai Sumber Protein Utama Dalam Menu makanan sehari-hari di Provinsi Sumatera Barat. Sementara Misinya adalah mewujudkan masyarakat Sumatera Barat untuk mengkonsumsi Ikan Setiap Hari Dalam Menu Keluarga.

“Forum Peningkatan Konsumsi ikan Merupakan Lembaga yang dibentuk oleh Pemerintah dalam rangka menyatu padukan gerak langkah semua unsur yang terkait yang bertanggung jawab terhadap suksesnya Gerakan peningkatan konsumsi ikan terutama Provinsi Sumatera Barat kemudian konsumsi ikan Masyarakat Secara Nasional,” sebut Dewi Nofita.

Forikan di Sumatera Barat diharapkan dapat meningkatkan upaya-upaya peningkatan konsumsi ikan secara kontiniu dan berkelanjutan melalui berbagai macam kegiatan sehingga pada akhirnya merubah pola pikir dan kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi ikan agar sehat, kuat dan cerdas.

Pada tahun 2019 ada 8 Kabupaten/ Kota yang masuk dalam katagori Penilaian yang telah memenuhi persayaratan untuk mengikiti Lomba, termasuk di Kabupaten Solok.

“Tujuan dilaksanakan Lomba penilaian ini diantaranya dapat melihat aktivitas Forikan Kabupaten/Kota se Sumatera Barat ini dimaksudkan dalam rangka memotivasi Forikan Kabupaten/Kota dalam implementasi percepatan pencapaian peningkatan konsumsi ikan masyarakat di daeranya masing-masing,” ucap Dewi Nofrita.

Selain itu untuk termotivasinya kinerja Forikan Kabupaten/Kota dalam rangka meningkatkan Gemarikan dan Terbangunnya sinergitas program antara Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi dan Dinas yang menangani Perikanan di Kabuapten/Kota serta terfasilitasinya perluasan penyebaran informasi dan Promosi Gemarikan di Provinsi Sumatera Barat.

Ketua Forikan Kabupaten Solok, Rahdiatul Hayat, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kami berikan kepada Nagari Bukit Tandang kecamatan Bukit Sundi yang telah mewakili Kabupaten Solok ketingkat provinsi Sumatera Barat.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya menyampaikan kepada tim penilai lomba forikan nagari/ kelurahan kabupaten/ kota Tingkat provinsi Sumatera Barat dimana Kabupaten Solok secara administrasi telah masuk nominasi kategori lomba Forikan Nagari/ kelurahan kabupaten/ kota bersama 8 kabupaten/ kota lainnya. Kami berharap kepada tim penilai lomba forikan Nagari/ kelurahan kabupaten/ kota Tingkat provinsi Sumatera Barat mudah-mudahan Kabupaten Solok menjadi juara pertama sehingga mewakili provinsi Sumatera Barat di ajang Nasional,” ucap Rahdiatul Hayat (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda