NasionalSalingka Nagari

DPP IWS Sukses adakan MTQ Virtual Nasional Pertama Tahun 2021

×

DPP IWS Sukses adakan MTQ Virtual Nasional Pertama Tahun 2021

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN– Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Warga Saniangbaka (DPP IWS),  yang merupakan sebuah komunitas perantau asal nagari Saniangbaka, Kabupaten Solok,  sukses mengadakan MTQ Nasional I secara virtual selama 3 hari yakni pada hari Jum’at sampai dengan hari Minggu tanggal 29-31 Januari 2021 lalu.

MTQ ini dilaksanakan virtual karna kondisi wabah covid yang tidak memungkinkan untuk mengadakan disuatu tempat berkerumun. MTQ ini diikuti oleh hampir 200 peserta dr 24 DPC-DPC.se Indonesia. Pesertanya berasal dr warga saniangbaka di nagari saniangbaka dan perantau yg tersebar di berbagai wilayah Indonesia. 

“Sebenarnya kita ingin menggelar MTQ ini secara langsung di suatu tempat agar bisa  bertemu dan bersilaturrahni. Namun tahun ini terpaksa dilaksanakan secara virtual karna kondisi wabah covid yang tidak memungkinkan untuk mengadakan disuatu tempat berkerumun,” terang Ketum DPP IWS, H. Mulyadi Badiamin, kepada awak media, Minggu (7/2).

Baca Juga :
Bupati Solok Hadiri Rakornis BP2MI Tahun 2021 di Provinsi Bali


Mulyadi Badiamin, sangat mengapresiasi kegiatan bidang Dikda ini sebagai kegiatan yg sangat bernilai dan akan direncanakan kegiatan ini berlangsung rutin setiap tahunnya. 
“Semoga wabah covid ini segera berakhir dan kita bisa melaksanakan kegiatan secara langsung tahun depan,” harap Mulyadi Badiamin.


Sementara Muhammad Ilham, sebagai Ketua Bidang Pendidikan dan Dakwah (Dikda DPP IWS), mengatakan bahwa program MTQ menjadi pengalaman pertama bagi dirinya menyelenggarakan even nasional secara virtual.
“Kita bisa melihat bahwa dari kegiatan MTQ ini ternyata banyak bakat anak-anak Saniangbaka yang luar biasa,” terang Muhammad Ilham.

Sedangkan Ketua pelaksana kegiatan, 
Yudi Harzi, juga menyampaikan bahwa MTQ upaya kita melaksanakan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah (ABS-SBK), dimana kitabullah yang menjadi tekanan penting di MTQ ini.
“Meski anak-anak ini besar di rantau, namun mereka harus faham dan mengerti tatanan hidup di Minangkabau sebagai daerah asal mereka,” terang Yudi Harzi.

Baca Juga :
Rasa Kebersamaan Gotongroyog Masih Tinggi di Daerah Pinggiran Kabupaten Solok

Pihaknya juga menyebutkan bahwa dalam MTQ kali ini, ada 5 cabang yang dilombakan yaitu Lomba Adzan, Tartil Qur’an, Tahfidz Qur’an 1 juz (Juz 30) , serta 3 Juz (1,29 dan 30), Pidato dan Kaligrafi dengan kategori anak, remaja dan dewasa. 

Program MTQ diselenggarakan oleh Bidang Pendidikan dan Dakwah (DIKDA) DPP IWS yang diketuai oleh  Muhammad Ilham denganKetua Pelaksana Yudi Harzi. 
Adapun Tema Lomba MTQ Tahun ini adalah semangat MTQ membangun generasi saniangbaka yang cinta dan mengamalkan Al Qur’an. Mendapat respon dan dukungan yang luar biasa dari warga Saninagbaka, dan berharap acara ini bisa diseleanggarakan secara rutin setiap tahunnya.

Sementara keluar sebagai Juara umum MTQ yang pertama tahun 2021 di raih oleh DPC IWS Palembang (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.