Salingka Nagari

Di Nagari Salayo Muncul KAN Tandingan Yang Sangat Meresahkan Masyarakat

×

Di Nagari Salayo Muncul KAN Tandingan Yang Sangat Meresahkan Masyarakat

Sebarkan artikel ini


SOLOK, JN- Munculnya pengurus Kerapatan Adat Nagari atau KAN tandingan di Nagari Salayo, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, dinilai sudah sangat meresahkan masyarakat.


 “Bagaimana bisa Pengurus KAN tandingan lahir tanpa dipilih oleh kaum suku dan berdomisili pula di Jakarta,” terang tokoh masyarakat Selayo, Edril Alinus, kepada media ini, Minggu (24/4).

Menurutnya kepengurusan KAN yang lama masih aktif  dan kemudian muncul KAN tandingan yang diangkat oleh kelompok kecil dan diketuai olehAlan Timaru Dt Bandaro kayo, anggota TNI aktif serta berdomisili di ibukota negara dengan tujuan untuk mengacau.

“Munculnya KAN tandingan ini tentu sangat membingunkan serta meresahkan masyarakat Nagari Selayo,” tumbah Edril Alinus.
Karena dinilai sudah sangat meresahkan, maka pada hari Sabtu tanggal 23 April 2022, digelar  pertemuan pengurus KAN resmi, bertempat di Rumah Gadang Ketua KAN Salayo yang resmi yakni H.Donny Indra dt Rajo Diaceh.

Baca Juga :
Kisah Taman Bunga Jack Flowers di Padang Belimbing Yang Pernah Juara Nasional dan Kini Terabaikan

Rapat langsung dipimpin oleh Doni Indra dt Rajo Diceh dengan agenda 
membahas tentang tapal batas nagari Selayo dan sekaligus tidak mengakui 
adanya dualisme KAN di Nagari Selayo serta Meninjau kembali  Ad/Art KAN dan pengurusan KAN akan dikembalikan kepada suku masing-masing.Rapat dihadiri okeh 4 dari 7 penghulu serta bundo kandong juga unsur pemuda Nagari Salayo.

Pada rapat tersebut juga disepakati bahwa tidak ada KAN baru dan pengurus KAN lama dibawah pimpinan H.Donny Indra dt Rajo Diaceh sudah sesuai dengan AD/ART KAN..”Jadi KAN Nagari  tidak bisa diganti tanpa kehadiran penghulu suku yang ada di Nagari,” sebut H.Donny Indra dt Rajo Diaceh.
Kepengurusan KAN Nagari Salayo memang diperpanjang sejak bulan Januari 2021 lalu, sesuai kesepakatan kaum pebghulu suka di Nagari.

Baca Juga :
Mempertanyakan Kembali, Sampai Kapan Garabak Data Terkurung Dalam Keterisolasian?


Adapun pengurus KAN Nagari Salayo yang resmi yakni Ketua H.Donny Indra dt Rajo Diaceh, Sekretaris, H. Yuliandri dt Panghulu Sati dan Bendahara Yuseveni Dt Rajo Bonsu.
Rapat penetapan perpanjangan Kepengurusan KAN ini juga disepakati oleh Ketua Seksi Kejayaan Nagari Salayo, H. Muslim Harum Dt Magek Bajoang, Seksi pengembangan adat, Jhoni Umar Dt Sari Marajo (jn01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *