Dapat Bantuan Hibah Dari Pemerintah Australia: PDAM Unit Kayu Aro Akan Pasang Box Meteran Kepada Setiap Pelanggan

0
491

SOLOK, JN– Untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) unit Kayu Aro, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, akan memasang box meteran kepada setiap pelanggan yang rumahnya belum terpasang box meteran.

 

“Sesuai  surat edaran dan arahan dari Bapak Bupati Solok, agar PDAM bisa meningkatkan mutu dan kesinambungan pelayanan, maka diharapkan konsumen atau pelanggan PDAM di seluruh Kabupaten Solok agar dapat membayar rekening air tepat waktu serta mengikuti aturan PDAM yang berlaku,” jelas Asra Fernandes, Kepala Unit PDAM Kayu Aro, kepada KORAN PADANG, di ruang kerjanya, Kamis (16/8).

Disebutkan Asra, saat ini jumlah pelanggan PDAM di Unit Kayu Aro berjumlah sekitar 600 rumah. Dari jumlah sebanyak 242 diantaranya belum memasang box meteran di rumah mereka. “Sebelum memasang box meteran, kita sudah lakukan sosialisasi kepada Bapak Jorong dan tokoh masyarakat serta warga, yang gunanya untuk tertib Administrasi. Selama ini, banyak air yang di los di rumah masyarakat, karena tidak memiliki meteran, sehingga mengganggu suplay air ke kantor Bupati dank e RSUD Arosuka. Dan saya sering dapat komplen dari pelanggan seperti dari RSUD, Kantor Bupati, Polres dan juga sekolah-sekolah yang ada di Kayu Aro,” tambah Asra. Ditambahkan Asra, selama ini banyak rumah warga di Ibukota Kabupaten Solok terebut yang belum memasang meteran, sehingga air PDAM yang masuk kerumah mereka biasanya di los begitu saja, sehingga mengganggu suplay air ke yang lain.

Kepala Unit PDAM Kayu Aro, Asra Fernandes

Saat ini, untuk box meteran, sudah tersedia di kantor PDAM Unit Kayu Aro dan merupakan bantuan hibah dari pemerintah Negara Australia khusus untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Jumlah bantuan dari Pemerintah Australia untuk Kabupaten Solok berjumlah 1000 unit box meteran, namun yang mendapat bantuan hanya sekitar 7 Unit PDAM dari sekitar 12 Unit PDAM yang ada dibawah PDAM Kabupaten Solok. “Alhamdulillah, kita di unit Kayu Aro mendapat bantuan sebanyak 242  atau sebanyak rumah yang belum memiliki atau memasang meteran,” jelas Asra Fernandes.

Pihaknya berharap bahwa setelah dipasang box meteran kepada setiap rumah tangga pelanggan PDAM, maka tidak ada lagi air yang terbuang secara sia-sia dan di los oleh masyarakat, sehingga semua pelanggan termasuk Kantor Bupati dan RSUD Arosuka bisa disuplay dengan baik. Diantara jenis bantuan yang diberi  oleh pemerintah Australia seperti Pipa HDPE, Plug Kram, Double Niple, Box Meteran dan lainnya. “Rencanya dalam bulan ini kita akan mulai memasang box meteran ini dan kita sudah melakukan koordinasi dengan Kepala PDAM Kabupaten Solok,” tambah Asra Fernandes.

 

Terpisah, Direktur PDAM Kabupaten Solok, Ardinal, SE, saat dihubungi media ini, membenarkan bahwa bahwa PDAM Kabupaten Solok tahun 2018 ini mendapat bantuan sebanyak 1000 unit box meteran dan akan dibagi kepada 7 unit PDAM yang ada di Kabupaten Solok, seperti Guguk, Kayu Aro, Talang, Muaro Panas dan lainnya (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here