Salingka Nagari

Bupati Solok H. Epyardi Asda dan Anggota DPRD Sumbar Hadiri Palewaan Gelar Adat di Muaro Pingai

×

Bupati Solok H. Epyardi Asda dan Anggota DPRD Sumbar Hadiri Palewaan Gelar Adat di Muaro Pingai

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN- Bupati Solok H. Epyardi Asda, M.Mar, hari Minggu sore (28/11), menghadiri palewaan gelar adat Eri Masra Manti Koto dan Kardison Malin Malano sebagai dubalang adat, bertempat di Nagari Muaro Pingai, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok.

Pada kesempatan itu, Bupati dalam amanatnya menyebutkan bahwa pada hari ini adalah hari yang bersejarah bagi Bapak Eri Manti koto dan Dubalang. “Dimuulai sejak hari ini, beliau sudah sah dan diberi amanah dan Insha Allah mudahan amanah ini bermanfaat bagi kamanakan kamanakan kita pada suku Koto di masa yang akan datang,” sebut H. Epyardi Asda.
Dijelaskan Bupati, di Minangkabau ini kita memiliki undang undang adat istiadat dan di akui oleh negara. Pihaknya sebagai Bupati Solok sangat mendukung acara ini kalau di undang di alek alek seperti ini sesuai visi misi Bupati selalu mengatakan bagaimana kita orang Minangkabau, khusus urang Kabupaten Solok ini punya adat. Dimaba adat yang kita junjung sudah sesuai dengan syariat islam kalau untuk laksanakan dengan sebaik baiknya.

Baca Juga :
Nagari Sungai Abu dan Sariak Alahan Tigo Juga Butuh Perhatian Khusus


“Saya juga sudah berbicara dengan beberapa Wali Nagari bahwa kedepannya adat istiadat kita ini harus dijaga dengan sebaik baiknya. Dan Insha Allah untuk nagari Muara Pingai ini saya akan selalu memperhatikannya,” papar H. Epyardi Asda.
Acara dilanjutkan dengan menggalu sejarah adat yang mungkin ada yang terlupakan selama ini.

Baca Juga :
Yayasan Generasi Peduli Sungai Nanam Terus Bergerak Membantu Warga Kurang Mampu


Tampak hadir pada acara tersebut supati Bupati Solok H. Epyardi Asda, M. Mar, yakni  Wakil Ketua III Anggota DPRD Prov. Sumbar Indra Dt. Rajo Lelo, Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudy Hariyansyah, Camat Junjung Sirih Herman, Forkopimcam Junjung Sirih, Niniak Mamak, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang dan tokoh masyarakat Nagari Muaro Pingai (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *