Bupati Gusmal: Tetap Nekad Gelar Salat Jum’at Akan Dibubarkan

0
565

SOLOK, JN- Masyarakat Nagari Air Batumbuk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, sampai hari Jum’at (17/4), masih menggelar Shalat Jum’at di dua Masjid yang ada di daerah itu seperti masjid Lambah dan Kampuang Baru.
Mereka seperti tidak menghindahkan himbauan pemerintah untuk sementara dilarang berkumpul dalam jumlah banyak.

Larangan tersebut terkait dengan sudah mewabahnya Covid-19 dan larangan berkumpul dalam jumlah banyak.”Pemerintah tidak melarang untuk salat, tetapi untuk sementara dilarang dulu berkumpul meski untuk shalat Jum’at karena dicemaskan ada diantara kita yang terserang Covid-19,” sebut Bupati Solok, H. Gusmal, saat dikomfirmasi prihal tersebut.
Menurut tokoh masyarakat setempat, Muswen, pihak BMN dan Walinagari  Yuneldi juga sudah melarang kegiatan tersebut. Himbauan dimaksud karena takut terserang virus covid-19. Selain itu para perantau Air Batumbuak yang sudah pulang kampung juga langsung berinteraksi dengan masyarakat.
Bupati juga menghimbau langsung kepada masyarakat Kabupaten Solok tentang larangan sementara waktu untuk melaksanakan ibadah Sholat Jum’at dan Sholat Berjamaah di seluruh Masjid/Mushalla yang ada di Kabupaten Solok. “Shalat itu juga nabi yang menganjurkan, namun dalam kondisi begini juga nabi melarang kita untuk keluar dan betkumpul. Dalam sebuah hadis beliau mengisahkan dimana semut saja disuruh masuk kedalam sarang kalau ada musuh yang mengancam di luar,” sebut H. Gusmal.Senin (20/4).

Hal ini semua dilakukan demi kesehatan bersama demi menghindari virus corona.

Rencananya menurut Bupati di dua lokasi tersebut akan ditugaskan pihak TNI dan Polri untuk mengawal, apalagi Sumbar sudah di tetapkan sebagai daerah pelaksana Pengawasan Sosial Berskala Besar atau PSBB (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here