Bupati Gusmal Resmikan Masjid Al-Hidayah Jorong Pinang Sinawa

0
256

SOLOK, JN– Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM, meresmikan Masjid Al-Hidayah Jorong Pinang Sinawa, Nagari Gantung Ciri, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok Jum’at, (25/12/2020).


Sebelumnya masjid ini adalah sebuah mushalla dan dibangun oleh warga dan tokoh rantau sehingga menjadi besar dan megah.  Masjid ini diresmikan oleh  Bupati Solok bertepatan dengan hari natal tahun 2020.

“Masjid yang diresmikan pada hari ini adalah masjid terbaik dan terindah dari segi bangunan fisiknya yang berada di Jorong Pinang Sinawa, Nagari Gantung Ciri,” sebut H. Gusmal. 

Bupati Solok H. Gusmal juga memberiapresiasi yang setinggi-tingginya kepada bapak H. Sawal beserta masyarakat Jorong Pinang Sinawa Nagari Gantung Ciri karena, telah ikhlas dan sukarela membantu dan mengubah fungsi Mushalla menjadi Masjid Al-Hidayah ini.

Bupati juga menyampaikan bahwa dari sekian banyak Masjid yang diresmikan, Masjid ini termasuk salah satu masjid yang paling indah dan megah di Kabupaten Solok.

“Saya berpesan kepada seluruh stakeholder yang ada, jangan sampai masjid ini hanya digunakan untuk tempat ibadah saja, tetapi dipergunakan juga untuk musyawarah, kegiatan pendidikan dan ekonomi masyarakat Gantung Ciri khususnya dan selalu jaga menjaga ukhwah islamiyah antar sesama,” ucap Gusmal.

Bupati juga mengajak seluruh masyarakat Pinang Sinawa untuk menjalankan kegiatan Subuh berjamaah dan Magrib mengaji karena, ini juga merupakan bagian dari program pemerintah daerah kabupaten Solok.

Bupati juga berharap kepada masyarakat Jorong Pinang Sinawa, untuk selalu menjaga dan meramaikan masjid Al-Hidayah di setiap waktu Salat fardhu dan dengan kegiatan keagamaan lainnya.

Sebelumnya Walinagari Gantung Ciri, Hendri Yuda, menyampaikan ucaoan terimakasih kepada Bapak Bupati Solok dan rombongan, yang sudah bersedia hadir meresmikan masjid Al-Hidayah ini.
Pihaknya juga menjelaskan bahwa pengelolaan masjid ini sudah diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat Jorong Pinang Sinawa Nagari Gantung Ciri dan masjid Al-Hidayah ini merupakan masjid ke 5 di Nagari Gantung Ciri, Kecamatan Kubung Kabupaten Solok.

“Kami sebagai panitia dan walinagari Gantung Ciri mengucapkan terima kepada masyarakat nagari Gantung Ciri karena telah membantu baik itu moril maupun materil dalam proses pembangunan Masjid Al-Hidayah ini,” terang Drs. Hendri Yuda.

Sedangkan Kakan Kemenag Kabupaten Solok, H. Alizar, M. Ag dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada masyarakat Jorong Pinang Sinawa Nagari Gantung Ciri karena, sekarang ini sudah memiliki Masjid yang sangat indah dan megah dan kemegahan masjid ini merupakan kemegahan masyarakat Gantung Ciri.
Dengan bertambah nya Masjid di Nagari Gantung Ciri ini, maka secara keseluruhan jumlah masjid yang sudah tercatat oleh Kemenag Kabupaten Solok, sebanyak 330 di Kabupaten Solok.
Terakhir, Kakan Kemenag Kabupaten Solok, H. Alizar, M. Ag mengatakan, dengan telah beralihnya fungsi Mushalla Al-Hidayah ini menjadi masjid maka, harus ada fungsi masjid yang wajib dijalankan oleh masyarakat Gantung Ciri seperti penyelenggaraan azan 5 waktu, shalat Jum’at dan salat berjamaah, penyelenggaraan jenazah dan zakat serta kegiatan sosial dan kegiatan pendidikan agama, agar kita semua tidak mudah di goyahkan iman kita oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Tampak hadir pada acara peresmian Masjid Al-Hidayah tersebut antara lain Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Dr. H. Hardinalis Kobal, SE, MM, Anggota DPRD Kabupaten Solok, Dendi S. Ag, Kakan Kemenag Kabupaten Solok, H. Alizar M. Ag, Wali Nagari Gantung Ciri Drs. Hendri Yuda dan unsur Forkopimcam Kubung, Perangkat Nagari Gantung Ciri, serta masyarakat Gantung Ciri beserta para tamu undangan lainnya.

Setelah peresmian masjid Al-Hidayah, Bupati beserta rombongan dan tamu undangan lainnya melanjutkan kegiatan dengan makan bersama sambil membahas situasi dan kondisi di daerah Kabupaten Solok (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here